Home Gaya hidup Wajib Dibaca Bagi yang Suka Rebahan, Waspadai Gangguan Mental Clinomania Ini!

Wajib Dibaca Bagi yang Suka Rebahan, Waspadai Gangguan Mental Clinomania Ini!

TELENEWS.ID – Rebahan seolah menjadi gaya hidup yang tak bisa lepas dari generasi milenial saat ini. Rebahan sendiri mengacu pada aktivitas mager alias malas bergerak dan selalu punya keinginan untuk tiduran terus menerus. Bahkan kabarnya kini semakin banyak anak muda yang memilih rebahan alih-alih bersosialisasi atau berkumpul dengan teman dan keluarga mereka.

Sebenarnya tak ada yang salah kalau kamu ingin rebahan saja setelah lelah beraktivitas sehari-hari. Namun keinginan rebahan ini akan menjadi masalah jika sudah membuatmu sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Artinya kamu hanya ingin rebahan terus, malas bergerak dan bahkan kesulitan untuk bangun dari tempat tidurmu.

Rupanya kondisi ini berkaitan dengan gangguan mental yang dikenal sebagai clinomania atau dysania. Dysania atau clinomania tidak sama dengan kantuk, dan itu tidak diselesaikan dengan tidur malam yang nyenyak.

Secara medis, kondisi ini mungkin lebih dikenal sebagai inersia tidur atau kelelahan. Ini adalah perasaan jangka panjang bahwa kamu tidak dapat bangun dari tempat tidur. Dan bahkan ketika kamu berhasil bangun dan beraktivitas, yang kamu inginkan hanyalah kembali merangkak ke atas tempat tidur.

Kata clinomania berasal dari bahasa Yunani dan diterjemahkan secara harfiah sebagai ‘obsesi dengan tidur’. Juga disebut clinophilia, clinomania terdiri dari obsesi atau kebutuhan ekstrim untuk tinggal di tempat tidur selama berjam-jam sehari, tanpa penyebab organik seperti penyakit atau konsumsi obat. Clinomania bahkan diklasifikasikan sebagai gangguan kecemasan.

Gejala yang paling umum pada seseorang dengan clinomania adalah sebagai berikut:
• Hobi menghabiskan waktu luang di tempat tidur sepanjang waktu. Bahkan ada yang menghabiskan sepanjang hari di tempat tidur tanpa bangun, kecuali untuk ke kamar mandi.
• Mengalami perubahan suasana hati yang tiba-tiba. Penderita clinomania kadang merasa sedih atau tertekan ketika bersosialisasi dengan orang lain. Namun sebaliknya, mereka selalu memiliki alasan untuk tinggal di rumah dan berbaring di tempat tidur.
• Menjadi terobsesi dengan segala sesuatu tentang tempat tidur, dan tidak bisa menghilangkan keinginan untuk berbaring di tempat tidur sepanjang hari
• Setiap kali mencoba untuk bangun dari tempat tidur, ada semacam gaya gravitasi atau keinginan kuat sekali untuk kembali ke tempat tidur
• Merasa bahwa tidur dan berbaring menawarkan kenyamanan yang luar biasa. Ini karena otak mengeluarkan dopamin dan zat lain yang memberi kesenangan dan kenyamanan saat tidur atau berbaring.
Jika dibiarkan terus menerus, penderita clinomania akan mengalami akan ter-isolasi dari lingkungan sosialnya. Selain itu yang dikhawatirkan, mereka juga bisa mengalami depresi lantaran merasa sendiri, kesepian dan sulit untuk meninggalkan tempat mereka berbaring.

Baca juga :  3 Alasan Kopi Hitam Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Seperti gangguan kecemasan lainnya, clinomania biasanya memerlukan psikoterapi untuk meredakan gejalanya. Dalam kasus yang paling parah, bantuan ahli medis dan konsumsi obat anti-kecemasan atau antidepresan mungkin diperlukan.

Baca juga :  Sugesti Edward, Wanita Inspiratif Sumbar yang Raih penghargaan Most Innovative Women Award

Tujuan utama pengobatan adalah untuk memastikan bahwa pasien dengan clinomania dapat mengendalikan lagi hidup mereka; yaitu mereka mampu bekerja, memiliki hubungan dengan teman dan keluarga, dan lain-lain

Sangat penting bagi orang-orang dengan kondisi clinomania untuk membuat perubahan gaya hidup, karena memudahkan mereka untuk mengurangi obsesi mereka untuk tetap di tempat tidur. Keluarga juga bisa membantu memberikan semangat sekaligus mendorong mereka untuk berolahraga dan aktivitas luar ruangan lainnya. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...