Home Ekonomi Figur Waspadai Penyebab dan Gejala Kanker Payudara pada Pria Seperti yang Dialami Robby...

Waspadai Penyebab dan Gejala Kanker Payudara pada Pria Seperti yang Dialami Robby Purba

TELENEWS.ID – Kabar kurang mengenakan datang dari aktor dan presenter Robby Purba. Pria yang sempat dikabarkan dekat dengan Ayu Ting Ting ini baru saja menjalani operasi pengangkatan kanker payudara yang hampir 9 bulan ia derita.

“Pria denga tumor payudara. Bisakah? Alhamdulillah ternyata bisa. Lagian apa sih yang Allah gak bisa? Nah abang yang beruntung nih. Kasus yang jarang terjadi kepada pria,” tulis Robby melalui akun Instagram miliknya.

Robby mengakui kanker payudara yang diidapnya membuatnya sulit melakukan aktivitas sehari-hari. “Sudah 9 bulan mau olahraga sakit. Turun tangga pun dada sakit. Jadi terganggu apalagi kalau lagi shooting dan harus lompat-lompat” tambahnya lagi.

Saat ditanya penyebabnya, Robby mengakui bahwa gaya hidup yang membuat presenter kondang ini mengidap kanker payudara. “Pemicunya banyak, selain genetik, karena supplements gym atau susu juga bisa menurut Dokter spesialisnya. Intinya lifestyle lah,” tambahnya lagi.

Kondisi Robby Purba yang mengidap kanker payudara memang mengejutkan banyak orang. Pasalnnya selema ini kanker payudara identik sebagai penyakit yang di idap kaum wanita. Namun faktanya seperti yang diungkapkan oleh Robby sendiri, meskipun jarang namun tak menutup kemungkinan pria juga bisa mengalami kanker payudara.

Kanker payudara pria paling sering terjadi pada pria yang berusia lebih tua, meskipun dapat terjadi pada usia berapapun juga. Banyak orang tidak menyadari bahwa pria memiliki jaringan payudara, dan bahwa mereka juga berisiko mengalami kanker payudara. Sel-sel di hampir semua bagian tubuh dapat menjadi kanker dan dapat menyebar ke area lain.

Kanker payudara pada pria dimulai dari berbagai bagian payudara. Umumnya kanker payudara dimulai pada saluran yang membawa susu ke puting. Menurut sejumlah jurnal, tidak jelas apa yang menyebabkan kanker payudara pada pria.

Dokter tahu bahwa kanker payudara pada pria terjadi ketika beberapa sel payudara membelah lebih cepat daripada sel sehat. Sel-sel yang terakumulasi membentuk tumor yang dapat menyebar atau bermetastasis ke jaringan terdekat, ke kelenjar getah bening atau ke bagian tubuh lainnya.

Meskipun begitu seperti kisah Robby Purba,gaya hidup seperti konsumsi alkohol, merokok dan jarang olahraga membuat pria bisa saja terkena kanker payudara. Apalagi jika pria tersebut memiliki keluarga yang sebelumnya pernah terkena kanker, maka resiko dia mengalami penyakit yang sama pun semakin besar.

Baca juga :  5 Hal Mengerikan yang Akan Terjadi Jika Kamu Turun Berat Badan Terlalu Cepat

Beberapa faktor risiko lain yang membuat seorang pria bisa menderita kanker payudara seperti:

  1. Usia. Risiko kanker payudara meningkat seiring bertambahnya usia. Kanker payudara pria paling sering didiagnosis pada usia 60-an.
  2. Paparan estrogen. Jika kamu menggunakan obat yang berhubungan dengan estrogen, seperti yang digunakan untuk terapi hormon untuk kanker prostat, risiko kanker payudara pada pria akan meningkat.
  3. Riwayat keluarga dengan kanker payudara. Jika kamu memiliki anggota keluarga dekat dengan kanker payudara, kamu memiliki peluang lebih besar untuk terkena penyakit ini.
  4. sindrom Klinefelter. Sindrom genetik ini terjadi ketika anak laki-laki dilahirkan dengan lebih dari satu salinan kromosom X. Sindrom Klinefelter menyebabkan perkembangan testis yang tidak normal. Akibatnya, pria dengan sindrom ini menghasilkan kadar hormon pria tertentu (androgen) yang lebih rendah dan lebih banyak hormon wanita (estrogen).
  5. Penyakit liver. Kondisi tertentu, seperti sirosis hati, dapat mengurangi hormon pria dan meningkatkan hormon wanita, sehingga meningkatkan risiko kanker payudara.
  6. Kegemukan. Obesitas dikaitkan dengan kadar estrogen yang lebih tinggi dalam tubuh, yang meningkatkan risiko kanker payudara pria.
Baca juga :  Penting di Masa Pandemi, 3 Jenis Vitamin yang Dibutuhkan Anak untuk Meningkatkan Imun Tubuh Mereka

Pada pria wajib mewaspadai beberapa gejala kanker payudara diantaranya seperti:
• Benjolan yang biasanya keras, tidak nyeri namun tidak bergerak di dalam payudara
• Puting yang berputar atau masuk ke arah dalam tubuh
• Munculnya cairan yang mengalir dari puting susu atau nipple discharge, yang mungkin bercampur dengan darah
• Luka atau ruam di sekitar puting yang tidak kunjung hilang
• Puting atau kulit di sekitarnya menjadi keras, merah atau bengkak
• Munculnya benjolan kecil di ketiak akibat kelenjar yang bengkak

Jika kamu merasakan gejala diatas, ditambah memiliki faktor risiko dan gaya hidup yang tidak sehat; segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang lebih serius seperti pengangkatan kanker payudara yang dilakukan oleh Robby Purba. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...