Home Gaya hidup Kesehatan Waham, Gangguan Mental yang Bisa Sebabkan Delusi

Waham, Gangguan Mental yang Bisa Sebabkan Delusi

TELENEWS.ID – Waham adalah sebuah gejala psikotik yang bisa menyebabkan gangguan mental yang cukup serius sehingga terjadi delusi. Seseorang yang menderita gangguan ini biasanya hidup dalam angan-angan dan tidak bisa membedakan bayangan dan kenyataan.

Seseorang dengan Waham biasanya mempercayai sebuah hal yang tidak nyata yang jauh dari kebenaran. Misalnya, mereka meyakini ada seseorang yang membuntutinya hendak berbuat yang tidak baik kepadanya dan sebuah bayangan sejenisnya.

Seseorang dengan gangguan mental seperti ini masih bisa bersosialisasi dengan normal. Namun, tingkahnya akan sedikit aneh yang biasanya membuat orang yang ada di sekelilingnya merasa terganggu dan tidak nyaman. 

Hingga kini belum diketahui apa yang menyebabkan Waham ini. Sama halnya dengan gangguan psikotik lainnya. Namun berdasarkan penelitian, terdapat tiga faktor mengapa seseorang bisa menderita Waham. Ketiga faktor tersebut adalah biologis, genetik dan faktor lingkungan. 

Layaknya skizofrenia, delusi adalah gejala dari penyakit lain. Orang dewasa hingga orang lanjut usia banyak yang menderita delusi. Menariknya, wanita lebih banyak menderita gangguan psikosis ini dibandingkan pria.

Berikut ini adalah jenis-jenis Waham yang secara tidak disadari hinggap di orang-orang yang ada di sekitar kita.

Erotomania

Jenis Waham yang satu ini adalah seseorang yang meyakini ada orang lain yang jatuh cinta kepadanya. Dirinya pun mencoba untuk menghubungi orang lain tersebut. Biasanya hal ini terjadi pada seseorang yang cukup penting atau publik figur. Jenis Waham yang satu ini biasanya membuat seseorang melakukan perbuatan yang tercela seperti menguntit.

Grandiose

Gangguan yang satu ini biasanya disebut dengan Waham kebesaran. Waham yang satu ini adalah delusi yang membuat seseorang merasa jumawa atau memiliki kuasa lebih. Seseorang tersebut meyakini bahwa dirinya memiliki kemampuan yang bisa menemukan sebuah hal yang luar biasa.

Baca juga :  Video Puluhan Pasien Dirawat di Parkiran RS Viral, Triawan Munaf: Masih Belum Percaya Covid-19?

Cemburu

Waham cemburu menerpa orang-orang meyakini bahwa pasangan mereka doyan berselingkuh dan tidak bisa dipercaya.

Persekutor

Waham persekutor menjangkit orang-orang yang meyakini bahwa mereka atau orang sekitarnya diperlakukan dengan tidak baik atau terancam kejahatan. Bahkan orang-orang tersebut hingga membuat laporan ke kepolisian.

Somatis

Waham somatic menderita orang-orang yang meyakini bahwa mereka mengalami gangguan kesehatan atau memiliki kekurangan di tubuhnya.

Campuran

Jenis Waham ini setidaknya memiliki dua jenis delusi yang telah dijelaskan diatas.

Waham atau delusi memang sangat sulit untuk disembuhkan. Namun gangguan ini bisa diringankan dengan melakukan psikoterapi dilengkapi dengan obat. Selain itu, keluarga terdekat juga menjadi support yang sangat penting demi kesembuhan orang yang terkena Waham.(Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...