Home Gaya hidup Wanita Harus Tahu, Ini Manfaat Alami Air Cucian Beras Untuk Menumbuhkan Rambut

Wanita Harus Tahu, Ini Manfaat Alami Air Cucian Beras Untuk Menumbuhkan Rambut

TELENEWS.ID-Ada banyak cara alami yang bisa dijajal untuk menumbuhkan rambut. Banyak orang terutama kaum wanita pasti menginginkan punya rambut yang tebal, sehat, lembut dan berkilau. Bahkan banyak diantara mereka yang rela untuk menghabiskan banyak uang demi memperoleh rambut yang tebal dan sehat.

Namun rupanya ada cara yang lebih murah dan alami untuk menjadikan rambut tumbuh tebal dan sehat. Salah satunya yaitu dengan menggunakan air cucian beras, yang dengan mudah kita dapatkan di rumah kita sendiri.

Tanpa disadari, air cucian beras memiliki banyak sekali nutrisi yang selama ini mungkin telah terbuang secara sia-sia. Natalie Olsen, R.D., L.D., ACSM EP-C seorang ahli diet dan physiologist menyebutkan berbagai macam nutrisi penting yang terkandung dalam air cucian beras. Menurut Natalie, air bekas cucian beras kaya akan kandungan asam amino, vitamin B, vitamin E, mineral dan anti oksidan.

Dan selama ini semua nutrisi penting itu sudah terbuang sia-sia, seiring dengan kebiasan kita membuang air cucian beras. Padahal air cucian beras punya banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satunya untuk membuat rambut menjadi tumbuh subur, sehat dan alami.

Cara untuk menggunakan air cucian beras sebagai penumbuh rambut yang alami pun cukup mudah. Cucilah beras terlebih dahulu seperti biasa ketika kita akan menanak nasi. Namun kali ini, tampunglah air cucian beras ini dalam wadah botol plastik.

Setelah itu tutup rapat botol, dan simpanlah dalam suhu ruangan selama 12-24 jam untuk fermentasi. Usahakan jangan lebih dari 24 jam, karena kalau tidak air cucian beras akan berubah warna dan berbau tidak sedap.

Setelah 24 jam, kamu bisa langsung menggunakannya untuk keramas atau disimpan di dalam kulkas. Lalu bagaimana cara menggunakan air cucian beras untuk keramas?

Pertama-tama cucilah rambut seperti biasa dengan air bersih, kemudian keramaslah dengan shampoo seperti biasa lalu bilas rambut hingga bersih. Setelah itu, tuangkan air cucian beras tadi ke kepala anda, kemudian pijat secara perlahan lalu diamkan selama kurang lebih 20 menit.

Baca juga :  Gedung DPR Diusulkan Jadi RS Darurat Covid-19, Firman Soebagyo: Gagasan yang Aneh!

Setelah 20 menit, kamu bisa membilas rambut kamu seperti biasa. Untuk hasil terbaik, bilaslah rambut dengan air hangat suam-suam kuku dan lakukan cara alami ini 3 kali seminggu.

Sejatinya air cucian beras telah lama digunakan terutama oleh masyarakat asia untuk merawat kesehatan dan kecantikan. Karena faktanya air cucian beras memang tinggi akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut dan kulit.

Selain untuk menumbuhkan rambut secara alami, air cucian beras juga punya manfaat lain untuk rambut seperti:

  1. Mengatasi rambut yang kasar dan kusam
    Penelitian yang dilakukan oleh Penelitian yang diterbitkan oleh International Journal of Cosmetic Science pada tahun 2010 lalu menemukan bahwa menggunakan air cucian beras bisa membuat rambut menjadi lebih tebal dan berkilau, karena adanya kandungan inositol yang cukup tinggi di dalamnya.
  2. Pembersih rambut alami tanpa kandungan kimia di dalamnya
    Air cucian beras ternyata juga bisa jadi alternatif pengganti shampoo yang bisa kamu gunakan sehari-hari. Karena selain tinggi nutrisi untuk kesehatan rambut, air cucian beras juga bebas bahan kimia yang berbahaya.
  3. Menguatkan akar rambut
    Kandungan hormon inositol yang ada dalam air beras ternyata tak hanya membuat rambut terlihat lebih berkilau. Hormon ini juga bermanfaat untuk menguatkan akar rambut dan menyehatkan kulit kepala. Karena itulah kalau kamu mengalami masalah rambut rontok, kamu bisa menggunakan air cucian beras sebagai alternatif terbaik untuk pengganti shampoo.
Baca juga :  Selain Nikmat, Cokelat Memiliki Segudang Manfaat Bagi Kesehatan

Nh, itulah beberapa manfaat air cucian beras selain sebagai penumbuh rambut secara alami. Jadi mulai sekarang, jangan buang air bekas cucian beras lagi ya. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Bisa Memicu Jerawat, Ini 5 Efek Buruk Makanan Pedas Bagi Kesehatan

TELENEWS.ID-Orang Indonesia dikenal sebagai pencinta makanan pedas. Rasanya makan tak lengkap tanpa menambahkan satu sendok sambal,atau menambahkan banyak cabai dalam masakan. Bahkan...

Lesty-Billar Sembunyikan Pernikahan Siri, Ternyata Ada Manfaat Dari Menikah Diam-diam

TELENEWS.ID-Berita mengejutkan datang dari pasangan muda Rizky Billar dan Lesty Kejora. Setelah isu Lesty berbadan dua sebelum resmi menikah, pasangan ini pun...

Ingin Punya Kulit Glowing Seperti Tasya Farasya? Coba Santap Buah-buahan Segar ini

TELENEWS.ID-Tasya Farasya belum lama ini merilis brand kosmetiknya sendiri, yang langsung laris manis bak kacang goreng. Wanita cantik berdarah Timur Tengah ini...

Ditemukan Klaster Sekolah, Ini Tips Tingkatkan Imun Anak Agar Siap PTM Terbatas

TELENEWS.ID-Ditemukannya klaster sekolah belum lama ini tentu membuat banyak orangtua merasa was-was. Apalagi memang anak-anak di beberapa wilayah akan segera masuk sekolah...