Home Daerah Sumatera Warga Binaan Rutan Padang Panjang Hanya Terima Kunjungan Daring

Warga Binaan Rutan Padang Panjang Hanya Terima Kunjungan Daring

TELENEWS.ID – Warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Negara Kelas (II) B kota Padang Panjang hanya dapat menerima kunjungan keluarga via daring lewat panggilan video pada momen Idul Fitri 1442 H/2021 M. Hal itu berbeda dari momen lebaran tahun-tahun sebelumnya, dimana para warga binaan tetap dapat menerima kunjungan dari keluarga.

Diberlakukan sistem daring untuk para warga binaan ini merupakan salah satu cara yang dilakukan pihak rutan untuk mengurangi interaksi yang dikhawatirkan dapat menjadi klaster penyebaran baru Covid-19.

Kepala Rutan Kelas II B Padang Panjang, Rudi Kristiawan menyebut, penggunaan media daring lewat panggilan video dilakukan untuk menghindari antrean di rutan. Pihaknya menyediakan enam perangkat yang terdiri dari empat komputer dan dua telepon pintar android.

“Semua perangkat komputer sudah dilengkapi dengan kamera dan headset serta terhubung dengan jaringan internet. Untuk pelayanannya, kami batasi mulai jam 09.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB,” jelas Rudi.

Untuk dapat menggunakan layanan panggilan video tersebut, warga binaan harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran dengan keluarga kepada petugas. Dalam prakteknya, penggunaan perangkat dilaksanakan secara bergantian dengan waktu yang sudah ditentukan. Para warga binaan yang melakukan video call juga diawasi petugas.

Meski tidak dapat bertemu langsung dengan keluarga, warga binaan tetap antusias saat melaksanakan panggilan video karena mereka bisa memanfaatkan layanan tersebut sebagai sarana silaturahmi serta saling meminta maaf kepada keluarganya di tengah pandemi Covid-19. (Taufik)

Baca juga :  Mahyeldi Tantangn Forwana untuk Lahirkan Kembali Tokoh-tokoh Nasional dari Sumbar
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Berkaca Pada Celine Evangelista, Begini Cara Menciptakan Hubungan yang Sehat dengan Ibu

TELENEWS.ID - Hubungan Celine Evangelita dengan ibundanya, Vicentia Nurul kembali memanas. Belum lama ini Vicentia membongkar aib Celine, terkait kandasnya rumah tangga...

Jakarta International Stadium: Mega Proyek yang Dilalui 5 Orang Gubernur DKI

TELENEWS.ID - Jakarta International Stadium atau JIS adalah salah satu mega proyek Indonesia yang menyimpan banyak makna. Tidak hanya sarat dengan capital...

Jangan Panik, Ini Tips untuk Mengatasi Anak-anak yang Tidak Suka Makan Sayur dan Buah

TELENEWS.ID - Anak-anak memang tidak begitu menyukai buah dan sayuran. Padahal kedua jenis makanan itu merupakan sumber serat yang baik bagi kesehatan...

Rachmat Gobel Diisukan Jadi Menteri Pertanian?

TELENEWS.ID - Nama Rachmat Gobel belakang santer diisukan akan menjadi jajaran kabinet Presiden Jokowi. Rumor tersebut adalah pertimbangan dari beberapa pengamat politik...