Home Gaya hidup Waspadai 6 Kesalahan Resolusi Diet Tahun Baru yang Bikin Kamu Gagal Langsing

Waspadai 6 Kesalahan Resolusi Diet Tahun Baru yang Bikin Kamu Gagal Langsing

TELENEWS.ID – Diet dan turun berat badan menjadi salah satu resolusi populer di tahun baru. Banyak orang berharap bisa memulai gaya hidup yang lebih sehat dengan bonus berhasil menurunkan sekian kilo berat badan mereka.

Menurut penelitian profesor psikologi John C. Norcross dari University of Scranton, resolusi tahun baru memiliki efek cukup besar untuk memotivasi seseorang menurunkan berat badan atau melakukan diet.

Penelitian ini melibatkan 282 orang dewasa, yang di pantau selama enam bulan sejak tahun baru. Penelitian ini kemudian menemukan bahwa 46% dari responden yang menetapkan resolusi tahun baru, dilaporkan lebih konsisten berada di jalur untuk mencapai tujuan mereka.

Menurut penelitian profesor Norcross, ketika menetapkan sebuah resolusi, seseorang memiliki alasan untuk optimis dan hati-hati dalam mencapai tujuan penurunan berat badan. Akan tetapi penelitian ini juga menemukan bahwa banyak yang kemudian memudar semangatnya setelah 6 bulan lamanya.

Kondisi ini kemudian membuat seseorang kehilangan konsistensi dan tak lagi memperhatikan mengenai diet mereka setelah 6 bulan lamanya. Kalau kamu ingin tetap konsisten menjalani diet untuk menurunkan berat badan sebagai resolusi tahun barumu, kamu harus menghindari beberapa kesalahan resolusi diet berikut ini:

  1. Memaksakan makan makanan yang tak kamu sukai
    Salah satu kesalahan besar yang sering dilakukan orang mulai berdiet di tahun baru adalah langsung mengganti makanan yang mereka konsumsi, dengan menu diet yang menurut mereka sehat. Padahal menurut Cassandra A. Suarez MS, LDN, RD, ahli diet di Charlotte, NC; memaksakan memakan makanan sehat namun tak disukai jadi faktor pemicu kegagalan diet. “Salah satu alasan mengapa diet tidak berhasil adalah karena memaksakan untuk makan makanan yang tidak mereka sukai,” kata Cassandra. “Jadi, jika smoothie kale tidak cocok untukmu, cobalah tumis sayuran lain yang kamu sukai” tambahnya lagi.
  2. Menyingkirkan jenis makanan tertentu
    “Diet” yang paling sehat adalah diet dengan variasi makanan seimbang. Ketika kamu menghilangkan seluruh kelompok makanan tertentu seperti susu, biji-bijian, buah, dan lainnya; kamu berpotensi membuat diri sendiri untuk kekurangan nutrisi dan bahkan membuatmu terobsesi pada satu jenis makanan tertentu saja.
  3. Makan dengan kalori yang terlalu sedikit
    Jika kamu berfikir bahwa mengurangi kalori membantu menurunkan berat badan, maka memotong banyak kalori harusnya membantu menurunkan lebih banyak berat badan, bukan? Namun ternyata anggapan ini salah besar. Ketika asupan kalori terlalu rendah, penurunan berat badan sebenarnya bisa menambat. Itu karena tubuh berada pada mode kelaparan sehingga justru memperlambat metabolisme yang membantu membakar lemak.
  4. Berharap hasil yang instan
    Diet dan penurunan berat badan merupakan resolusi diet yang membutuhkan konsistensi dan kesabaran. Kamu tak akan mendapatkan hasilnya secara instan di bulan kedua atau ketiga setelah menjalani diet sejak tahu baru. Kuncinya adalah menetapkan tujuan yang kecil namun realistis setiap bulannya, untuk menurunkan berat badanmu. Dengan begini kamu akan lebih konsisten dan semangat melakukan diet.
  5. Ikutan trend diet yang sedang viral
    Setiap tahun biasanya akan muncul trend diet yang viral dan konon katanya sudah membantu banyak orang menurunkan berat badan. Namun kamu harus tahu bahwa setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda. Tak semua diet trend itu cocok untukmu dan tak semuanya harus kamu ikuti. Lebih baik kamu memilih satu metode diet yang membuatmu nyaman, dan konsisten untuk menjalaninya sepanjang tahun lamanya.
Baca juga :  Biar Tidak Hanya Jadi Pelarian, Kenali Tanda Pasanganmu Belum Benar-benar Move On Dari Mantannya
Baca juga :  Pakai Bahan Alami, Begini Cara Untuk Merawat Kulit Sensitif dan Berminyak

Itulah beberapa kesalahan resolusi tahun baru yang membuatmu sulit mencapai body goal idamanmu. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ragam Tradisi Unik Penuh Makna Keluarga Tionghoa Dalam Menyambut Imlek

TELENEWS.ID - Tradisi masyarakat Tionghoa dalam menyambut Imek atau tahun baru China pastinya memberi makna tertentu. Kali ini di tahun 2022, perayaan...

Status Kelurahan Krukut Tidak Lagi Zona Merah Covid 19, Micro Lockdown Dicabut

TELENEWS.ID - Banyak daerah khususnya di DKI Jakarta mendapat status level 2 dan juga menerapkan micro lockdown. Hanya saja semenjak varian Omicron...

Doyan Sindir Anies Baswedan, Wagub DKI Ke Giring: Tunjukkan Kinerja Dan Prestasi

TELENEWS.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara soal aksi saling sindir antara Gubernur Anies Baswedan dengan Ketua Umum...

Tidak Ada Tempat Bagi Koruptor, Indonesia – Singapura Tanda Tangan Perjanjian Ekstradisi

TELENEWS.ID - Sejak tahun 1998, Indonesia dan Singapura telah melakukan berkali-kali untuk mengukuhkan perjanjian ekstradisi untuk kedua negara namun selalu gagal. Diketahui...