Home Gaya hidup Waspadai 7 Tanda-tanda Awal Keguguran yang Jarang Disadari

Waspadai 7 Tanda-tanda Awal Keguguran yang Jarang Disadari

TELENEWS.ID – Keguguran menjadi hal yang menyedihkan bagi banyak wanita yang sedang menantikan kehadiran sang buah hati. Keguguran sendiri adalah ketika kehamilan dinyatakan oleh medis sebelum minggu ke -20 kehamilan, yang berada di tengah trimester kedua. Keguguran awal, terjadi sebelum usia kehamilan 13 minggu, tetapi sebagian besar akan terjadi sebelum 10 minggu.

Keguguran bisa sangat menyakitkan secara fisik dan emosional, meski kondisi ini adalah jenis kehilangan kehamilan yang paling umum dan sering terjadi karena janin tidak berkembang secara normal.

Keguguran adalah hal umum, dengan 10% hingga 20% kehamilan yang berakhir dengan kondisi ini. Sebagian besar keguguran terjadi di awal kehamilan, dengan 80% terjadi pada trimester pertama kehamilan. Saat Anda mengalami keguguran, embrio atau janin secara spontan dikeluarkan dari rahim sebelum usia kehamilan mencapai 20 minggu. Ibu hamil akan mengalami gejala seperti pendarahan berat dan kram perut, kadang -kadang selama beberapa hari atau lebih.

Namun rupanya banyak wanita yang tengah hamil tidak menyadari tanda-tanda awal mereka mengalami keguguran, seperti:

  1. Gejala keguguran awal yang paling umum adalah pendarahan dan kram perut. Tetapi kedua tanda ini tidak harus berarti kamu mengalami keguguran. Biasanya wanita masih mengalami pendarahan hingga sepertiga kehamilan. Namun jika kamu mengalami pendarahan atau kram pada trimester pertama, segera hubungi dokter apalagi jika diikuti oleh beberapa tanda lain di selanjutnya.
  2. Nyeri punggung ringan hingga parah (lebih buruk dari kram menstruasi)
  3. Penurunan berat badan secara signifikan dan mendadak
  4. Keluarnya cairan berwarna putih agak pink hingga cokelat keruh dari area kewanitaan
  5. Kontraksi yang menyakitkan dan mengganggu, terjadi setiap 5 hingga 20 menit sekali
  6. Cairan yang terlihat seperti gumpalan yang lewat dari organ kewanitaan
  7. Mendadak gejala kehamilan seperti mual menghilang

Namun, ada kemungkinan bahwa kamu mungkin mengalami keguguran tanpa gejala apapun. Dalam hal ini, wanita biasanya tidak akan tahu bahwa mereka mengalami keguguran sampai dokter melakukan USG, begitu kata Laurie Scott, MD, OB-GYN dan Direktur Medis Program Kedokteran Ibu dan Bayi di the Memorial Healthcare System.

Baca juga :  Mengejutkan, 5 Makanan Sehat ini Bakal Bikin Kamu Jadi Sering Kentut

Selain itu mungkin saja untuk mengalami keguguran bahkan tanpa mengetahui bahwa kamu hamil, terutama hal ini terjadi pada tahap paling awal kehamilan. Dalam hal ini, Scott mengatakan salah satu tandanya seperti menstruasi yang sedikit kemudian menjadi lebih deras dari biasanya.

Setelah melewati trimester pertama kehamilan, kemungkinan seorang wanita untuk mengalami keguguran menjadi jauh lebih kecil. Hanya hingga 3% kehamilan yang mengalami keguguran pada trimester kedua.

“Namun jika kamu mengalami keguguran setelah trimester pertama, kamu mungkin mengalami gejala lain seperti kebocoran cairan atau melebarkan leher rahim” begitu kata Scott. Mungkin ada tanda -tanda lain termasuk merasa seperti bayi itu tidak bergerak lagi, kontraksi hebat, dan persalinan dini.

Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan wanita hamil mengalami keguguran dini pada trimester awal kehamilan mereka? Dalam beberapa kasus, penyebab keguguran sejatinya tidak diketahui. Seringkali kondisi ini muncul karena masalah acak dengan kromosom yang terjadi saat konsepsi.

Baca juga :  6 Langkah Tepat Merawat Kulit Agar Terlihat Glass Skin

Seperti banyak mitos, seorang wanita hamil mungkin takut bahwa mereka melakukan sesuatu yang menyebabkan keguguran. Tetapi hal -hal seperti bekerja, berolahraga, berhubungan seks, atau mual di pagi hari tidak menyebabkan keguguran.

Bahkan belum ada penelitian yang jelas mengenai efek alkohol, tembakau, dan kafein; yang mungkin menyebabkan keguguran meskipun memang sebaiknya wanita hamil mengurangi mengkonsumsi tiga hal tersebut saat sedang mengandung. Jadi sejatinya tidak ada yang bisa kamu lakukan untuk mencegah keguguran terjadi, sehingga kamu tidak boleh menyalahkan diri sendiri jika hal menyedihkan ini menimpamu.

Pakar kesehatan hanya menyarankan untuk rajin check up ke dokter, mengkonsumsi makanan sehat, cukup istirahat, tidak stress dan beraktivitas ringan untuk mencegah kemungkinan keguguran pada trimester awal terjadi. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...