Home Gaya hidup Waspadai Perilaku Guilt Trip, Sering Dilakukan Orang Toxic untuk Memanipulasi Korbannya

Waspadai Perilaku Guilt Trip, Sering Dilakukan Orang Toxic untuk Memanipulasi Korbannya

TELENEWS.ID – Orang toxic selalu mencari cara untuk memanipulasi dan menguasai korban-korban mereka. Salah satu cara yang kerap digunakan oleh orang-orang yang toxic baik itu teman, pasangan atau keluarga adalah guilt trip. Apa sih itu guilt trip?

Guilt trip atau guilt tripping adalah perilaku yang menyebabkan orang lain merasa bersalah atau bertanggung jawab, akibat keputusan mereka untuk melakukan atau mengambil suatu tindakan tertentu. Ini karena rasa bersalah bisa menjadi motivator yang kuat dari perilaku manusia, orang toxic menyadari hal ini kemudian menggunakannya sebagai alat untuk mengubah cara orang lain berpikir, merasa, dan berperilaku.

Jika seseorang pernah mencoba membuat kamu merasa tidak enak tentang sesuatu tanpa mengatakannya secara langsung, kamu mungkin telah menjadi korban dari guilt tripping. Rasa bersalah bisa menjadi senjata yang ampuh, dan banyak orang tahu bagaimana menggunakannya untuk kepentingan mereka sendiri, diantara memanipulasi dan mempengaruhi pikiran serta tindakan orang lain.

Menurut terapis pernikahan dan keluarga berlisensi, Shane Birkel, LMFT; guilt tripping dimanfaatkan oleh orang-orang toxic untuk mempermalukan dan bahkan menyakiti korbannya.

“Guilt tripping juga bertujuan untuk mempermalukan orang lain, membuat komentar yang membuat mereka merasa buruk, semacam menyalahkan dan menyerang” ujar Birkel. “Karena itu, saya pikir tidak pernah ada alasan yang tepat yang dibenarkan untuk melakukan guilt trip pada seseorang, karena ini adalah cara yang kasar untuk memperlakukan orang lain,” tambahnya lagi.

Kamu bisa mengetahui seseorang mencoba melakukan guilt tripping padamu dengan beberapa tanda berikut ini:
• Membuat komentar yang menunjukkan bahwa kamu belum melakukan pekerjaan sebanyak yang telah mereka lakukan
• Mengungkit kesalahan yang pernah kamu lakukan di masa lalu
• Mengingatkan kamu tentang bantuan yang telah mereka lakukan di masa lalu
• Bertingkah seolah-olah mereka marah tetapi kemudian menyangkal bahwa ada masalah
• Menolak untuk berbicara denganmu atau mendiamkanmu
• Menunjukkan melalui bahasa tubuh, nada suara, dan ekspresi wajah bahwa mereka tidak setuju dengan apa yang kamu lakukan
• Membuat kamu merasa seolah-olah “berhutang” pada mereka
• Membuat komentar sarkastik tentang upaya atau kemajuan yang telah kamu lakukan

Baca juga :  Wajib Tahu, Ini 5 Alasan Kamu Sebaiknya Tak Boleh Terlalu Bucin Pada Pasanganmu

Masalahnya guilt tripping kadang bisa sangat membekas di hati seseorang dan mempengaruhi emosi mereka. Namun menurut terapis dan ahli hubungan berlisensi, Ken Page, LCSW; kamu bisa menanyakan pada dirimu sendiri apakah benar apa yang kamu lakukan merupakan suatu kesalahan seperti yang coba dituduhkan orang toxic kepadamu.

“Ketika kamu merasakan rasa bersalah yang tajam, tanyakan pada diri sendiri, apa yang terjadi? Apakah kamu dibuat merasa bahwa kamu adalah orang yang kurang baik, atau apakah mereka benar-benar terganggu oleh sesuatu yang kamu lakukan?” ujar Page.

Kalau kamu menemukan “tidak” dari semua pertanyaan diatas, maka itu tanda seseorang telah mencoba melakukan guilt tripping kepadamu. Kamu bisa mencoba bicara langsung dengan mereka tentang apa yang kalian rasakan. Ini karena guilt tripping juga sering dilakukan seseorang, yang sulit untuk menunjukkan emosi atau perasaan mereka.

Baca juga :  5 Bahan Alami Ini Bisa Bikin Alis Menjadi Tebal dan Lebat, Wajib Banget Dicoba

Namun jika kamu sudah bicara akan tetapi mereka tetap terus membuatmu merasa bersalah dan tak enak hati, kini saatnya kamu membuat batasan dan bahkan menjauhi mereka.

Ingat rasa bersalah bisa benar-benar sangat menyiksa dan bisa mempengaruhi pikiran dan kehidupanmu. Jangan sampai hal ini kemudian dimanfaatkan oleh orang toxic, untuk mengontrol dan memanipulasimu dengan alasan apapun itu. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Startup Indonesia Lakukan PHK Besar, Ada Apa?

TELENEWS.ID – Beberapa hari lalu, perusahaan startup Indonesia seperti LinkAja, Zenius, SiCepat, dan JD.ID melakukan pemutusan hubungan kerja kepada sejumlah karyawannya. Hal...

Elon Musk Batal Bangun Pabrik Tesla di India, Peluang Indonesia Semakin Besar

TELENEWS.ID – Dikutip dari India Times dan ABP Live, Elon Musk memutuskan untuk tidak berinvestasi di India dalam membangun pabrik mobil Tesla...

Ibukota Akan Pindah, Bagaimana Pertahanan Udaranya?

TELENEWS.ID - Pemindahan Ibukota negara ke Penajam, Paser Utara, Kalimantan Timur harus dibarengi dengan pertahanan udara yang maksimal. Karena, posisi Ibukota tersebut...

Pemprov DKI Mengandalkan SPAM untuk Mengatasi Akses Air Bersih

TELENEWS.ID - Untuk mengatasi masalah banjir dan juga menanggulangi masalah air bersih di DKI Jakarta, Pemprov DKI Jakarta mendapatkan kucuran dana dari...