Home Gaya hidup Wajib Dicoba, 5 Tips Ini untuk Mengatasi Jerawat yang Mendadak Muncul di...

Wajib Dicoba, 5 Tips Ini untuk Mengatasi Jerawat yang Mendadak Muncul di Musim Hujan

Telenews.id- Guys, adakah diantara kalian yang justru jerawatnya semakin parah saat memasuki musim hujan seperti sekarang ini? Jika iya, mungkin saja kalian mengalami yang namanya seasonal acne, atau jerawat yang jadi parah dan breakout ketika memasuki musim tertentu setiap tahunnya.

Salah satunya menurut Dr. Rajat Kandhari – MD Dokter Kulit & Spesialis Kulit menjelaskan bahwa seseorang bisa mengalami jerawat yang cukup parah di musim penghujan seperti sekarang ini karena berbagai sebab. “Kelembapan yang berlebihan membuat kulit membengkak di musim hujan. Hal itu merusak penghalang kulit yang membuat seseorang rentan terhadap alergi, terutama dalam bentuk eksim,” ujarnya.

Menurutnya lagi, kondisi ini akan semakin parah jika seseorang kerap mengenakan pakaian yang lembab atau tidak kering sempurna. Hal itu membuat kulit rentan terkena infeksi jamur dan mengalami peradangan.

Selain itu dehidrasi dimana banyak orang yang lupa untuk minum air putih di musim penghujan juga bisa menjadikan penyebab munculnya jerawat musiman ini. Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat yang mendadak muncul di musim hujan seperti sekarang ini?

  1. Cuci wajah dua kali sehari
    Musim hujan yang dingin terkadang membuat orang malas untuk pergi ke kamar mandi dan bersentuhan dengan air. Padahal, selama musim hujan kita tetap berkeringat dan jika keringat itu bercampur kotoran yang menutup pori-pori, maka jerawat akan bermunculan. Mencuci wajah setidaknya dua kali sehari akan membantu membersihkan keringat, dan menghilangkan kotoran dan minyak dari pori-pori kulit.
  2. Gunakan metode pembersihan ganda untuk menjaga pori-pori agar tidak tersumbat
    Sama seperti jerawat pada umumnya, seasonal acne yang muncul di musim hujan juga disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori di wajah. Karena itulah selain cuci muka minimal dua kali sehari, lakukan pembersihan ganda untuk mencegah pori-pori tersumbat. Biasanya, pembersih pertama berbahan dasar minyak dan yang kedua berbahan dasar air. Pembersih berbahan dasar minyak akan membantu menghilangkan kotoran yang disebabkan oleh sisa riasan, tabir surya, dan polusi. Pembersih berbahan dasar air akan membantu menghilangkan keringat dan merevitalisasi kulit kusam.
  3. Jangan sampai dehidrasi
    Musim hujan membuat seseorang jadi jarang minum air putih, sehingga membuat mereka dehidrasi dan kulit bisa menjadi kering. Kulit kering dapat memicu produksi minyak berlebih, yang dapat berkontribusi pada jerawat. Cara paling sederhana untuk mengatasi jerawat adalah dengan banyak mengkonsumsi air putih. Selain itu kamu juga bisa menghidrasi kulit dengan serum atau skincare water base atau berbahan air, agar kulit tidak kering dan dehidrasi.
  4. Gunakan masker wajah alami dengan kandungan antibakteri
    Selama musim hujan ini, jangan lupa untuk melakukan perawatan kulit wajah dengan menggunakan masker alami yang memiliki kandungan antibakteri di dalamnya. Masker wajah yang terbuat dari bahan alami dan memiliki kandungan antibakteri, menjaga kulit agar tetap segar dan melawan masalah seperti jerawat, minyak berlebih dan bekas luka. Masker wajah dapat membantu menghilangkan sel-sel mati kulit, membersihkan dan membuka pori-pori kulit, sehingga menghilangkan kotoran dan minyak berlebih.
  5. Jangan lupakan pelembab
    Musim hujan dapat membuat kulit terasa lengket, tetapi jangan sampai hal itu menyurutkan kamu untuk menggunakan pelembab. Pilih pelembab yang ringan, tidak berat di kulit dan sesuai dengan tipe kulit wajah. Oleskan pelembab tepat setelah cuci muka, untuk menjaga kelembapan di kulit wajah.
Baca juga :  Mereka yang Menolak Menyerah Melawan Kanker
Baca juga :  Mereka yang Menolak Menyerah Melawan Kanker

Nah itulah beberapa tips mengatasi jerawat musiman yang kadang muncul saat di musim hujan seperti sekarang ini. Namun jika jerawatmu tetap bandel, sebaiknya segera temui ahli kulit untuk mengatasi masalah seasonal acne ini. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...