Home Gaya hidup Waspadai Jenis 5 Makanan Ini Bisa Bikin Penampilanmu Jadi Terlihat Tua

Waspadai Jenis 5 Makanan Ini Bisa Bikin Penampilanmu Jadi Terlihat Tua

TELENEWS.ID-Setiap wanita pasti ingin selalu terlihat awet muda, segar dan juga fit. Namun di zaman modern seperti sekarang ini, ternyata banyak wanita yang mengalami penuaan dini akibat gaya hidup yang mereka jalani.

Salah satu gaya hidup tidak sehat yang menyebabkan penuaan dini pada kaum Hawa terkait pula dengan makan-makanan yang mereka konsumsi. Ya ternyata tak hanya polusi, kosmetik yang kurang tepat dan stress; makanan juga punya peran penting untuk menjaga penampilan seseorang.

Menurut dokter bedah plastik Dr. Beatriz Lassance, selain faktor dari luar tubuh, faktor dari dalam juga bisa mempercepat proses penuaan dini. Faktor dari luar salah satunya paparan sinar matahari dan faktor dari dalam yang memperparah efek ultra violet pada kulit wajah adalah makanan.

Dr. Beatriz juga menegaskan faktor makanan dan sinar matahari ditambah gaya hidup tidak sehat seperti merokok, begadang, kurang olahraga dan stress membuat seseorang menjadi terlihat lebih tua daripada usia mereka yang sebenarnya.

Pilihan makanan yang buruk menjadi salah satu hal yang sebaiknya dihindari jika kamu masih ingin awet muda dan tidak mengalami penuaan dini. Lalu jenis makanan apa sajakah yang membuat kita menjadi terlihat lebih tua dan memicu proses penuaan dini?

  1. Gula
    Kamu yang hobi mengkonsumsi makanan dan minuman manis sebaiknya berhati-hati, sebab kandungan gula yang sangat tinggi pada hidangan yang kamu santap itu bisa mempercepat proses penuaan. Gula menjadi salah satu bahan makanan yang merusak proses kolagen yang menjaga kelembaban dan elastisitas kulit.

Selain itu konsumsi gula yang berlebihan memicu terjadinya peradangan yang bisa mengakibatkan breakout atau timbulnya jerawat di wajah. Ahli kulit menyarankan untuk mengurangi asupan gula, atau menggantinya dengan pemanis alami seperti madu dan buah-buahan.

  1. Gorengan
    Inilah salah satu jenis makanan yang difavoritkan oleh banyak orang terutama di Indonesia. Apalagi di negara kita, gorengan bisa didapat dengan harga murah meriah dan mudah ditemui dimana saja.
Baca juga :  Sifat Lesti Dinilai Berubah, Ternyata Ini Alasan Ilmiah Perubahan Sifat Seseorang Setelah Menikah

Akan tetapi selain buruk untuk kesehatan seperti meningkatkan resiko obesitas, memicu penyakit jantung dan kanker; mengkonsumsi gorengan secara berlebihan juga mempercepat proses penuaan.

Adanya radikal bebas terutama dalam minyak yang dipakai berulang kali, menjadi salah satu faktor yang membuat makanan jenis ini bisa membuat penampilan kita terlihat lebih tua daripada usia sebenarnya. Kadar garam yang tinggi pada makanan seperti ini menyerap air dalam jaringan kulit, sehingga membuat kulit terutama wajah jadi berkeriput.

  1. Makanan berbahan tepung
    Roti dan pastri juga jadi jenis makanan yang memicu penuaan dini. Kandungan karbo yang tinggi pada makanan jenis ini, meningkatkan resiko peradangan dan memicu munculnya peradangan yang bisa merusak kelembaban kulit kita.
  2. Makanan olahan tinggi sodium
    Sodium atau kadar garam yang tinggi pada makanan olahan, bisa membuat kita menjadi kurang elasis dan mudah berkeriput. Ini karena sodium akan menyerap banyak air yang dibutuhkan untuk menjaga kelembaban dan elastisitas kulit.

Selain itu, soidum yang tinggi juga akan menghambat proses pembentukan kolagen pada kulit.

  1. Kopi dan soda
    Kopi dan soda sebaiknya juga dihindari jika kamu ingin memiliki kulit yang kencang, lembab dan awet muda. Selain selain tinggi akan kandungan gula, kopi dan soda juga sumber kafein yang akan mengganggu kualitas tidurmu.
Baca juga :  Indonesia Kebagian Puluhan Juta Vaksin Melalui COVAX

Kualitas tidur yang buruk lantaran begadang karena minum soda dan kopi, memicu terjadinya berbagai masalah kulit seperti lingkaran hitam, keriput dan garis halus yang timbul di wajah. Untuk mengatasinya, gantilah soda dan kopi dengan air putih yang membantu kulit untuk selalu terhidrasi.

Itulah berbagai jenis makanan dan minuman yang sebaiknya kamu hindari, untuk mencegah terjadinya penuaan dini . (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Entrasol Dukung Pencanangan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis

TELENEWS.ID - Memperingati Hari Osteoporosis Nasional (HON) yang jatuh pada 20 Oktober 2021, KALBE Nutritionals melalui Entrasol, nutrisi tinggi kalsium dengan ekstrak buah zaitun yang dapat membantu...

Ketahui Penyebab Sering Bermimpi Buruk dan Cara Efektif untuk Mengatasinya

Telenews.id- Mimpi buruk bisa dialami oleh siapa saja, dari berbagai usia. Ini adalah hal yang wajar, dan sejatinya tak perlu membuat seseorang...

Berapa Kali Baiknya Buang Air Besar dalam Sehari? Dokter Ini Punya Jawabannya Plus Tips agar Bisa BAB Rutin

Telenews.id- BAB atau buang air besar secara rutin dianggap sebagai tanda pencernaan dan perut yang sehat. Mereka yang buang air besar secara...

Inilah 5 Zodiak Paling Jujur dan Apa Adanya Menurut Astrologi, Coba Cek Kamukah Salah Satunya?

Telenews.id- Sikap jujur, blak-blakan dan apa adanya ternyata tak dimiliki oleh semua orang. Namun biasanya orang yang jujur cenderung punya sifat blak-blakan....