Home Gaya hidup Kesehatan Wajib Diketahui! Inilah 4 Tanda Imunitas Tubuh Mulai Menurun

Wajib Diketahui! Inilah 4 Tanda Imunitas Tubuh Mulai Menurun

TELENEWS.ID – Kesadaran terhadap kesehatan tubuh sepertinya semakin meningkat pasca pandemi Covid-19 melanda. Tak sedikit orang yang mulai rutin mengonsumsi makanan sehat, obat herbal, vitamin, bahkan hingga rutin berolahraga demi menjaga imunitas tubuh untuk mencegah penularan virus.

Meskipun demikian, memiliki imun yang kuat sekalipun bukan berarti Anda terbebas dari serangan virus, lantaran imun tubuh manusia bisa saja menurun karena beberapa faktor, seperti kelelahan dan cuaca buruk. Untuk itu, perlu untuk mengetahui ketika imunitas tubuh mulai menurun dengan mengenali beberapa tandanya agar dapat dilakukan tindakan awal untuk kembali meningkatkan sistem imun tubuh. Berikut ini 4 pertanda yang akan Anda rasakan ketika imunitas tubuh mulai menurun.

  1. Merasa Mudah Lelah

Lelah setelah melakukan aktivitas berat merupakan hal yang wajar. Namun, jika Anda merasa terus kelelahan meskipun tidak sedang melakukan banyak aktivitas bahkan sudah mendapatkan istirahat yang cukup, tentu hal tersebut perlu diwaspadai. Apabila kondisi tersebut sedang Anda alami, hal itu bisa jadi pertanda bahwa imunitas tubuh sedang menurun.

  1. Mudah Terinfeksi

Sistem imun dalam tubuh memiliki peran penting untuk melindungi tubuh dari infeksi. Jika imun tubuh menurun, maka Anda akan semakin mudah terinfeksi, baik itu terinfeksi oleh bakteri maupun virus. Jika hal ini tidak segera ditindaklanjuti, maka Anda akan terinfeksi secara berkelanjutan dan tentu saja bisa berdampak buruk bagi tubuh.

  1. Sering Sariawan

Sariawan kerap terjadi akibat kecerobohan sendiri, contohnya secara tidak sengaja menggigit dinding mulut ataupun menyikat gigi terlalu kuat hingga mengenai gusi ataupun dinding mulut. Namun, jika Anda terus sariawan tanpa melakukan hal-hal tersebut, maka bisa jadi sistem imun dalam tubuh tengah mengalami masalah. Hal itu bisa saja disebabkan lantaran stress berlebihan, kurang istirahat, dehidrasi maupun terinfeksi oleh jamur.

  1. Mudah Demam dan Terserang Flu
Baca juga :  6 Resolusi Tahun Baru yang Akan Membantu Menjaga Kesehatan Mental

Jika Anda seringkali mengalami demam dan flu secara terus-menerus, itu merupakan pertanda bahwa sistem imun tubuh sedang menurun. Hal ini lantaran demam sendiri merupakan reaksi alami tubuh dalam melawan infeksi virus ataupun bakteri. Sehingga jika Anda tiba-tiba merasa sering terserang demam ataupun flu, maka pertanda tubuhmu sedang terinfeksi dan segera membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Itulah keempat tanda imunitas tubuh sedang menurun yang wajib dikenali. Jika Anda tengah merasakan salah satu dari keempat tanda di atas, maka segeralah lakukan penanganan dini, seperti mengonsumsi vitamin tertentu ataupun langsung menemui dokter guna mendapat tindakan yang lebih lanjut.

Baca juga :  Agar Tak Seperti Lesti Kejora, Inilah Tips Mencegah Pingsan Mendadak Saat Sedang Hamil

Karena tentu berbahaya jika sistem imun yang lemah dibiarkan begitu saja, efeknya akan berakibat lebih serius bagi tubuh Anda sendiri, terutama di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, sangat diperlukan untuk tetap menjaga imunitas tubuh agar tidak menurun untuk menghindari paparan virus tersebut. (Hifziyah).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ragam Tradisi Unik Penuh Makna Keluarga Tionghoa Dalam Menyambut Imlek

TELENEWS.ID - Tradisi masyarakat Tionghoa dalam menyambut Imek atau tahun baru China pastinya memberi makna tertentu. Kali ini di tahun 2022, perayaan...

Status Kelurahan Krukut Tidak Lagi Zona Merah Covid 19, Micro Lockdown Dicabut

TELENEWS.ID - Banyak daerah khususnya di DKI Jakarta mendapat status level 2 dan juga menerapkan micro lockdown. Hanya saja semenjak varian Omicron...

Doyan Sindir Anies Baswedan, Wagub DKI Ke Giring: Tunjukkan Kinerja Dan Prestasi

TELENEWS.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara soal aksi saling sindir antara Gubernur Anies Baswedan dengan Ketua Umum...

Tidak Ada Tempat Bagi Koruptor, Indonesia – Singapura Tanda Tangan Perjanjian Ekstradisi

TELENEWS.ID - Sejak tahun 1998, Indonesia dan Singapura telah melakukan berkali-kali untuk mengukuhkan perjanjian ekstradisi untuk kedua negara namun selalu gagal. Diketahui...