Home Gaya hidup Wajib Punya di Rumah, 7 Tanaman yang Mampu Mengusir Lalat, Nyamuk dan...

Wajib Punya di Rumah, 7 Tanaman yang Mampu Mengusir Lalat, Nyamuk dan Serangga Secara Alami

TELENEWS.ID – Memiliki tanaman di rumah baik indoor ataupun outdoor kini telah menjadi bagian gaya hidup dari manusia modern. Apalagi bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan yang dikelilingi oleh bangunan tinggi dan beton, keberadaan tanaman baik di dalam atau luar rumah sangat membantu untuk menenangkan pikiran.

Namun keberadaan tanaman di rumah bukan hanya sekedar bagian dari gaya hidup saja. Tanaman yang ada di rumah memiliki banyak manfaat yang mungkin selama ini tidak kamu ketahui.

Salah satunya banyak tanaman yang jika ditanam di rumah, maka akan membantu mengusir serangga yang menganggu seperti nyamuk dan lalat secara alami. Scott P. Carroll, PhD, seorang ilmuwan yang berafiliasi dengan Departemen Entomologi di University of California-Davis menyebutkan bahwa saat ini bayak tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai pengusir serangga secara alami.

“Tanaman pengusir serangga mungkin lebih menarik secara kosmetik, lebih banyak tersedia atau dapat diproduksi, termasuk di negara-negara tropis di mana nilai kesehatan masyarakat itu sangat penting,” kata Scott. “Tanaman adalah sintesis biokimia yang hebat, dan kami berusaha beradaptasi dengan baik dengan tanaman, dan ini menjadi bahan yang bagus untuk penelitian lebih lanjut” tambahnya lagi.

Lalu apa saja jenis tanaman yang bermanfaat untuk mengusir serangga seperti lalat dan nyamuk secara alami?

  1. Petunia
    Petunia kadang-kadang disebut sebagai pestisida alami karena kemampuannya mengusir wereng, kumbang asparagus, kutu daun, dan serangga. Mereka dapat ditanam di pot lalu diletakkan di tempat tidur, atau ditempatkan di keranjang gantung. Warna cerah dari bunga ini juga bisa mempercantik dan mencerahkan lingkungan sekitar rumah.
  2. Lavender
    Lavender telah digunakan selama bertahun-tahun di kebun karena aromanya yang luar biasa dan minyak alami yang dihasilkannya. Aroma lavender sangat disukai manusia, namun sebaliknya sangat dibenci oleh serangga terutama nyamuk. Tanamlah lavender di area yang terkena sinar matahari di dekat pintu masuk taman atau pintu depan, untuk mengurangi jumlah serangga yang bisa masuk ke dalam rumah.
  3. Serai
    Tak hanya cocok untuk bumbu masakan, serai ternyata punya manfaat alami untuk mengusir serangga seperti nyamuk dan lalat. Serai adalah tanaman tahunan yang tumbuh baik di tanah atau pot, dan termasuk mudah pula perawatannya.
  4. Basil
    Sama seperti serai, basil juga dikenal sebagai bumbu masakan. Namun kamu bisa mencoba menanam basil di rumah untuk menghalau masuknya serangga ke dalam. Tanaman ini merupakan spesialis pengusir lalat dan nyamuk rumahan. Basil harus ditempatkan dalam wadah di dekat pintu, untuk membantu menjauhkan serangga.
  5. Rosemary
    Rosemary menjadi salah satu tanaman yang juga bisa ditanam di rumah untuk menghalau serangga seperti nyamuk dan lalat di rumah. Selain digunakan sebagai bumbu masakan Western, tanaman ini mampu mengusir nyamuk dan banyak serangga lain. Minyak dari rosemary dapat digunakan untuk membuat semprotan anti nyamuk di rumah. Memiliki bunga-bunga yang mungil, rosemary juga bisa memperindah rumah.
  6. Marigold
    Dikenal di Indonesia sebagai bunga gemitir, marigold tak hanya memiliki variasi warna-warni cantik yang bisa memperindah rumah. Mudah tumbuh di lokasi yang cukup terkena sinar matahari, marigold memiliki aroma yang mencegah lalat di sekitar rumah. Marigold adalah suatu keharusan untuk di taman manapun, karena bunga ini menarik lebah dan serangga yang bermanfaat untuk menumbuhkan ekosistem yang sehat.
  7. Mint
    Mint juga punya manfaat untuk mengusir serangga dan aromanya bisa menyegarkan rumahmu. Mint adalah tanaman yang sempurna untuk mengusir lalat di rumah. Berdasarkan penelitian, daun mint mampu untuk mengacaukan indera penciuman nyamuk, sehingga mereka tidak dapat mendeteksi calon korbannya.
Baca juga :  Bedanya Investasi Emas Online vs Offline
Baca juga :  Cinta Buta dan Jebakan Toxic Relationship

Itulah 7 jenis tanaman yang bisa membantu mengusir nyamuk, lalat dan serangga lain di rumah secara alami. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kata Ahli, 5 Jenis Makanan Ini Harus Dikonsumsi Anak Setiap Hari

TELENEWS.ID - Orangtua akan melakukan segala cara agar buah hati mereka mendapatkan yang terbaik. Termasuk dalam urusan gizi dan kesehatan. Salah satunya...

Rakernas Partai Pelita Dihadiri Gatot Nurmantyo dan Ahmad Riza Patria

TELENEWS.ID – Pada Senin (16/05/2022) Partai baru, Partai Pelita mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara. Pada acara...

Wajarkah Merasa Cemas Setelah Jokowi Perbolehkan Lepas Masker di Area Terbuka? Ini Penjelasannya!

TELENEWS.ID - Presiden Jokowi mulai melonggarkan aturan penggunaan masker di ruangan terbuka. Presiden menyampaikan hal ini melalui video pernyataan pers yang disiarkan...

Panas! Isu Sponsor Ghaib Formula E!

TELENEWS.ID - Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, Anggara Wicitra meragukan validitas dari sponsorship untuk ajang Formula E. menurutnya, belum adanya pengumuman...