Home Olah Raga Sepak Bola Wacana Liga Tanpa Degradasi, Sepak Bola Indonesia Berjalan Mundur

Wacana Liga Tanpa Degradasi, Sepak Bola Indonesia Berjalan Mundur

TELENEWS.ID – Wacana penghapusan degradasi untuk kompetisi Liga 1 dan Liga 2 pada 2021 ini dinilai sebagai langkah mundur sepak bola tanah air. Tidak adanya ancaman turun kasta bagi tim yang finish di peringkat bawah diyakini akan menurunkan kualitas dari kompetisi itu sendiri.

Sejumlah alasan dikemukakan untuk dapat menghapus degradasi pada kompetisi musim ini. Yang paling populer tentu saja menjadikan pandemi Covid-19 sebagai kambing hitam.

Klub-klub peserta dinilai akan kesulitan menghadapi kompetisi di tengah pandemi seperti saat ini. Apabila nantinya ada pemain ataupun official yang terpapar, kondisi akan semakin menyulitkan bagi klub tersebut.

Klub-klub juga disebut tengah mengalami goncang akibat diterpa badai pandemi Covid-19. Manajemen saat ini cukup kesulitan mencari sponsor untuk mendukung dana operasional klub. Kondisi itu makin diperparah dengan tidak adanya pemasukan dari sisi penonton karena pertandingan akan digelar tertutup.

PSSI sendiri mengklaim bahwa pihaknya sudah menerima usulan dari sejumlah klub terkait penghapusan degradasi untuk kompetisi musim ini. Meski begitu, mereka tidak merinci nama-nama klub yang menyampaikan usulan tersebut.

“Bahwa Exco PSSI mengakomodasi surat permohonan dari sebagian besar klub liga 1 dan liga 2 tentang permohonan kompetisi tanpa degradasi, namun tetap ada promosi, juara Liga 1 dan juara Liga 2 tetap ada,” kata Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi seperti dikutip dari laman resmi.

Yunus Nusi bahkan mengklaim bahwa Exco PSSI telah memutuskan untuk membawa usulan tersebut ke dalam rapat Kongres Tahunan PSSI yang rencananya akan dilaksanakan pada 29 Mei nanti.

“Kalau kongres setuju ya jalan. Kalau tidak ya akan berjalan seperti biasa. Ada promosi dan degradasi,” jelasnya.

Penolak Datang Dari Sejumlah Klub Liga 1

Semakin berkembangnya wacana penghapusan degradasi untuk musim ini mendapat penolakan dari sejumlah klub peserta Liga 1 Indonesia, salah satu klub yang sudah secara terbuka menolak wacana terebut dalah Borneo FC. Penolakan disampaikan langsung oleh Presiden klub, Nabil Husein Said Amin.

Baca juga :  Mengenang Masa Indah Timnas Sepak Bola Indonesia, Akankah Terulang Kembali?

“Borneo FC ingin sepak bola yang jelas aturannya. Sebab, tanpa degradasi, satu kemunduran bagi sepak bola Indonesia. Di sepak bola profesional, selagi ada promosi, ya harus ada degradasi,” jelas Nabil.

Pernyataan tidak kalah tegas juga disampaikan Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono yang menyebut bahwa penghapusan degradasi tidak sesuai dengan prinsip dasar kompetisi, yaitu sporting merit and integrity karena itu degradasi dalam sebuah kompetisi merupakan hal wajib.

“Statuta FIFA dan AFC mengatur dengan sangat jelas mengenai sporting merit and integrity. Saya tidak ingin berkomentar mengenai klub lain. Tapi, PSSI atau LIB harus menegakkan prinsip dasar kompetisi. Yaitu, sporting merit and integrity. Sporting merit and integrity diatur jelas kok di FIFA dan AFC,” tegas dia.

Baca juga :  5 Keputusan Kontroversial Florentino Perez Sebagai Presiden Real Madrid

Senada dengan itu, Direktur Madura United Haruna Soemitro menjelaskan bahwa dirinya berada di pihak yang menolak kompetisi tanpa degradasi. Bagi dia, hal itu sangat tidak masuk akal walaupun alasannya adalah faktor ekonomi peserta di masa pandemi korona.

“Sampai mati saya tetap tidak setuju kompetisi tanpa degradasi. Kecuali, itu dinamakan turnamen,” terangnya. (Taufik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Entrasol Dukung Pencanangan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis

TELENEWS.ID - Memperingati Hari Osteoporosis Nasional (HON) yang jatuh pada 20 Oktober 2021, KALBE Nutritionals melalui Entrasol, nutrisi tinggi kalsium dengan ekstrak buah zaitun yang dapat membantu...

Ketahui Penyebab Sering Bermimpi Buruk dan Cara Efektif untuk Mengatasinya

Telenews.id- Mimpi buruk bisa dialami oleh siapa saja, dari berbagai usia. Ini adalah hal yang wajar, dan sejatinya tak perlu membuat seseorang...

Berapa Kali Baiknya Buang Air Besar dalam Sehari? Dokter Ini Punya Jawabannya Plus Tips agar Bisa BAB Rutin

Telenews.id- BAB atau buang air besar secara rutin dianggap sebagai tanda pencernaan dan perut yang sehat. Mereka yang buang air besar secara...

Inilah 5 Zodiak Paling Jujur dan Apa Adanya Menurut Astrologi, Coba Cek Kamukah Salah Satunya?

Telenews.id- Sikap jujur, blak-blakan dan apa adanya ternyata tak dimiliki oleh semua orang. Namun biasanya orang yang jujur cenderung punya sifat blak-blakan....