Home Gaya hidup Wajib Dibaca, Inilah Tips Ampuh Hidup Tenang dan Bebas Dari Hutang!

Wajib Dibaca, Inilah Tips Ampuh Hidup Tenang dan Bebas Dari Hutang!

TELENEWS.ID-Hutang seolah kini menjadi gaya hidup kaum muda milenial. Tuntutan gaya hidup, pergaulan, pengaruh media sosial dan tuntutan masyarakat membuat kaum muda ingin menunjukkan eksistensi mereka melalui materi dan penampilan serba wah mereka.

Akan tetapi kebanyakan kaum muda yang seperti ini justru memiliki penghasilan yang minim serta pas-pasan sehingga munculah istilah BPJS atau Budget Pas-pasan Jiwa Sosialita. Istilah ini digunakan untuk mereka yang hobi bergaya hidup mewah, namun sejatinya memiliki penghasilan yang jauh dari cukup untuk menopang gaya hidup mereka ini.

Sebagai akibatnya, banyak diantara mereka yang kemudian memilih berhutang sebagai metode untuk mendapatkan pinjaman uang secara cepat. Apalagi sekarang ini ada aplikasi pinjol alias pinjaman online dimana seseorang bisa mendapatkan pinjaman uang dengan cepat hanya dengan mengupload foto dan KTP mereka saja.

Namun hidup dalam lilitan utang bukanlah hal yang menyenangkan. Perasaan was-was ditagih oleh debt collector kerap membayangi mereka yang meminjam dari aplikasi pinjol ataupun menungak kartu kredit. Tapi bisakah sebenarnya kita hidup tenang tanpa terlilit hutang?

Tentu saja sebenarnya kita bisa hidup tanpa harus was-was dengan utang yang membayangi dengan bunga yang semakin tinggi. Bagaimana caranya?

  1. Jangan gunakan kartu kredit atau pinjol
    Imig-iming jumlah pinjaman dari pinjol atau kartu kredit memang menggiurkan. Tapi kamu juga harus ingat mereka biasanya membebankan bunga yang cukup besar pada peminjamnya. Karena itu sebaiknya kamu tidak tergoda dengan dua hal ini. Apalagi menghabiskan limit kartu kredit untuk berbelanja. Sebelum menggesekan kartumu, pikirkan lagi mengenai bunga dan tagihan yang hafrus kamu bayarkan kelak.
  2. Milikilah tabungan atau dana cadangan
    Untuk menghindarkan diri dari hutang, ada baiknya kamu memiliki dana cadangan atau tabungan yang bisa digunakan sewaktu-waktu. Kamu bisa menyisihkan sebagian gajimu untuk dimasukan ke dalam pos dana cadangan ini. Jadi jika sewaktu-waktu ada keperluan mendesak, alih-alih hutang kamu bisa menggunakan dana cadangan yang kamu tabung ini.
  3. Dahulukan kebutuhan daripada keinginan
    Mendahulukan kebutuhan daripada kleinginan juga jadi strategi yang jitu untuk menghindarkan diri dari jeratan hutang. Kamu harus tahu kebutuhan mana saja sih yang utama dan mana saja yang bukan. Jangan sekedar belanja atau menghabiskan uang untuk sesuatu yang tidak perlu, yang justru akan malah kamu sesali nantinya.
  4. Bayar tagihan tepat waktu
    Untuk menhindari hutang yang menumpuk, ada baiknya kamu selalu membayarkan tagihan apapun itu tepat waktu. Biasanya bank akan memberikan tenggat waktu bagi nasabah mereka yang telat membayar kartu kredit. Namun tentu saja ada bunga atau denda yang dibebankan untuk keterlambatan itu. Karena itulah sebisa mungkin usahakan untuk selalu membayarkan tagihan apapun itu, sebelum jatuh temponya.
  5. Hindari memiliki banyak kartu kredit
    Tak bisa dipungkiri bahwa kini semakin mudah saja bagi kita untuk mengajukan kredit pada sebuah bank. Bahkan bukan hal yang aneh jika satu orang bisa memiliki lebih dari satu kartu kredit. Punya banyak kartu kredit bisa membuatmu kalap belanja. Begitu sadar, semua kartu kreditmu telah mencapai limitnya. Ini artinya tagihan kartu kreditmu juga membengkak pula jumlahnya. Karena itulah sebaiknya kamu memiliki satu atau maksimal dua saja kartu kredit untuk menghindari hutang dan tagihan yang besar.
Baca juga :  Sederet Manfaat Mengonsumsi Teh Tawar Bagi Tubuh
Baca juga :  Sederet Manfaat Mengonsumsi Teh Tawar Bagi Tubuh

Sebenarnya kamu masih bisa berhutang atau meminjam uang, namun pastikan untuk keperluan yang mendesak dan penting. Selain itu ada baiknya kamu meminjam langsung ke lembaga resmi seperti Bank, alih-alih pinjaman online atau rentenir. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...

Kementerian PUPR Antisipasi Banjir di Mandalika

TELENEWS.ID - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu...

Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

TELENEWS.ID - Kesan garang dan tangguh dari seorang lady biker memang tak bisa untuk dipungkiri. Ini karena touring dengan motor umumnya dilakukan...