Home Gaya hidup Waspadai 6 Kesalahan Resolusi Diet Tahun Baru yang Bikin Kamu Gagal Langsing

Waspadai 6 Kesalahan Resolusi Diet Tahun Baru yang Bikin Kamu Gagal Langsing

Facebook
Twitter

TELENEWS.ID – Diet dan turun berat badan menjadi salah satu resolusi populer di tahun baru. Banyak orang berharap bisa memulai gaya hidup yang lebih sehat dengan bonus berhasil menurunkan sekian kilo berat badan mereka.

Menurut penelitian profesor psikologi John C. Norcross dari University of Scranton, resolusi tahun baru memiliki efek cukup besar untuk memotivasi seseorang menurunkan berat badan atau melakukan diet.

Penelitian ini melibatkan 282 orang dewasa, yang di pantau selama enam bulan sejak tahun baru. Penelitian ini kemudian menemukan bahwa 46% dari responden yang menetapkan resolusi tahun baru, dilaporkan lebih konsisten berada di jalur untuk mencapai tujuan mereka.

Menurut penelitian profesor Norcross, ketika menetapkan sebuah resolusi, seseorang memiliki alasan untuk optimis dan hati-hati dalam mencapai tujuan penurunan berat badan. Akan tetapi penelitian ini juga menemukan bahwa banyak yang kemudian memudar semangatnya setelah 6 bulan lamanya.

Kondisi ini kemudian membuat seseorang kehilangan konsistensi dan tak lagi memperhatikan mengenai diet mereka setelah 6 bulan lamanya. Kalau kamu ingin tetap konsisten menjalani diet untuk menurunkan berat badan sebagai resolusi tahun barumu, kamu harus menghindari beberapa kesalahan resolusi diet berikut ini:

  1. Memaksakan makan makanan yang tak kamu sukai
    Salah satu kesalahan besar yang sering dilakukan orang mulai berdiet di tahun baru adalah langsung mengganti makanan yang mereka konsumsi, dengan menu diet yang menurut mereka sehat. Padahal menurut Cassandra A. Suarez MS, LDN, RD, ahli diet di Charlotte, NC; memaksakan memakan makanan sehat namun tak disukai jadi faktor pemicu kegagalan diet. “Salah satu alasan mengapa diet tidak berhasil adalah karena memaksakan untuk makan makanan yang tidak mereka sukai,” kata Cassandra. “Jadi, jika smoothie kale tidak cocok untukmu, cobalah tumis sayuran lain yang kamu sukai” tambahnya lagi.
  2. Menyingkirkan jenis makanan tertentu
    “Diet” yang paling sehat adalah diet dengan variasi makanan seimbang. Ketika kamu menghilangkan seluruh kelompok makanan tertentu seperti susu, biji-bijian, buah, dan lainnya; kamu berpotensi membuat diri sendiri untuk kekurangan nutrisi dan bahkan membuatmu terobsesi pada satu jenis makanan tertentu saja.
  3. Makan dengan kalori yang terlalu sedikit
    Jika kamu berfikir bahwa mengurangi kalori membantu menurunkan berat badan, maka memotong banyak kalori harusnya membantu menurunkan lebih banyak berat badan, bukan? Namun ternyata anggapan ini salah besar. Ketika asupan kalori terlalu rendah, penurunan berat badan sebenarnya bisa menambat. Itu karena tubuh berada pada mode kelaparan sehingga justru memperlambat metabolisme yang membantu membakar lemak.
  4. Berharap hasil yang instan
    Diet dan penurunan berat badan merupakan resolusi diet yang membutuhkan konsistensi dan kesabaran. Kamu tak akan mendapatkan hasilnya secara instan di bulan kedua atau ketiga setelah menjalani diet sejak tahu baru. Kuncinya adalah menetapkan tujuan yang kecil namun realistis setiap bulannya, untuk menurunkan berat badanmu. Dengan begini kamu akan lebih konsisten dan semangat melakukan diet.
  5. Ikutan trend diet yang sedang viral
    Setiap tahun biasanya akan muncul trend diet yang viral dan konon katanya sudah membantu banyak orang menurunkan berat badan. Namun kamu harus tahu bahwa setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda. Tak semua diet trend itu cocok untukmu dan tak semuanya harus kamu ikuti. Lebih baik kamu memilih satu metode diet yang membuatmu nyaman, dan konsisten untuk menjalaninya sepanjang tahun lamanya.

Itulah beberapa kesalahan resolusi tahun baru yang membuatmu sulit mencapai body goal idamanmu. (Yuyun Amalia)

Facebook
Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...