Home Gaya hidup Wanita Harus Tahu, 5 Cara Alami Untuk Mengatasi Jerawat yang Muncul Saat...

Wanita Harus Tahu, 5 Cara Alami Untuk Mengatasi Jerawat yang Muncul Saat Menstruasi

TELENEWS.ID – Banyak wanita yang mengeluhkan jerawat yang mendadak muncul saat mereka mengalami menstruasi. Faktanya hal tersebut adalah hal yang wajar yang bahkan dalam istilah kedokteran disebut sebagai period acne atau jerawat datang bulan.

Tentu saja kita bisa menyalahkan hormon sebagai penyebab mengapa jerawat atau breakout bermunculan sebelum, saat atau setelah menstruasi. Bahkan menurut penelitian yang diterbitkan oleh the Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, 65% wanita mengeluhkan jerawat mereka semakin parah saat sedang menstruasi. David E. Bank, M.D., direktur Pusat Dermatologi, Bedah Kosmetik & Laser di Mount Kisco, New York mengungkapkan bahwa hormon memang berperan penting pada jerawat yang semakin parah saat sedang datang bulan.

“Jerawat bisa terjadi ketika hormon meningkat, yang merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak sebum,” jelas Bank. “Ketika bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri, pori-pori bisa tersumbat, menyebabkan munculnya jerawat” imbuhnya lagi.

Hormon wanita akan berfluktuasi sepanjang siklus menstruasi. Dan tepat sebelum menstruasi dimulai, kadar estrogen dan progesteron turun. Kondisi ini dapat memicu kelenjar sebaceous untuk mengeluarkan lebih banyak sebum, zat berminyak yang melumasi kulit. Namun terlalu banyak dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan berjerawat.

Selain itu kondisi hormonal juga dapat meningkatkan peradangan kulit dan produksi bakteri penyebab jerawat.Tak heran saat sedang menstruasi, banyak wanita yang mengeluhkan munculnya jerawat di wajah mereka.

Lalu bagaimana mengatasi munculnya jerawat dikarenakan faktor hormonal seperti menstruasi ini?

  1. Jangan sentuh wajahmu
    Sama seperti jenis jerawat lain pada umumnya, jerawat yang datang saat menstruasi juga disebabkan kebiasaan menyentuh wajah apalagi dengan tangan yang kotor dan mungkin juga dipenuhi kuman. Jauhkan jari-jarimu dari wajah, dan selalu cuci tangan sebelum memakai atau menyentuh riasan.
  2. Bersihkan handphonemu
    Handphone atau telpon genggam menjadi salah satu media yang paling rentan terkena kuman dan bakteri. Selain kita sering menyentuh layarnya, handphone juga dibawa kemana saja sehingga sering terkena paparan kuman, debu dan kotoran dari luar sana. Karena itulah sering-sering bersihkan handphone, apalagi kalau kamu kerap menggunakannya untuk menelpon, guna mencegah munculnya period acne yang semakin parah.
  3. Perbanyak makan buah dan sayuran
    Untuk menghindari jerawat saat datang bulan tiba, jangan lupa untuk mengatur pola makanmu menjadi lebih sehat dengan cara mengkonsumsi banyak buah dan sayuran. Buah dan sayuran dipercaya memiliki nutrisi penting yang membantu untuk mengatasi peradangan pada wajah kita. Selain itu batasi konsumsi gula, daging merah, olahan susu dan karbohidrat kompleks yang bisa mempengaruhi ketidakseimbangan hormon dan memicu peradangan.
  4. Cuci wajahmu minimal dua kali sehari
    Mencuci wajah secara teratur menjadi salah satu terbaik untuk mengatasi jerawat yang diakibatkan oleh menstruasi. Apalagi jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan, maka mencuci wajah dua kali sehari menjadi suatu keharusan, untuk menghindari debu dan kotoran menempel dan menyumbat pori-pori wajah. Jangan sampai kamu malas cuci muka hanya karena kamu sedang datang bulan, karena itu akan membuat jerawatmu semakin parah.
  5. Gunakan masker madu dan kayu manis
    Kamu juga bisa mengatasi jerawat karena menstruasi ini dengan bahan alami yaitu campuran madu dan kayu manis. Madu dan kayu manis memiliki kemampuan untuk melawan bakteri dan mengurangi peradangan, yang merupakan dua faktor pemicu jerawat. Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa kombinasi madu dan ekstrak kulit kayu manis memberikan efek antibakteri terhadap Propionibacterium acnes penyebab jerawat.
Baca juga :  8 Tanaman Liar Ini Ternyata Kaya Manfaat
Baca juga :  Diare Hingga Pendarahan, Kenali Gejala Haid Tidak Sehat Yang Tak Boleh Wanita Abaikan

Caranya campurkan 2 sendok makan madu dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis hingga rata dan mengental, kemudian oleskan di wajah dan diamkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan menggunakan air bersih. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...

Kementerian PUPR Antisipasi Banjir di Mandalika

TELENEWS.ID - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu...

Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

TELENEWS.ID - Kesan garang dan tangguh dari seorang lady biker memang tak bisa untuk dipungkiri. Ini karena touring dengan motor umumnya dilakukan...