Home Internasional Wow, Karya Seni ‘Tak Terlihat’ Ini Dijual Ratusan Juta Rupiah

Wow, Karya Seni ‘Tak Terlihat’ Ini Dijual Ratusan Juta Rupiah

TELENEWS.ID – Salah satu seniman dari Italia membuat gempar karena menjual sebuah karya seni yang tak kasat mata. Yang membuat banyak orang heran, karya tersebut berhasil dia jual seharga €15.000 atau sekitar Rp262 juta.

Salvatore Garau adalah sosok yang membuat karya tak kasat mata itu, yang berjudul “Lo Sono” dalam bahasa Italia atau berarti “I am”.

Karya yang dimaksud adalah patung tak terlihat disertai instruksi tentang bagaimana cara meletakkan dan menampilkannya.

Dilansir dari Daily Star, para kritikus seni kontemporer mengkritik “Lo Sono” karena hanya membuat kehebohan dan tanpa substansi yang jelas.

Akan tetapi meski dianggap nyeleneh, ada saja yang mau membeli karya Salvatore Garau tersebut.

Dari instruksinya, patung yang tak terlihat oleh mata telanjang itu harus diletakkan di dalam rumah pribadi, di dalam ruangan seluas lima kaki persegi dan bebas penghalang.

Lalu satu-satunya yang dapat dilihat oleh pembeli karya tersebut adalah sertifikat keaslian patung sebagai bukti keberadaan patung buatan Garau.

Dalam sebuah wawancara, Garau mengatakan bahwa patung immaterial buatannya sangat berharga. Menegaskan hasil lelang adalah fakta yang tak terbantahkan.

“Kekosongan adalah ruang yang penuh energi, bahkan jika kita mengosongkan dan tidak ada yang tersisa menurut prinsip ketidakpastian Heisenberg bahwa ketidakpastian memiliki bobot,” katanya.

“Saat saya membuat keputusan untuk memamerkan patung immaterial di ruang tertentu, ruang itu akan menjadi pusat kuantitas dan kepadatan suatu pemikiran pada titik yang tepat, membuat patung berjudul ‘I am’ akan mengambil bentuk yang paling bervariasi.”

Di Italia, Salvatore Garau memang dikenal sebagai seniman yang cukup aneh. Contohnya pada tahun 2006, dia membuat kolam besar yang diisi ikan danau di lantai tiga gereja di Provinsi Sardinia Oristano.

Baca juga :  Inggris Sebagai Negara Ketiga Dengan Angka Kematian Tertinggi Akibat Covid-19

Lalu siapakah yang rela mengeluarkan kocek begitu besar untuk membeli patuk tak kasat mata karya Salvatore Garau? Art-Rite yang menjadi rumah lelang untuk karya tersebut tidak ingin mengungkap identitasnya.

Namun dilansir EuroWeekly News, patung tersebut awalnya dilelang €6.000 dan tawaran terus meningkat.

Selain di Italia, ternyata Garau juga membuat patung tak kasat mata lainnya dan dipamerkan di New York, Amerika Serikat. (Dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...

Manchester United Ditangan Ralf Rangnick, Apakah Mampu Bersaing?

TELENEWS.ID - Belakangan nama Ralf Rangnick mencuat di kancah dunia sepak bola untuk menjadi juru taktik klub Manchester United. Seperti diketahui bersama,...