Home Nasional Wabah Corona, KPU Tunda Sementara Pilkada 2020

Wabah Corona, KPU Tunda Sementara Pilkada 2020

TELENEWS. ID- Komisi Pemilihan Umum (KPU)  RI menunda tahapan pemilihan kepala daerah provinsi,  kabupaten dan wali kota  (pilkada)  serentak sebagai upaya  pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Hal itu seperti tertuang dal Keputusan Nomor. 179/PL.02-Kpt/01/KPU/III/2020 dan Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Keputusan KPU tersebut. 

Sementara,  dalam SE yang ditandatangani Ketua KPU RI,  Arief Budiman pada 21 Maret 2020 tersebut,  penundaan tahapan dan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 didasarkan pada pernyataan resmi  Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organisation (WHO)  terkait Covid-19 sebagai pandemi global, pernyataan Presiden Jokowi tentang penyebaran Covid-19 sebagai bencana nasional non -alam, serta keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  terkait perpanjangan status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona di Indonesia. 

“Sehubungan dengan hal tersebut,  dalam rangka pelaksanaan Pilkaea Serentak yang akan dilaksanakan pada 23 September 2020, maka perlu ditetapkan SE KPU tentang Penundaan Tahapan Penyelengaraan Pilkada 2020 dalam rangka pencegahan Covid -19  di lingkungan KPU, ” demikian keterangan tertulis, Minggu (22/3/2020).

Sementara ruang lingkup penundaan tahapan dan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 meliputo pelantikam dan masa kerja panitia pemungutan suara (PPS)  ,verifikasi syarat dukungan calon perseorangan, pembentukan petugas panitia pemuktahiran data pemilihan (PPDP)  dan pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit),  serta pemuktahiran dan penyusunan daftar pemilih. KPU kabupaten-kota yang telah siap melantik PPS dan daerah tersebut dinyatakan belum terdampak Covid-19, maka pelantikan PPS dapat terus dilanjutkan dengan ketentuan masa kerja yang akan diatur kemudian hari.

Sementara terkait pemilihan gubernur dan wakil gubernur, KPU di tingkat provinsi diminta melaporkan perkembangan tahapan dan pelaksanaan penundaan tersebut kepada KPU RI.

Baca juga :  Peduli Covid-19,Kejaksaan RI Bagikan Sembako ke Masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...