Home Gaya hidup Wajib Disantap, Ini 7 Makanan Yang Bermanfaat Untuk Menjaga Kesehatan Otak

Wajib Disantap, Ini 7 Makanan Yang Bermanfaat Untuk Menjaga Kesehatan Otak

TELENEWS.ID-Otak juga butuh untuk diberi makan. Ya memang bukan sekedar isapan jempol belaka bahwa makanan memang berperan penting untuk menjaga kesehatan seseorang. Termasuk diantaranya, menjaga kesehatan dan juga ketajaman otak.

Ada kalanya kita mengabaikan kesehatan otak dan lupa bahwa otak juga punya peran vital di tubuh sama seperti jantung, ginjal dan paru-paru. Padahal jika otak bermasalah, maka akan berakibat sama fatalnya untuk kesehatan. Masalahnya, banyak yang mengabaikan penyakit otak lantaran merasa itu hanyalah sakit kepala biasa.

Alzheimer, kanker dan tumor otak, epilepsi, stroke, parkinson dan pendarahan menjadi beberapa jenis gangguan kesehatan yang menyerang otak. Jika dibiarkan tentu akan berakibat buruk bagi penderitanya. Mulai dari kelumpuhan, koma hingga kematian bisa terjadi saat seseorang mengabaikan kesehatan otaknya.

Menjaga kesehatan otak bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya tentu dengan mengkonsumsi makanan bergizi yang membantu untuk menjaga kesehatan otak. Makanan bergizi tinggi yang dipadu juga dengan gaya hidup sehat dna olahraga rutin; bisa membantu untuk menjaga kesehatan otak kita.

  1. Telur
    Bahan makanan yang satu ini selain harganya murah dan mudah didapat, ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Salah satunya menjaga kesehatan otak lantaran tingginya kandungan vitamin B yang disebut sebagai choline. Tubuh manusia menggunakan choline untuk menciptakan neurotransmitters yang bertugas untuk menyeimbangkan mood dan juga menjaga ingatan seseorang.
  2. Lemak ikan
    Lemak dari ikan bisa dibilang sebagai lemak yang bermanfaat bagi kesehatan. Berbeda dengan lemak dari daging, lemak ikan seperti dari salmon dan sardin mengandung asam lemak omega-3 yang cukup tinggi di dalamnya. Asam lemak ini sangat bermanfaat bagi otak, karena otak manusia 60% nya adalah lemak yang mengandung omega 3 di dalamnya. Selain itu, asam lemak omega 3 ini juga penting untuk memproduksi sel saraf otak.
  3. Buah-buahan
    Buah-buahan yang terutama tinggi kandungan vitamin C di dalamnya tak hanya bermanfaat untuk mencegah sariawan. Namun vitamin C pada buah-buahan, juga punya fungsi untuk mencegah sel otak mengalami kerusakan dan membantu untuk menjaga kesehatan otak. Bahkan peneliti menemukan adanya kaitan Vitamin C yang mampu untuk mencegah terjadinya Alzheimer.
  4. Sayuran hijau
    Sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kale, bok choy dan yang berdaun hijau lainnya memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Salah satunya, sayuran hijau kaya akan kandungan Vitamin K di dalamnya. Vitamin K berfungsi untuk pembentukan lemak pada otak dan meningkatkan kemampuan untuk mengingat.
  5. Kacang-kacangan
    Kandungan vitamin E yang sangat tinggi pada kacang-kacangan bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak dan jantung. Walnut yang memiliki bentuk seperti otak, juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang membantu untuk meningkatkan fungsi otak. Selain itu kacang-kacangan memang terbukti secara ilmiah membantu untuk menajamkan memori, dan memperlembat penurunan fungsi otak akibat usia.
  6. Kunyit
    Bumbu dapur yang satu ini memang dikenal sebagai salah satu superfood yang punya banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Kunyit punya kandungan anti oksidan dan anti inflamasi, yang bahkan mampu untuk menembus pembuluh darah hingga ke otak langsung. Tumeric pada kunyit dipercaya mampu untuk meningkatkan ingatan, memperbaiki mood dan membentu sel otak baru.
  7. Serealia utuh
    Whole grain atau serealia utuh seperti gandum, letil, oat dan beras merah atau hitam juga menjadi bahan makanan yang baik untuk kesehatan otak manusia. Serelia untuh ini diketahui kaya akan kandungan Vitamin E yang melindungi dan mempertahankan sel otak yang sehat.
Baca juga :  Penyakit Stroke di Usia Muda
Baca juga :  Tak Perlu Minder, Ternyata Inilah 6 Mafaat Memiliki Rambut Pendek Seperti Lisa Blackpink

Selain itu, Vitamin E pada serelia utuh juga memiliki fungsi untuk mencegah neurodegeneration atau penurunan fungsi sel neuron pada otak.(Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...

Manchester United Ditangan Ralf Rangnick, Apakah Mampu Bersaing?

TELENEWS.ID - Belakangan nama Ralf Rangnick mencuat di kancah dunia sepak bola untuk menjadi juru taktik klub Manchester United. Seperti diketahui bersama,...