Home Gaya hidup Viral Dugaan Pelecehan Seksual Oleh Guru SMA, Inilah Cara Lindungi Anak Dari...

Viral Dugaan Pelecehan Seksual Oleh Guru SMA, Inilah Cara Lindungi Anak Dari Tindak Pelecehan di Sekolah

Facebook
Twitter

TELENEWS.ID-Media sosial belum lama ini digemparkan dengan aksi tak terpuji seorang guru Sekolah Menangan Pertama (SMA) di Kabupaten Minahasa Selatan. Sosok guru yang seharusnya digugu dan ditiru, serta mengayomi dan melindungi anak didiknya itu; justru diduga kuat melakukan tindak pelecehan seksual kepada siswi perempuannya.

Hal ini bermula dari tersebarnya sejumlah foto yang memperlihatkan sosok pria yang memakai seragam seorang guru, berdiri di dekat seorang siswi perempuannya. Yang membuat publik geram adalah oknum guru itu terlihat meraba bagian dada dari siswinya yang sudah remaja tersebut. Hal ini tentu membuat netizen murka, dan foto inipun kemudian viral di media sosial.

Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Daerah Minsel, Max Lengkong rupanya sudah mengatahui aksi bejat si oknum guru tersebut, dan berjanji akan mengambil tindakan tegas pada guru yang kemudian diketahui berinisial MT alias Maxi itu. “Langkah pertama yang kita tempuh adalah langsung memberikan surat panggilan. Besok langsung kita BAP yang bersangkutan,” ujar Max kepada awak media.

Meskipun begitu, Max mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan penyidikan terlebih dahulu sehingga tidak gegabah dalam mengambil keputusan. “Memang sudah viral, tetapi kan intinya kita harus mencari bukti otentik dulu, apa benar pelakunya melakukan itu atau bagaimana. Misalnya dalam pemeriksaan memang beliau betul-betul melakukan, akan kita tindaklanjuti,” katanya.

Aksi bejat seorang guru inipun mengundang keprihatinan banyak pihak. Bahkan sekolah seolah bukan lagi menjadi tempat yang aman dari sosok predator seksual. Orangtua pun tak pelak dilanda kecemasan, khawatir buah hati mereka juga akan mengalami tindak pelecehan sesksual dari oknum guru seperti yang terjadi di Minahasa Selatan ini.

Selain sekolah yang tentu harus lebih aware terhadap kasus semacam ini, orangtua juga punya peran tak kalah penting untuk melindungi putra-putri mereka dari tindak pelecehan seksual. Beberapa cara bisa dilakukan oleh orangtua untuk melindungi buah hati mereka dari ancaman kekerasan seksual yang mungkin saja terjadi di sekolah.

  1. Jalin komunikasi yang baik dengan buah hati
    Komunikasi menjadi kunci penting untuk melindungi putra putri kita dari tindak kekerasan seksual yang mengancam mereka. Anak-anak yang biasa terbuka pada orangtuanya tak akan sungkan menceritakan mengenai halk-hal yang membuat mereka kurang nyaman di sekolah. Sebaliknya komunikasi yang kurang akan membuat anak menjadi lebih tertutup dan enggan bicara dengan orangtua mereka. Komunikasi yang bagus, juga membuat orangtua lebih leluasa memantau buah hati mereka tanpa membuat si anak merasa terkekang.
  2. Jelaskan apa itu pelecehan seksual ke anak
    Orang tua tentu perlu menjelaskan apa itu pelecehan seksual yang mungkin terjadi atau dialami oleh buah hati mereka. Beberapa jenis pelecehan seperti meraba bagian tubuh yang vital, ucapan atau gerak tubuh yang bernada seksual, gosip atau kabar yang mengandung unsur seksual, atau komunikasi baik melalui telpon atau di media sosial yang bernada cabul; juga merupakan bentuk pelecehan seksual yang harus dijelaskan oleh orangtua kepada anak-anak mereka.
  3. Peringatkan anak-anak mengenai ancaman predator seksual di sekitar mereka
    Orangtua tetap perlu untuk memperingatkan ancaman predator seksual yang mengancam buah hati mereka, terutama di lingkungan sekolah dimana anak meghabiskan sebagian hari mereka disana. Ingatkan ke anak bahwa setiap orang dewasa yang genit, menggoda, meraba, merayu dan melakukan kontak fisik secara tidak pantas, bisa dikategorikan sebagai sosok predator seksual.
  4. Beri pendidikan seks sedini mungkin pada anak
    Pendidikan seks memang masih tabu di tanah air, karena itulah beberapa sekolah justru menghindari untuk membahas topik ini. Akan tetapi sebagai orangtua alangkah baiknya sejak dini memberikan pendidikan seks pada anak. Berikan pemahaman mengenai bagian tubuh mana saja yang tak boleh disentuh oleh lawan jenis. Bagaimana sebaiknya bergaul dengan lawan jenis dan sebagainya.
  5. Tak perlu ragu untuk melapor
    Jika buah hati menceritakan mengenai aksi kurang terpuji oknum guru di sekolah pada mereka, tak perlu ragu dan berfikir dua kali untuk segera mengambil tindakan tegas. Segera laporkan insiden ini ke pihak sekolah, atau ke pihak yang berwajib.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk melindungi buah hati mereka dari tindak pelecehan seksual yang mungkin saja terjadi di sekolah. (Yuyun)

Facebook
Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

6 Manfaat Batubara Selain Dikenal Barang Tambang Ekspor

TELENEWS.ID - Manfaat batubara tidak hanya sebagai barang ekspor dengan nilai investasi tinggi. Pada dasarnya batubara mampu dijadikan akses bahan bakar pembangkit...

Belajar dari Citra Kirana, Ini Tips Menerima Masa Lalu Pasangan dengan Lapang Dada

TELENEWS.ID - Keputusan Citra Kirana untuk secara terbuka menerima masa lalu sang suami, Rezky Aditya membuat banyak orang salut padanya. Bagaimana tidak...

Waspada, Kebiasaan Mengkonsumsi Zat Ini Bisa Merusak Ususmu

TELENEWS.ID - Makan bukan hanya memasukkan makanan ke dalam mulut dan sekedar membuat perut terasa kenyang saja. Namun kita juga perlu memperhatikan...

Ternyata Bukan Raffi Ahmad yang Akuisisi Saham US Lecce

TELENEWS.ID – Sejak 27 Mei kemarin pemberitaan di Indonesia heboh dengan kabar bahwa Raffi Ahmad membeli saham club sepak bola asal Italia,...