Home Gaya hidup Waspada, Inilah 4 Kebiasaan Tidur yang Bisa Membuat Tubuh Jadi Gendut

Waspada, Inilah 4 Kebiasaan Tidur yang Bisa Membuat Tubuh Jadi Gendut

TELENEWS.ID – Siapa yang punya kebiasaan langsung tidur setelah makan sahur? Memang tak dapat dipungkiri bangun untuk sahur saat mata sedang mengantuk berat, adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Walhasil banyak yang kemudian memilih untuk langsung tidur setelah makan sahur.

Padahal jika dibiarkan, tidur setelah makan bisa menyebabkan berbagi gangguan pada kesehatan kita loh guys. Salah satunya yang dikhawatirkan adalah asam lambung yang justru akan mengganggu puasa kita. Selain itu, langsung tidur setelah selesai makan juga bisa bikin berat badan naik lho.

Tak dapat dipungkiri bahwasanya tidur yang seharusnya jadi aktivitas menyenangkan, bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan tubuh kita mengalami kenaikan berat badan. Rupanya menurut penelitian sendiri ada beberapa hal yang menyebabkan tidur, justru menjadi penyumbang kenaikan berat badan kita.

  1. Tidur kurang dari 6 jam setiap malamnya
    Sejumlah ilmuwan menemukan bahwa ada hubungan antara tidak memiliki cukup tidur dan variasi negatif dalam metabolisme tubuh. Penelitian ilmiah juga menemukan bahwa kurang tidur dikaitkan dengan obesitas. Menurut Mayo Clinic, fakta bahwa jumlah tidur seseorang, dapat memengaruhi dua jenis hormon dalam tubuh yakni leptin dan ghrelin yang mengontrol rasa lapar.

Juan J. Rivera, MD, MHS jantung ahli jantung di Miami Beach, Florida; menyarankan untuk tidur setidaknya lebih dari 6 jam setiap malam. Apa pun yang kurang dari jumlah waktu itu, dikaitkan dengan kenaikan berat badan. Jadi jika kamu tidak mendapatkan waktu tidur 6 jam yang solid atau lebih, itu bisa menjadi alasan mengapa berat badanmu mendadak naik.

  1. Tidur setelah makan
    Seperti disinggung di atas, tidur setelah makan mungkin setelah sahur atau bahkan setelah berbuka puasa, juga bisa menjadi faktor yang menyebabkan kenaikan berat badan seseorang.
Baca juga :  Harus Tahu, Inilah 5 Makanan Pendongkrak Imun Tubuh di Musim Hujan

Rivera memperingatkan bahwa langsung tepat setelah makan, memiliki dua dampak negatif. Tidak hanya akan mencegah tubuh membakar salah satu kalori yang baru saja dikonsumsi, tetapi akan tidur tepat setelah makan juga dapat memicu asam lambung. Perut penuh dapat menyebabkan reaksi berantai. Ini karena asam lambung dapat mencegah tidur nyenyak, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kamu tidur dari kurang 6 jam dan otomatis menambah berat badan.

  1. Mengkonsumsi alkohol sebelum tidur
    Banyak orang berpikir bahwa mengkonsumsi alkohol sebelum tidur akan membuat mereka bisa tidur lebih cepat dan nyenyak. Faktanya kebiasaan mengkonsumsi alkohol sebelum tidur justru akan menambah berat badan dan membuat tubuh semakin gendut.

Mengkonsumsi segelas anggur atau minuman beralkohol favorit sebelum tidur, hanya akan memberikan kalori tambahan di tubuh tanpa ada nutrisinya sama sekali. Rivera memberi memberikan pendapatnya terkait kebiasaan orang yang mengkonsumsi alkohol sebelum tidur. “Meskipun mengkonsumsi alkohol mungkin menginduksi tidur, namun kebiasaan ini juga memperburuk kualitas tidur.”

  1. Kamu nonton acara favoritmu sampai larut malam
    Menonton drakor atau acara favoritmu sampai larut malam, ternyata juga bisa menjadi salah satu penyebab kenaikan berat badan yang jarang orang sadari.
Baca juga :  5 Tips Tanamkan Keberanian dan Rasa Percaya Diri Pada Anak

Menonton acara favoritmu hingga larut malam menyebabkan waktu tidurmu akan terganggu dan kurang dari 6 jam. Apalagi jika selama nonton ini kamu juga ngemil dan mengkonsumsi minuman manis atau bersoda. Jika kamu langsung tidur, maka otomatis kalori akan menumpuk di tubuhmu dan menyebabkan kenaikan berat badan.

Jadi itulah 4 kebiasaan tidur yang buruk yang memicu kenaikan berat badan. Apakah salah satunya merupakan kebiasaan kalian guys? (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...