Home Ekonomi Wow! Konten Youtube Bisa Jadi Jaminan Kredit Bank

Wow! Konten Youtube Bisa Jadi Jaminan Kredit Bank

TELENEWS.ID – Pada Kamis (21/07/2022) kemarin, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yassona Laoly mengungkapkan bahwa konten Youtube bisa dijadikan jaminan guna mengajukan pinjaman ke bank. Aturan ini sendiri telah ditetapkan dalam peraturan pemerintah (PP) nomor 24 tahun 2022 tentang ekonomi kreatif yang telah ditanda tangani Presiden Joko Widodo pada 12 Juli 2022.

Menurut Yassona, kebijakan ini terbentuk karena pemerintah sendiri ingin melindungi Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) seluruh warga Indonesia. Dalam PP tersebut juga secara lengkap mengatur jumlah dan skema pembiayaan khususnya Youtuber, sehingga nantinya sertifikat kekayaan intelektual yang diterima dapat menjadi jaminan untuk warga negara bertransaksi di Bank sebagai fidusia.

Selain itu kemenkumham juga menjelaskan syarat konten Youtube yang dapat dijadikan jaminan pinjaman bank yang salah satunya melihat dari jumlah penonton atau viewers. Jumlah penonton dalam sebuah konten yang ingin dijadikan jaminan pinjaman ke bank harus dalam satuan jutaan. Selain itu, pemilik konten juga sudah harus memiliki sertifikat kekayaan intelektual atau hak cipta atau hak pembuat lagu. Nantinya Lembaga keuangan akan memberikan tafsiran nilai kekayaan yang dimiliki dalam konten tersebut. Semakin tinggi nilai dan potensi ekonomi dari karya cipta, merk, atau paten yang dimiliki dalam konten tersebut, maka semakin besar nominal pinjaman ke bank yang bisa didapatkan.

Hal ini semakin memperkuat dukungan pemerintah kepada pelaku ekonomi kreatif untuk mengembangkan karya dan mendapatkan kemudahan dalam pemenuhan kebutuhan sebagai salah satu dampak positif dari karyanya. Di Indonesia sendiri ada 17 subsektor ekonomi kreatif yaitu pengembangan permainan, desain interior, arsitektur, musik, seni rupa, fashion, dan desain produk. Subsektor lainnya antara lain di bidang kuliner, film animasi dan video, desain komunikasi visual, fotografi, televisi dan radio, karya periklanan, seni pertunjukan, penerbitan dan aplikasi.

Baca juga :  Kemenkraf Buka Pendaftaran Bantuan Insentif untuk Pelaku Ekonomi Kreatif

Sejumlah sineas perfilman Indonesia menyambut baik program pemerintah ini. Sutradara Cornelio Sunny berpendapat bahwa hal ini merupakan angin segar bagi seniman Indonesia dan di Amerika Serikat sendiri program ini sudah lama diterapkan oleh pemerintah. Contohnya Western World, sebuah karya dalam bentuk film bisa dijadikan produk saham. Ernest Prakarsa juga turut sumringah dengan keputusan pemerintah ini. Menurutnya karya seseorang menjadi semakin bernilai bagi dirinya bukan hanya dari segi apresiasi dalam bentuk viewers dan like penonton serta menunggu lama untuk mendapatkan assens Youtube, tetapi juga pemenuhan kebutuhan yang lebih cepat.

Namun dibalik dukungan para pelaku industri kreatif tersebut, juga terselip kekhawatiran yang disuarakan beberapa orang salah satunya Idhar Resmadi. Menurut pengamat musik ini, implementasi di lapangan yang belum matang dikomunikasikan oleh pemerintah. Sosialisasi soal kekayaan intelektual saja di Indonesia belum merata apalagi sosialisasi terhadap program baru ini serta penerapannya di lapangan bagi warga yang sudah bisa menerapkannya. Pemerintah wajib melakukan sosialisasi mendalam kepada seluruh warga negara Indonesia agar penerapannya di lapangan nanti tidak menjadi kendala bahkan boomerang bagi warga Indonesia sendiri. (Angela Limawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...