Home Nasional Wagub DKI Klaim Data Pelapor JAKI Aman, Sanksi Tegas Menanti Bagi yang...

Wagub DKI Klaim Data Pelapor JAKI Aman, Sanksi Tegas Menanti Bagi yang Membocorkan

TELENEWS.ID – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengklaim bahwa identitas orang yang melaporkan pelanggaran PPKM Darurat melalui aplikasi Jakarta Kini (JAKI) terjamin kerahasiaannya.

“Melalui aplikasi JAKI yang kami miliki, laporkan apabila perusahaannya atau di mana pun kita temukan yang melanggar ketentuan PPKM Darurat, laporkan. Kami akan tindak, kami akan awasi, kami cek, akan kami beri sanksi, seperti yang sudah kita lakukan selama ini dan tentu namanya kami rahasiakan. Kalau ada yg melaporkan (lalu bocor) akan kami cek, akan kami evaluasi,” ujar Riza.

Riza juga menegaskan bahwa siapapun yang membocorkan identitas pelapor di aplikasi tersebut akan dikenakan sanksi. Hal ini semakin dipertegas usai viral cerita salah seorang warga yang dibully lantaran identitasnya terungkap setelah melaporkan pelanggaran PPKM Darurat yang terjadi di sekitar tempat tinggalnya.

“Siapa pun yang membocorkan akan diberi sanksi, sejauh ini semua dirahasiakan,” tegasnya.

Sebelumnya, viral unggahan salah seorang warga dengan akun @niken_purnama, yang bercerita ketika dirinya melaporkan masyarakat di sekitar tempat tinggalnya tidak mematuhi protokol kesehatan kepada pengurus RT. Namun karena merasa tak ditanggapi, Ia pun berinisiatif untuk melaporkannya melalui aplikasi JAKI.

Namun bukannya mendapat penyelesaian masalah, Ia mengaku justru menghadapi masalah baru, yakni di-bully oleh warga setempat yang Ia laporkan lantaran identitasnya sebagai pelapor di aplikasi tersebut ternyata diketahui.

“Ada jaminan saya aman enggak ya ini? Beneran takut dipersekusi saya. Di-bully tetangga setiap lewat di depan rumah, mana saya lagi isoman,” tulisnya dalam unggahan di akun media sosial miliknya.

Unggahan yang viral tersebut seketika langsung ramai dikomentari oleh para netizen. Tak sedikit yang kini merasa ragu terhadap sistem keamanan pada aplikasi yang diusung oleh Pemprov DKI Jakarta itu.

Baca juga :  Jokowi Ingatkan Pentingnya Kerjasama Antara Pusat dan Daerah Melawan Covid-19

Menanggapi keluhan yang viral terkait kebocoran data pelapor yang seharusnya dirahasiakan pada aplikasi JAKI tersebut, Wagub Riza pun mengaku sedang menindaklanjuti kasus ini bersama pihak Jakarta Smart City.

“Masalah pelaporan JAKI saya sudah meninjau khusus Jakarta Smart City, semua pelaporan dirahasiakan. Jadi kami minta selama ini ada sektor esensial sektor kritikal dan sektor yang tidak diperkenankan masyarakat, karyawan, siapa pun silakan melaporkan,” kata Riza. (Hifziyah)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kronologi OTT Kasus Korupsi Bupati Penajem Paser Utara

TELENEWS.ID - Nur Afifah Balqis sedang ramai menjadi perbincangan publik nasional akhir-akhir ini karena menjadi salah satu tersangka OTT KPK dan terlibat...

Kisruh Arteri Dahlan Mengancam Elektabilitas PDIP

TELENEWS.ID – Anggota komisi III DPR RI dari fraksi PDIP, Arteri Dahlan membuat gaduh Indonesia. Arteria meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin mencopot...

Kemanakah Ridwan Kamil Berlabuh Untuk Pilpres 2024 ?

TELENEWS.ID - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden 2024. Namun hingga saat ini masih belum ada partai...

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...