Home Nasional Hukum Vonis Juliari dan Lip Service KPK Terhadap Pelaku Korupsi

Vonis Juliari dan Lip Service KPK Terhadap Pelaku Korupsi

TELENEWS.ID – Mantan Menteri Sosial Juliari Batubara akhirnya dijatuhi vonis hukuman 12 tahun penjara dan ditambah denda Rp. 500 juta atas kasus korupsi dana bansos yang dia lakukan. Juliari menilap dana bantuan sebesar Rp. 10 ribu rupiah untuk setiap paket yang sedianya ditujukan kepada raskin selama masa pandemi ini dengan dana total mencapai Rp. 32 Miliar.

Juliari memang belum menikmati hasil tilapannya tersebut dan dia baru menikmati total dana Rp. 15 Miliar. Jaksa menuntut dirinya supaya mengembalikan dana Rp. 14,5 Miliar yang ada di luar dari denda hukumannya. Dengan demikian dari dana yang dikorupsi sebesar Rp. 32 Miliar tersebut, Juliari hanya mendapat vonis 12 tahun penjara.

Berbicara mengenai hukuman, sebenarnya Rp. 32 Miliar untuk 12 tahun bukanlah sebuah solusi yang tepat. Apalagi jika hukumannya hanya dari balik jeruji besi saja, dan masih ada kemungkinan untuk mendapatkan remisi. Masyarakat mungkin masih ingat mengenai kasus Setya Novanto yang ternyata memiliki jeruji besi mewah, atau seperti tahanan lainnya yang bisa keluar masuk penjara dengan bebas.

Publik masih menunggu tindak nyata KPK yang pernah menyebut bahwa siapa saja yang melakukan korupsi dana bansos ini akan dihukum mati. Namun pada kenyataannya, di masa sulit ini KPK masih memberikan keringanan hukuman kepada pelaku korupsi dengan dalih mendapatkan cacian dari dunia maya.

Belum lagi dari si pelaku yang sama sekali tidak merasa bersalah dan masih membela dirinya dengan menganggap dirinya sebagai sosok seorang ayah yang masih dibutuhkan oleh sang anak. Meskipun dirinya mengaku sudah menyesali perbuatannya, namun dampak yang terjadi atas perbuatannya tersebut sangatlah besar dan langsung dirasakan oleh masyarakat.

Baca juga :  Diduga Tidak Transparan, Putusan MA Menangkan PT Salve Veritate Patut dipertanyakan

Akankah hukuman mati bagi koruptor di masa pandemi ini menjadi salah satu gebrakan KPK dalam komitmennya memberantas korupsi di Indonesia? Ataukah hanya sebagai Lip Service saja yang bisa mengangkat pamor para pimpinan dan juga tokoh KPK di dalamnya untuk mendapatkan perhatian dari publik? (Latief)

Most Popular

Bisa Memicu Jerawat, Ini 5 Efek Buruk Makanan Pedas Bagi Kesehatan

TELENEWS.ID-Orang Indonesia dikenal sebagai pencinta makanan pedas. Rasanya makan tak lengkap tanpa menambahkan satu sendok sambal,atau menambahkan banyak cabai dalam masakan. Bahkan...

Lesty-Billar Sembunyikan Pernikahan Siri, Ternyata Ada Manfaat Dari Menikah Diam-diam

TELENEWS.ID-Berita mengejutkan datang dari pasangan muda Rizky Billar dan Lesty Kejora. Setelah isu Lesty berbadan dua sebelum resmi menikah, pasangan ini pun...

Ingin Punya Kulit Glowing Seperti Tasya Farasya? Coba Santap Buah-buahan Segar ini

TELENEWS.ID-Tasya Farasya belum lama ini merilis brand kosmetiknya sendiri, yang langsung laris manis bak kacang goreng. Wanita cantik berdarah Timur Tengah ini...

Ditemukan Klaster Sekolah, Ini Tips Tingkatkan Imun Anak Agar Siap PTM Terbatas

TELENEWS.ID-Ditemukannya klaster sekolah belum lama ini tentu membuat banyak orangtua merasa was-was. Apalagi memang anak-anak di beberapa wilayah akan segera masuk sekolah...