Home Gaya hidup Wajib Coba, 6 Cara Mengusir Semut Secara Alami di Rumah

Wajib Coba, 6 Cara Mengusir Semut Secara Alami di Rumah

Facebook
Twitter

TELENEWS.ID – Semut sejatinya merupakan serangga yang bisa dengan mudah kita temukan di mana saja, tak terkecuali di rumah kita sendiri. Meskipun tidak berbahaya, tetapi semut menjadi hewan menjengkelkan apalagi jika sudah menggigit kulit dan mengerubuti makanan yang kita simpan.

Menurut National Geographic, ada lebih dari 10.000 spesies semut yang dikenal di dunia. Semut juga merupakan hama rumah tangga biasa yang tertarik pada makanan. Meskipun semut ukurannya relatif kecil, serangan yang memiliki nama ilmiah Formicidae ini jika datang dalam jumlah banyak atau yang disebut tentara atau koloni, bisa menjadi gangguan yang tidak sedap dipandang.

Memang berbagai produk yang pembasmi hama yang bisa dibeli di toko dapat membantu mengatasi semut, tetapi kamu harus waspada dengan kandungan kimia atau racun di dalamnya. Kamu juga tak bisa sembarangan menggunakannya, apalagi jika semut berada dekat dengan makanan.

Karena itu cobalah cara alami yang murah ini untuk membersihkan rumah dari hama kecil yang menyebalkan ini.

  1. Gunakan cuka putih
    Larutan cuka putih dan air adalah metode umum untuk membasmi semut selamanya, karena mereka tidak suka baunya. Selain mengusir, larutan cuka dan air juga bisa membunuh semut. Tergantung pada seberapa tajam baunya, campurkan setidaknya satu bagian cuka dan tiga bagian air. Kamu bisa menggunakan 100% cuka dalam botol semprot, atau campuran 50/50 air dan cuka.
  2. Gunakan kulit buah lemon atau jeruk nipis
    Semut membenci bau buah sitrus seperti lemon, limau, dan jeruk. Jadi jenis buah sitrus ini adalah penangkal semut alami yang sangat baik. Gunakan kulit jeruk, dan letakkan di sekitar tempat-tempat yang sering dikerubuti semut.
  3. Gunakan kayu manis
    Beda dengan gula, kayu manis justru menjadi salah satu rempah yang tidak disukai oleh semut. Penelitian yang dilakukan di Universiti Teknologi MARA Perlis, Malaysia menemukan bahwa kayu manis memiliki senyawa yang dikenal sebagai trans-cinnamaldehyde yang efektif mengusir dan membunuh semut. Tempatkan bubuk kayu manis di sekitar tempat yang sering dilewati semut. Kamu juga bisa melapisi bola kapas dengan bubuk kayu manis atau minyak kayu manis, dan meletakkannya di dekat area yang rawan semut.
  4. Gunakan garam
    Garam adalah salah satu bahan alami untuk mengusir semut. Cukup campurkan garam meja biasa dengan air mendidih, dan tunggu hingga cukup dingin untuk dituangkan ke dalam botol semprot. Gunakan campuran tersebut untuk disemprotkan ke seluruh area rumah yang dipenuhi semut.
  5. Gunakan bubuk kopi
    Penelitian yang dipublikasikan dalam Pertanika Journal of Tropical Agricultural Science menunjukkan bahwa kopi bubuk bisa menjauhkan semut secara alami. Peneliti menguji tiga varietas kopi pada tiga spesies semut yang berbeda. Mereka menemukan bahwa kopi arabika memiliki tingkat kematian tertinggi di antara tiga jenis semut: semut hantu, semut berkepala besar, dan semut firaun.
  6. Gunakan bubuk cabai atau bubuk merica
    Seperti sebagian manusia, semut juga membenci aroma cabai bubuk, merica hitam atau serbuk lain yang memiliki cita rasa pedas. Untuk mengusir nyamuk, taburkan cabai atau merica bubuk di sekitar area tempat semut biasa muncul. Selain itu sebuah studi Texas A&M menemukan bahwa larutan air dan merica atau bubuk cabai, cukup efektif untuk membunuh semut. (Yuyun Nurhidayati Amalia)
Facebook
Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Melihat Proyek NCICD yang Disorot Presiden Jokowi

TELENEWS.ID - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membangun proyek tanggul rob atau yang dikenal dengan National Capital Integrated Coastal Development (NCICD). Proyek ini...

Beberapa Bulan Sekali Sikat Gigi Harus Diganti? Ini Jawabannya Menurut Ahli

TELENEWS.ID - Banyak yang tidak menyadari bahwa selain odol atau pasta gigi, sikat gigi punya peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan...

Bahaya, Jangan Pernah Meniup Makanan Bayi! Ini Penyebabnya

TELENEWS.ID - Saat bayi sudah mulai belajar makan, maka tugas orangtua juga bertambah. Selain memastikan untuk memberikan makanan bergizi seimbang untuk si...

Ternyata Nasi Bisa Bikin Kamu Keracunan, Begini Cara Mencegahnya!

TELENEWS.ID - Nasi menjadi makanan pokok yang cukup popular di kawasan Asia. Bahkan di Indonesia sendiri, banyak orang yang mengklaim bahwa mereka...