Home Nasional Wagub DKI Percaya Anies tak Terlibat Kasus Korupsi Pengadaan Lahan

Wagub DKI Percaya Anies tak Terlibat Kasus Korupsi Pengadaan Lahan

TELENEWS.ID – Rencana Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memeriksa Gubernur DKI, Anies Baswedan dalam penanganan kasus dugaan korupsi lahan di Munjul, Cipayung, Jakarta Timur ditanggapi Wakil Gubernur DKI, Ahmad Riza.

Menurut dia, pemanggilan orang nomor satu di ibu kota itu adalah kewenangan penuh penegak hukum. Walau begitu, dia percaya bahwa Anies Baswedan tidak terlibat dalam kasus dugaan korupsi tersebut.

“Saya yakin ya, Pak Anies jauh dari terlibat urusan (korupsi) tanah di Jakarta,” kata Riza di Balai Kota Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dalam kasus pengadaan lahan di Munjul, Cipayung tersebut, KPK menduga kerugian negara mencapai Rp152,5 miliar. KPK mensinyalir uang itu telah digunakan untuk kepentingan pribadi para pelaku dalam kasus ini.

Lembaga anti rasuah itu juga telah menetapkan lima tersangka dalam kasus tersebut, diantaranya mantan Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya Yoory Corneles Pinontoan, Wakil Direktur PT Adonara Propertindo Anja Runtuwene, Tommy Adrian, Direktur PT Aldira Berkah Abadi Makmur Rudy Hartono Iskandar, dan korporasi PT Adonara Propertindo.

Terkait kasus itu sendiri, Riza mengaku tidak mengetahui terlalu jauh soal pengadaaan lahan tersebut karena dia baru resmi menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI pada 2020 lalu. Sementara untuk pengadaan lahan di Munjul sendiri masuk dalam tahun anggaran 2019.

Meski pengadaan lahan tersebut tidak terjadi di masanya sebagai wagub, Riza percaya bahwa Anies Baswedan tidak terlibat dalam kasus tersebut.

“Sejauh yang saya tahu beliau tidak terlibat dan saya tidak tahu masalah itu dan saya yakin Pak Anies tidak terlibat oleh kasus-kasus seperti itu,” kata dia.

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri mengungkapkan pihaknya bisa saja memanggil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait kasus dugaan korupsi pengadaan lahan di Munjul, Cipayung, Jakarta Timur.

Baca juga :  15 Juni, KPU Awali Tahapan Pilkada 2020

Firli mengatakan, sebagai orang nomor satu di Jakarta, tentunya Anies memahami penyusunan APBD DKI. Oleh sebab itu, penyidik KPK tidak menutup kemungkinan memanggil Anies untuk meminta keterangan mengenai dugaan kasus korupsi tersebut.

“Dalam penyusunan program anggaran APBD DKI, tentu Gubernur DKI sangat memahami, begitu juga dengan DPRD DKI yang memiliki tugas kewenangan menetapkan RAPBD menjadi APBD bersama Pemda DKI,” kata Firli dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga :  KEMENPUPR : Program Padat Karya Tunai Menjangkau 6.000 Lokasi

“Jadi tentu perlu dimintai keterangan, sehingga (kasus) menjadi terang benderang,” tambah dia. (Taufik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...