Home Nasional Warganet Geram Lagu ‘Indonesia Raya’ Dilecehkan

Warganet Geram Lagu ‘Indonesia Raya’ Dilecehkan

TELENEWS.ID- Minggu (27/12), masyarakat tanah air digegerkan dengan munculnya pelecehan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’. Pelecehan ini ditemukan di salah satu channel akun Youtube My Asean.

Diketahui, channel akun Youtube ini milik warga negara Malaysia. Dalam lirik lagu tersebut, seluruh kata-katanya diubah dengan bernada ujaran kebencian.

Video pelecehan yang berjudul ‘Indonesia Raya Instrumental (Parody+Lyric Video)’ ini sudah disaksikan sekitar lebih dari 30 ribu penonton. Dan dalam akun tersebut terdapat tautan lokasi Malaysia.

Tidak hanya itu, simbol Garuda Pancasila pun ditempeli gambar kepala babi. Ada juga gambar dua orang sedang buang air kecil dengan background bendera merah putih.

Bahkan, semboyan Bhineka Tunggal Ika juga diubah menjadi ‘Indognesial Raya’. Hal ini membuat geram warganet Indonesia dan meminta tindakan tegas kepada sang pelaku.

Bagi sebagian besar warga negara Indonesia, lagu ciptaan W. R. Soepratman bukan hanya sekedar lagu kebangsaan saja. Melainkan, sebagai lagu persembahan untuk para pahlawan yang telah berjasa dalam kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam kasus ini, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Malaysia telah melaporkan oknum pelecehan lagu kebangsaan ke Polisi Diraja Malaysia (PDRM).

Berdasarkan keterangan Juru Bicara Kemenkominfo, Dedy Permadi, video yang berisikan pelecehan lagu kebangsaan Indonesia itu telah di take down dari platform digital Youtube.

Kominfo mengaku masih terus mendalami terkait pelecehan dalam lagu ini. Dedy pun menyerahkan kasus ini kepada pihak kepolisian. Ia berharap, pihak kepolisian cepat tanggap dalam merespon pelecehan lagu ‘Indonesia Raya’.

Menanggapi kejadian ini, Kedutaan Besar (Kedubes) Malaysia untuk Indonesia pun memberi tanggapan. Khususnya atas video pelecehan yang dibuat oleh oknum dari Negeri Jiran tersebut.

Lewat laman Facebook resminya, Kedubes Malaysia di Jakarta menyebutkan bahwa otoritas Malaysia sedang melakukan investigasi atas pelecehan lagu kebangsaan RI. Kedubes Negeri jiran itu menegaskan, pemerintah Malaysia akan memberikan sanksi atas video yang diunggah oleh warga negaranya.

Baca juga :  PNS Makin Sejahtera di Hari Tua, Menpan-RB Buat Skema Dana Pensiun Baru

Kedubes Malaysia berharap agar kejadian ini tidak memperkeruh hubungan bilateral antar kedua negara. (Dion)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Cerita Korban Penyekapan Diduga Oleh Rentenir di Tangerang Diminta Layani Seks

TELENEWS.ID - Polres Metro Tangerang telah meminta keterangan terhadap Sulistyawati (45), korban dugaan penyekapan dan pengancaman gegara persoalan utang di kawasan Ciledug...

Viral Video Belatung di Alat Vital, Ternyata Hewan Kecil Ini Juga Bisa Hidup di Kelamin Manusia

TELENEWS.ID - Jagat media sosial tengah dihebohkan dengan tagar #belatung. Usut punya usut, tagar yang trending di Twitter dan TikTok ini membicarakan...

10 Jajanan Khas Jawa Timur Identik Dengan Rasa Gurih

TELENEWS.ID - Banyak konsep hidangan berupa jajanan khas memberi cita rasa menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Ketika Anda berlibur ke Jawa Timur terdapat...

10 Cara Mudah Pilih Camilan Sehat Untuk Travelling dan Sehari-hari

TELENEWS.ID - Berbicara tentang pemilihan camilan sehat untuk aktivitas travelling dan sehari-hari tentu saja membuka banyak daftar terbaik. Namun, tidak hanya fokus...