Home Daerah Wartawan Ciamis Gelar Aksi Solidaritas untuk Jurnalis Korban Keganasan Israel

Wartawan Ciamis Gelar Aksi Solidaritas untuk Jurnalis Korban Keganasan Israel

TELENEWS.ID – Sejumlah wartawan yang berada di naungan Aliansi Jurnalis Ciamis menghelat sebuah aksi solidaritas sebagai bentuk kecaman atas kekerasan yang menimpa para jurnalis oleh zionis Israel di Palestina. 

Aksi yang digelar pada hari Kamis (20-05-2021) ini diisi dengan kegiatan mengirim doa bersama untuk para korban akibat kekejaman Israel di Palestina. Selain itu mereka juga melakukan aksi tabur bunga.

Jurnalis yang ikut serta dalam aksi solidaritas ini berasal dari Pewarta Foto Indonesia (PFI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Perkumpulan jurnalis tersebut melakukan konsolidasi terlebih dulu di Jalan Kaum sebelum akhirnya menuju Alun-Alun Ciamis dengan menggelar aksi berjalan kaki.

Para jurnalis tersebut mengenakan pita berwarna merah yang dililitkan di lengan kanan mereka sambil berjalan beriringan. Mereka pun berjalan sambil membawa tulisan “Save Journalist”. Ada juga peserta aksi yang membawa bendera merah putih dan juga beberapa poster atau gambar tentang aksi biadab para tentara Israel di Palestina.

Di gelaran aksi solidaritas ini, orasi dilakukan oleh sejumlah wartawan. Mereka mengemukakan inti dari orasinya yaitu mengecam aksi kekerasan dan kekejaman yang dilakukan oleh Israel kepada jurnalis yang ada di Palestina.

Tidak hanya itu, beberapa wartawan pun juga melakukan aksi tabur bunga. Kemudian ada yang membaca puisi yang sangat mengharukan. Sementara itu, aksi solidaritas tersebut pun juga dijaga dengan ketat oleh puluhan anggota TNI dan Polisi.

“Kami para wartawan di Ciamis melakukan aksi solidaritas ini untuk mengecam kekerasan yang dilakukan terhadap para jurnalis yang ada di Palestina. Kami sangat mengutuk dan mengecam kekerasan yang dilakukan oleh mereka terhadap para jurnalis, warga sipil ataupun media,” ungkap Rizal Nurdiana selaku Koordinator Lapangan (Korlap).

Baca juga :  Baznas Kota Bogor Terapkan Sistem Drive Thru

Dirinya mengungkapkan bahwa pengeboman yang dilakukan oleh tentara Israel terhadap gedung media yang ada di Palestina termasuk bentuk kekerasan dan usaha untuk menghapus pemberitaan yang sedang terjadi di Jalur Gaza, Palestina.

Rizal pun menambahkan bahwa pihaknya berharap bahwa Mahkamah Internasional bisa turut serta untuk bertindak tegas atas kejadian naas yang menimpa warga sipil dan wartawan korban kekerasan di Palestina. (Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Menurut Penelitian, Pria dengan 7 Sifat Ini yang Bakal Jadi Pasangan Terbaik Untukmu

TELENEWS.ID - Bagi wanita memilih pasangan bukanlah hal yang main-main. Banyak hal yang harus mereka pertimbangkan sebelum memilih pasangan, baik untuk menjadi...

Membongkar 5 Mitos Seputar Operasi Caesar, Proses Melahirkan yang Dipilih Nagita Slavina

TELENEWS.ID - Pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina akhirnya menimang buah hati mereka yang kedua. Pada Jumat, 26 November 2021 kemarin, Gigi...

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...