Home Travel Destinasi Wisata ke Labuan Bajo Wajib Rapid Test Antigen

Wisata ke Labuan Bajo Wajib Rapid Test Antigen

TELENEWS.ID – Pulau Komodo yang berada di Labuan Bajo selain menjadi rumah hewan endemik Indonesia, yaitu komodo, juga terkenal akan keindahan panoramanya.

Anda ingin berkunjung ke Labuan Bajo untuk liburan Tahun Baru? Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi wisatawan yang ingin berkunjung. Salah satunya adalah lakukan dulu Rapid Test Antigen agar dapat membawa hasil tes negatif untuk dapat berwisata di Labuan Bajo. Demikian disampaikan oleh Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores Shana Fatina, Jumat (25/12/2020).

Labuan Bajo merupakan destinasi pertama yang menjadi pilot project simulasi protokol kesehatan, keamanan, dan keselamatan bagi wisatawan.

Selama di Labuan Bajo, aktivitas wisatawan tetap dibatasi. “Mereka tidak boleh melakukan kegiatan yang menimbulkan kerumunan,” tambah Shana Fatina.

Lebih lanjut Shana menuturkan bahwa seluruh restoran di Labuan Bajo tetap buka, dan tutup hingga pukul 21.00 WITA.

Berikut syarat jika ingin berlibur di Labuan Bajo:

  • Seluruh wisatawan wajib melakukan registrasi secara online di https://registration.labuanbajoflores.id.
  • Seluruh wisatawan wajib memiliki surat keterangan hasil negatif Covid-19 dari rapid test antibodi atau Swab PCR.
  • Surat keterangan tersebut dan dokumen pendukung lainnya akan diperiksa di pintu masuk Labuan Bajo, seperti bandara atau pelabuhan.
  • Seluruh wisatawan wajib memakai masker, mencuci tangan dengan hand sanitizer atau dengan sabun dan air yang mengalir, serta menjaga jarak minimal 1 meter.
  • Seluruh wisatawan wajib taat pada aturan dan protokol kesehatan yang ditetapkan di Labuan Bajo.

Jika ingin berkunjung ke Taman Nasional Komodo (TNK), syaratnya sama dengan ketika memasuki kawasan Labuan Bajo. Tetapi jumlah wisatawan yang berkunjung ke TNK akan lebih dibatasi.

Pembatasan wisatawan daratan juga berlaku untuk lokasi Resort Loh Buaya sebanyak 75 orang per hari, Resort Loh Liang sebanyak 250 orang per hari dan Resort Padar Selatan sebanyak 60 orang per hari. Namun, saat ini Resort Loh BUaya sedang ditutup sejak 26 Oktober 2020 hingga 30 Juni 2021.

Baca juga :  Gili Putih, Sekeping Surga’ di Lepas Pantai Bali Utara

Sementara itu, bagi wisatawan perairan, dibatasi 8 kapal per hari untuk wilayah Batu Bolong, 32 kapal per hari untuk wilayah Karang Makassar, dan 20 kapal per hari untuk wilayah Mauwan dan Siaba.

Shana juga menyampaikan, siapapun bisa berkunjung ke Labuan Bajo dan TNK. Pihaknya tidak membatasi. Termasuk wisatawan dari zona merah diperbolehkan. Sebab, yang terpenting wisatawan bisa menunjukkan surat keterangan hasil negatif dari rapid test antigen yang berlaku 3 hari sebelum keberangkatan. Aturan tersebut tertulis dalam Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 3 Tahun 2020, yang berlaku sejak 19 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021. SE tersebut berisi tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2021 dalam masa pandemi Covid-19.

Baca juga :  Wisata Golf Diharapkan Menjadi Pariwisata Berkualitas di Indonesia

Shana juga memastikan, Satgas Penanganan Covid-19 Manggarai Barat telah siaga dan menjaga di sana tidak ada kerumunan. “Di sini tidak begitu besar daerahnya, kalaupun ada kejadian, langsung dilaporkan,” tambahnya lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Resmikan Groundbreaking Hilirisasi Batu Bara Jadi DME, Jokowi: Mau Sampai Kapan Impor Terus?

TELENEWS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, groundbreaking proyek hilirisasi batu bara menjadi dimetil meter atau DME di Kabupaten Muara Enim, Sumatera...

Kronologi OTT Kasus Korupsi Bupati Penajem Paser Utara

TELENEWS.ID - Nur Afifah Balqis sedang ramai menjadi perbincangan publik nasional akhir-akhir ini karena menjadi salah satu tersangka OTT KPK dan terlibat...

Kisruh Arteri Dahlan Mengancam Elektabilitas PDIP

TELENEWS.ID – Anggota komisi III DPR RI dari fraksi PDIP, Arteri Dahlan membuat gaduh Indonesia. Arteria meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin mencopot...

Kemanakah Ridwan Kamil Berlabuh Untuk Pilpres 2024 ?

TELENEWS.ID - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden 2024. Namun hingga saat ini masih belum ada partai...