Home Gaya hidup Wajib Dibaca, 5 Tips Memilih Facial Wash Terbaik untuk Kulit Berminyak

Wajib Dibaca, 5 Tips Memilih Facial Wash Terbaik untuk Kulit Berminyak

TELENEWS.ID – Di antara beberapa jenis kulit, kulit berminyak dianggap yang paling menyebalkan dan paling umum dialami oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya tak hanya kondisi kulit yang mengkilap lantaran minyak berlebihan, kulit berminyak juga lebih rentan terkena jerawat.

Sebenarnya kulit setiap orang itu menghasilkan minyak. Kelenjar sebaceous pada kulit menghasilkan sebum, zat berminyak atau lilin yang melembabkan dan melindungi kulit dan rambut. Namun kulit menjadi berminyak secara berlebihan dan terjadi ketika kelenjar sebaceous menghasilkan terlalu banyak sebum, yang dapat menyebabkan permukaan wajah menjadi berminyak, pori-pori tersumbat, dan jerawat.

Namun meskipun begitu, kulit berminyak sangat normal sama dengan kulit kering dan kombinasi. Ada beberapa hal yang perlu diingat ketika merawat kulit berminyak, tetapi kebanyakan kondisi kulit berminyak dapat ditangani di rumah dengan pengobatan yang dijual bebas dan perawatan kulit yang tepat.

Salah satu cara paling tepat untuk merawat kulit berminyak adalah dengan memilih pencuci muka atau facial wash yang tepat dan dapat membersihkan kulit dan melawan kelebihan sebum. Meskipun solusi ini mungkin tampak mudah, memilih pencuci muka yang tepat untuk kulit berminyak bisa sangat membingungkan.

Ini karena banyak sekali berbagai jenis produk facial wash yang mengklaim bisa membantu untuk merawat kulit berminyak beserta permasalahannya. Karena itulah kamu sebaiknya mengikuti beberapa tips ini, untuk memilih facial wash atau sabun pembersih muka terbaik untuk kulit berminyak!

  1. Pilih produk dengan kandungan lidah buaya di dalamnya
    Lidah buaya atau aloe vera memiliki banyak sekali manfaat untuk rambut dan kulit manusia. Salah satunya, lidah buaya dengan segala khasiat bisa membantu untuk mengurangi kelebihan minyak di wajah. Lidah buaya dikenal untuk meredakan luka bakar dan kondisi kulit lainnya. Menurut Mayo Clinic, ada bukti ilmiah bahwa lidah buaya membantu mengobati kulit terkelupas yang disebabkan oleh bercak berminyak. Gel lidah buaya mudah menyerap, sehingga ideal untuk kulit berminyak. Selain itu, lidah buaya sangat melembabkan kulit tanpa membuatnya berminyak, dan dengan demikian membuat pembersih wajah yang halus dan ringan.
  2. Produk dengan tea tree oil juga jadi pilihan tepat
    Selain lidah buaya, facial wash dengan kandungan tea tree oil atau minyak pohon teh juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk kulit berminyak. Sifat antiseptik minyak pohon teh dapat berkontribusi memerangi kulit berminyak. Minyak esensial ini adalah obat yang sangat baik untuk mengatasi masalah pori-pori besar, dan juga bisa mengeluarkan kotoran dari pori-pori dan mencegah masalah seperti komedo, jerawat serta membantu menyegarkan kulit. Baik lidah buaya dan tea tree oil adalah kedua bahan ringan yang menyeimbangkan produksi minyak dan membuat kulit menjadi lebih cerah tanpa membuat kulit terasa kering dan kencang setelahnya.
  3. Pilih facial wash dengan efek deep cleanser
    Karena kulit berminyak rentan terhadap jerawat dan sering dipenuhi dengan kotoran, kamu perlu memastikan bahwa pembersih yang kamu pilih memiliki kekuatan untuk masuk jauh ke dalam kulit atau deep cleanser dan mengeluarkan kotoran yang membuat kulit bersih. Pilih facial wash yang memiliki kekuatan untuk mengeluarkan kotoran yang terdalam dari kulit. Facial wash seperti ini juga menghilangkan sisa riasan dan sebum, membuat kulit terasa benar-benar bersih.
  4. Facial wash tanpa pewangi itu lebih baik
    Sebenarnya untuk semua jenis kulit, sebaiknya menghindari facial wash dengan parfum atau pewangi berlebihan di dalamnya. Seringnya facial wash mengandung parfum yang dibuat dengan wewangian dan minyak sintetis dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Jika kamu pernah mengalami jerawat, atau iritasi pada wajah dan leher, kemungkinan kamu memiliki kulit sensitif dan sebaiknya menghindari produk yang mengandung wewangian.
  5. Hindari produk pembersih dengan kandungan alkohol dan minyak
    Menurut dokter kulit kosmetik Dr Jaishree Sharad, pemilik kulit berminyak juga sebaiknya menghindari facial wash dengan kandungan alkohol dan minyak di dalamnya. “Hindari pembersih yang mengandung minyak atau alkohol dalam bahannya, yang hanya akan memperburuk jenis kulit berminyak” kata Dr Sharad. (Yuyun Amalia)
Baca juga :  4 Alasan Orang Muda Seperti Rizky Nazar Menggunakan Ganja
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...