Home Ekonomi Warga Borobudur Dukung Pembangunan Sarana Hunian Wisata

Warga Borobudur Dukung Pembangunan Sarana Hunian Wisata

TELENEWS.ID – Pemerintah menetapkan Candi Borobudur sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas yang mulai dikembangkan pada awal tahun 2020.

Borobudur layak ditetapkan sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas karena Borobudur memiliki kekayaan dan potensi wisata budaya berkelanjutan yang sudah diakui UNESCO, yaitu sebagai World Cultural Heritage atau warisan budaya dunia sejak tahun 1991.

Dalam upaya mempercepat pembangunan kawasan wisata Candi Borobudur dengan tetap menjaga kelestarian alam dan budayanya, Kemenparekraf tengah menyusun rencana strategis bersama beberapa Kementerian dan lembaga terkait. 

Hal ini dilakukan guna meningkatkan infrastruktur dan fasilitas di kawasan ini, termasuk mengangkat perekonomian masyarakat di sekitarnya. 

Dalam mendukung terciptanya Borobudur sebagai kawasan destinasi wisata super prioritas, maka Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaksanakan program Pembangunan Sarana Hunian Wisata (Sarhunta) di kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur. 

Program Sarhunta yang mendapat dukungan dari warga Borobudur dan sekitarnya ini, bertujuan untuk meningkatkan kualitas rumah menjadi lebih layak huni, sekaligus mendorong perekonomian masyarakat dengan bisa menyewakan homestay dengan harga sewa yang terjangkau bagi para wisatawan yang berkunjung ke Borobudur.

“Kami sangat mendukung program Sarhunta yang dibangun Kementerian PUPR di kawasan wisata Borobudur” ujar Suripto, warga Dusun Kurahan, Desa Borobudur, Kabupaten Magelang, Selasa (1/12).

Suripto menjelaskan, proses pengajuan bantuan Sarhunta sangat mudah dan tidak sulit, warga dapat menghubungi Pemerintah Kabupaten Magelang atau Kantor Perwakilan Kementerian PUPR yang mengurus program Sarhunta di kawasan Borobudur. Setelah mengajukan diri dan telah diverifikasi oleh petugas lapangan, kemudian akan ditetapkan apakah warga berhak mendapat bantuan tersebut atau tidak.

Nanti akan ada pendampingan dari petugas Kementerian PUPR dan Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL), mulai dari perencanaan, desain rumah, hingga pembangunan rumahnya, tambah Suripto lagi. 

Baca juga :  Fantastis! Dana Infrastruktur di 5 Destinasi Wisata Super Prioritas

Dirjen Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid menjelaskan, Kementerian PUPR melaksanakan program Sarhunta sebanyak 785 unit di KSPN Borobudur yang dibagi dalam dua kategori, yaitu Peningkatan Kualitas Rumah dengan fungsi homestay dan usaha pariwisata lainnya sebanyak 385 unit dengan dana bantuan perbaikan Rp. 115 juta dan Peningkatan Kualitas Rumah tanpa fungsi usaha sebanyak 400 unit, yaitu dengan dana bantuan perbaikan mulai Rp 35 juta. 

Atas arahan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, pembangunan Sarhunta di kawasan Borobudur ini akan dibangun dengan model clustering, sehingga membentuk kelompok rumah Sarhunta KSPN Borobudur. 

Desain rumah yang dibuat dan bersinergi dengan Cipta Karya ini, dibangun dengan mencerminkan suasana rumah tradisional dengan suasana yang teduh dan nyaman. 

Titik lokasi perumahan Sarhunta ini tersebar di 7 desa berpotensi mendukung pariwisata, terdiri dari 13 unit di Desa Borobudur, 13 unit di Desa Wanurejo, 15 unit di Desa Tuksongo, 10 unit di Desa Karangrejo, 16 unit di Desa Ngadiharjo, 16 unit di Desa Kembanglimus dan 4 unit di kelurahan Mendut. 

Baca juga :  Fantastis! Dana Infrastruktur di 5 Destinasi Wisata Super Prioritas

Perluasan kawasan Sarhunta ini, direncanakan dengan pembangunan 4 gerbang sebagai pintu masuk ke Borobudur, maka perluasan kawasan difokuskan pada area Ring 1 di mana sebagai area titik kumpul yang menjadi area paling dekat dengan Borobudur. 

Penulis: Dwi Eppy

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Tahun 2021 Dibuka dengan Rentetan Bencana

TELENEWS.ID- Belum genap satu bulan mengakhir Januari 2021 ini. Indonesia terus disuguhkan dengan kabar Menyayat hati.Bahkan, tahun 2021...

Song Yoo Jung Meninggal Dunia Karena Bunuh Diri

TELENEWS.ID- Aktris sekaligus model asal Korea Selatan, Song Yoo Jung diberitakan meninggal dunia. Seperti dikutip dari All K-Pop, Senin (25/1), Song Yoo...

Jepang Tetap Lanjutkan Olimpiade 2021 di Tengah Pandemi

TELENEWS.ID - Di saat masyarakat dunia tengah kelimpungan dan saling berpegangan di tengah pandemi, Jepang justru tetap mengusahakan untuk menggelar Olimpiade 2021...

TNI AL Hadang Kapal Taiwan di Perairan Natuna

TELENEWS.ID - Terjadi lagi kejar-kejaran antara kapal TNI AL dan kapal milik asing di perairan Natuna. Kali ini, Indonesia melalui patroli rutin...