Home Uncategorized Waspada, Kenali Tanda-tanda Terjadinya Pendarahan Otak Seperti Yang Dialami Tukul Arwana

Waspada, Kenali Tanda-tanda Terjadinya Pendarahan Otak Seperti Yang Dialami Tukul Arwana

TELENEWS.ID-Berita mengejutkan datang dari komedian dan presenter Tukul Arwana. Pelawak papan atas tanah air ini kabarnya dilarikan ke rumah sakit lantarkan mengalami pendarahan otak atau brain haemorrhage.

Bahkan kabarnya, Tukul dibawa ke RS PON Cawang dalam keadaan tak sadarkan diri. Menurut putra Tukul yang bernama Egha Prayudi, Tukul memang mendapatkan perawatan intensif atas pendrahan otak yang dialaminya. Namun Egha juga menyebut bahwa kondisi sang ayah mulai membaik saat ini.

“Untuk perkembangan ayah sampai saat ini kondisinya sudah mulai stabil,” ujar Egha. Hal senada juga diungkapkan oleh Rizky Kimon, manager dari Tukul Arwana.

“Beliau sudah respons, sudah bisa, sudah sadar pasti, sudah respons. Cuma masih dalam masa apa sih? istirahat, kita nyebutnya istirahat,” kata Rizky. Dikenal sebagai sosok yang bugar, kabar Tukul terkena pendarahan otak memang mengejutkan banyak orang. Pasalnya kejadian ini berlangsung begitu cepat, sehingga sempat membuat panik pihak keluarga.

Dilansir dari laman NHS UK, pendarahan otak terjadi karena permukaan otak mengalami pandarahan. Gangguan kesehatan ini sangat serius lantaran bisa mengakibatkan stroke bahkan mengancam nyawa penderitanya.

Penyebab terjadinya pendrahan otak seperti yang dialami oleh Tukul Arwana memang beragam. Mulai dari darah tinggi, kebiasan hidup yang tidak sehat, cidera pada kepala dan juga faktor genetis.

Sayangnya, kita tidak bisa memprediksi kemunculan pendarahan otak ini pada seseorang. Namun kita bisa mewaspadai kemungkinan munculnya pendarahan otak, sehingga pasien atau penderita bisa langsung mendapatkan penanganan medis yang tepat.

  1. Sakit kepala yang dahsyat
    Setiap orang tentu pernah mengalami yang namanya skait kepala. Namun kamu agaknya harus waspada kalau kamu sendiri atau anggota keluargamu mengalami sakit kepala yang hebat, yang belum pernah kamu rasakan sebelumnya. Apalagi kalau sakit kepala ini datangnya secara mendadak dan tiba-tiba. Jika ini terjadi maka waspadailah kemungkinan munculnya pendrahan otak.
  2. Mengalami photophobia
    Photopobia juga menjadi salah satu gejala terjadinya pendarahan otak yang patut untuk diwaspadai. Photopobia sendiri adalah fenomena dimana seseorang mendadak mengalami sensitivitas yang berlebihan terhadap cahaya yang ada di sekitarnya. Tak hanya memicingkan mata, seorang yang mengalami photopogia juga akan mengalami rasa sakit dan ketidaknyamanan pada mata. Jika ini terjadi, ada baiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan penangan medis yang tepat.
  3. Lethargy
    Lethargy atau kondisi dimana tubuh mendadak terasa lemas seperti tidak memiliki tenaga, menjadi salah satu tanda yang patut diwaspadai dari munculnya pendarahan otak ini. Ini karena ketika seseorang mengalami Lethargy, yang dia lakukan adalah tidur selama berjam-jam. Hal ini membuat pendarahan otak kemudian terjadi selama berjam-jam pula tanpa disadari.
  4. Kejang
    Pendarahan otak juga membuat penderitanya mengalami kejang sebelum akhirnya tak sadarkan diri. Sejatinya, kejang merupakan symptom atau gejala dari berbagai macam penyakit. Namun kamu patut waspada kalau kamu tak pernah punya riwayat kejang sebelumnya. Mendadak kejang, juga bisa menjadi tanda awal yang harus diwaspadai dari munculnya pendarahan otak ini.
  5. Mual dan muntah
    Seseorang yang mengalami pendarahan otak juga akan menunjukkan tanda-tanda seperti mual dan muntah. Ini terjadi karena fungsi otak yang mengatur keseimbangan menjadi terganggu, sehingga membuat penderitanya mengalami sensasi mual dan muntah yang hebat.
  6. Tak sadarkan diri secara tiba-tiba
    Sama seperti Tukul Arwana, kondisi yang mendadak tak sadarkan diri secara tiba-tiba juga patut untuk diwaspadai. Apalagi jika sebelum pingsan diawali dengan kejang, kesulitan menelan, badan menjadi lemas dan photophobia. Bisa jadi ini merupakan tanda otak mengalami pendarahan.
Baca juga :  Agar Tak Ketinggalan Mode, Simak Prediksi 6 Gaya Rambut Wanita yang Bakal Trend di Tahun 2022 Ini!
Baca juga :  Kejagung Bangun Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi, Untuk Perbaiki Kepercayaan Publik

Seperti Tukul Arwana, mengetahui tanda pendarahan otak akan membuat waspada sehingga kita atau anggota keluarga kita bisa segera mendapatkan penanganan medis yang tepat. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Berniat Menghibur, Tapi 5 Hal Ini Tak Boleh Dilakukan pada Wanita yang Suaminya Meninggal Dunia

TELENEWS.ID - Betapa hancur hati Nadzira Shafa istri dari almarhum Ameer Azzikra, adik selebgram Alvin Faiz yang tak lain juga putra kedua...

Permohonan Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu dengan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo

TELENEWS.ID - Saya, Prof. Otto Cornelis Kaligis, Warga Binaan Lapas kelas satu Sukamiskin Bandung, dalam kedudukan saya sebagai praktisi dan ahli hukum,...

Inikah 5 Alasan Nekat Pria Berselingkuh Meski Sudah Punya Pasangan Sempurna?

TELENEWS.ID - Beberapa waktu lalu jagat media sosial dikejutkan dengan kabar YouTuber dan influencer Nessie Judge yang mengakhiri hubungan dengan kekasihnya, Bram...

Pemerintah Hormati Putusan MK Terkait UU Cipta Kerja

TELENEWS.ID - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah menghormati dan segera melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 91/PUU-XVIII/2020 terkait Undang-Undang (UU) Nomor...