Home Gaya hidup Wajib Tahu, Ini 5 Alasan Kamu Sebaiknya Tak Boleh Terlalu Bucin Pada...

Wajib Tahu, Ini 5 Alasan Kamu Sebaiknya Tak Boleh Terlalu Bucin Pada Pasanganmu

Telenews.id- Bucin atau budak cinta merupakan istilah yang lazim kita dengar beberapa waktu terakhir ini. Bucin menggambarkan sosok orang yang terlalu dalam mencintai seseorang, hingga rela melakukan apa saja demi pujaan hatinya tersebut.

Banyak orang berpendapat bahwa bucin merupakan hal yang kurang baik. Salah satunya menurut Allison Pescosolido, M.A, pakar hubungan dengan gelar Magister Psikologi, dari University of Santa Monica; bucin membuat seseorang terutama kaum wanita lebih rentan terjebak dalam hubungan yang toxic dengan pasangannya.

“Tidak ada yang mengikis harga diri lebih cepat daripada hubungan yang tidak sehat. Banyak wanita tetap berada dalam pernikahan yang tidak sehat karena mereka yakin bahwa inilah yang pantas mereka dapatkan.” ujar Allison. Selain itu rupanya terlalu bucin juga membawa beberapa efek buruk bagi dirimu sendiri di kemudian hari. Apa sajakah itu?

  1. Kamu terlalu buta untuk melihat kebenaran
    Satu hal yang ditakutkan saat orang bucin adalah ketidakmampuan untuk melihat hal yang benar dan salah. Contohnya kamu akan merasa bahwa adalah hal yang wajar kalau pasanganmu melakukan kekerasan fisik atau psikis, karena kamu begitu dalam mencintainya. Terlalu bucin membuatmu tak bisa melihat sesuatu secara objektif, karena sudah terlalu dalam mencintai pasanganmu itu.
  2. Kamu tak akan bisa merasakan cinta yang sebenarnya
    Ketika kamu bucin, kamu akan merasa bahwa pasanganmu adalah segalanya bagimu. Tanpa sadar kamu menciptakan ilusi bahwa pasanganmu juga mencintaimu sedalam apa yang kamu rasakan. Padahal meskipun kalian dekat, tapi kamu tetap tak akan pernah tahu apa isi hatinya. Hal ini membuatmu sulit untuk merasakan cinta yang sebenarnya, dan dikhawatirkan membuatmu hanya berada dalam pusaran hubungan yang dimanfaatkan oleh pasanganmu saja.
  3. Kamu jadi lupa mencintai dirimu sendiri
    Saat kamu bucin dengan orang lain, maka mereka yang akan selalu ada dalam pikiranmu. Mereka seolah menjadi poros duniamu dan segalanya bagimu. Jika ini terus kamu lakukan, maka lambat laun kamu akan lupa untuk mencintai dirimu sendiri. Terlalu bucin dengan pasangan akan membuatmu berpeluang kehilangan kebahagiaan sejati, karena kamu terlalu sibuk fokus pada orang yang kamu cintai. Mengabaikan diri sendiri karena terlalu mencinta pasangan, mungkin menjadi bumerang dan membuatmu merasa bahwa kamu tidak menghasilkan sesuatu yang berharga selama hidupmu.
  4. Kamu akan terlalu bergantung padanya
    Sebenarnya bukan hal yang salah jika kita bergantung pada pasangan. Namun akan jadi hal yang kurang sehat kalau kamu berlebihan bergantung pada pasanganmu. Kamu tak bisa mandiri bahkan untuk mengambil suatu keputusan yang kecil sekalipun. Hati-hati hal ini bisa dimanfaatkan oleh pasanganmu untuk memanipulasi dan memanfaatkanmu. Jika kamu telah memberikan semua kendali kepada pasangan, itu hanya akan membuat kamu terpuruk jika hubungan itu berakhir di masa depan.
  5. Kamu akan kehilangan teman dan keluargamu
    Terlalu bucin dengan pasangan juga akan menciptakan jarak dengan orang lain yang berharga dalam hidupmu. Kamu jadi lebih banyak menghabiskan waktu dengan pasanganmu dan tak lagi menerima ajakan temanmu untuk hangout bareng. Sekali dua kali mereka mungkin akan maklum, tapi jika sudah berkali-kali mereka juga akan malas dan enggan mengajakmu untuk hangout lagi di kemudian hari.
Baca juga :  4 Perhiasan Legendaris yang Diyakini Penuh Kutukan
Baca juga :  Berkaca pada Kondisi Edelenyi Laura, Ini 5 Tips Pulihkan Mental Pasca Kecelakaan

Ingat teman dan keluarga pasti orang yang akan kamu cari pertama kali saat kamu ada masalah dengan pasanganmu, karena itulah kurangi sifat bucin dengan pasangan agar tak membuatmu kehilangan mereka. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Startup Indonesia Lakukan PHK Besar, Ada Apa?

TELENEWS.ID – Beberapa hari lalu, perusahaan startup Indonesia seperti LinkAja, Zenius, SiCepat, dan JD.ID melakukan pemutusan hubungan kerja kepada sejumlah karyawannya. Hal...

Elon Musk Batal Bangun Pabrik Tesla di India, Peluang Indonesia Semakin Besar

TELENEWS.ID – Dikutip dari India Times dan ABP Live, Elon Musk memutuskan untuk tidak berinvestasi di India dalam membangun pabrik mobil Tesla...

Ibukota Akan Pindah, Bagaimana Pertahanan Udaranya?

TELENEWS.ID - Pemindahan Ibukota negara ke Penajam, Paser Utara, Kalimantan Timur harus dibarengi dengan pertahanan udara yang maksimal. Karena, posisi Ibukota tersebut...

Pemprov DKI Mengandalkan SPAM untuk Mengatasi Akses Air Bersih

TELENEWS.ID - Untuk mengatasi masalah banjir dan juga menanggulangi masalah air bersih di DKI Jakarta, Pemprov DKI Jakarta mendapatkan kucuran dana dari...