Home Gaya hidup Yuk Dicoba, 6 Cara Alami untuk Menghambat Munculnya Rambut Beruban

Yuk Dicoba, 6 Cara Alami untuk Menghambat Munculnya Rambut Beruban

TELENEWS.ID – Rambut yang beruban menjadi salah satu tanda penuaan yang akan dialami oleh siapa saja. Namun tak hanya mereka yang berusia lanjut, kini juga banyak ditemui orang-orang yang berusia relatif masih cukup muda, namun memiliki rambut yang banyak ubannya.

Sejatinya, rambut beruban memang hal alamiah yang terjadi pada manusia. Folikel rambut manusia memiliki sel pigmen yang membuat melanin, zat kimia yang memberi warna pada rambut. Seiring bertambahnya usia, sel-sel ini mulai mati. Tanpa pigmen, helai rambut baru tumbuh lebih terang dan memunculkan berbagai warna abu-abu, perak, dan akhirnya putih.

Sebagian dari kita mungkin akan menyalahkan pekerjaan yang membuat stres sebagai penyebab uban yang muncul di usia dini. Tetapi faktanya, gen adalah yang menentukan seberapa dini dan seberapa cepat uban terjadi. Jadi jika salah satu dari orang tuamu memiliki rambut beruban di usia 30-an, kemungkinan besar kamu juga akan mengalaminya.

Meskipun bahwa hal-hal seperti genetika, penyakit tertentu, dan obat-obatan pasti dapat memicu uban dini, kenyataannya adalah kebiasaan gaya hidup juga dapat menyebabkan kita “beruban” lebih cepat dari yang kita inginkan.

Kabar baiknya adalah ada cara sederhana dan efektif untuk menghambat dan mengatasi kemunculan uban dini di rambutmu, apa saja itu?

Cobalah untuk tidak stress
Meski tidak secara langsung, tapi stress dapat memicu suatu kondisi yang menyebabkan rambut rontok sekitar 3 kali lebih cepat dari biasanya. Ada kemungkinan bahwa ketika rambut tumbuh kembali, yang tumbuh adalah uban dan buka warna rambut alamimu. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa respons melawan atau lari dari tubuh yang mengalami stress, memainkan peran kunci dalam memicu munculnya uban. Jadi dengan mengurangi stress, akan membantu menghambat kemunculan uban di rambutmu.

Baca juga :  Benarkah Bikin Jerawat Makin Parah? Ini 5 Mitos Soal Telur Yang Ternyata Salah

Berhenti merokok
Merokok menyempitkan pembuluh darah, yang dapat mengurangi aliran darah ke folikel rambut dan menyebabkan kerontokan rambut. Selain itu racun dalam rokok dapat merusak bagian tubuh termasuk folikel rambut, menyebabkan rambut beruban dini. Satu studi menunjukkan bahwa perokok 2 1/2 kali lebih mungkin untuk beruban sebelum usia 30 tahun, daripada bukan perokok.

Jangan mencabut rambut beruban
Kebiasaan mencabut rambut beruban satu persatu, justru akan semakin membuat kerusakan pada folikel rambut loh guys. Dr. Shashank Kraleti seorang dokter di Arkansas mengatakan: “Mencabut uban hanya akan membuatmu mendapatkan uban baru di tempatnya, karena hanya akan ada satu rambut yang bisa tumbuh per folikel. Rambut di sekitarnya tidak akan memutih sampai sel pigmen folikelnya mati”.

Perbanyak konsumsi makanan dengan antioksidan tinggi
Sebuah studi yang diterbitkan ke jurnal medis Karger membantu menjelaskan mengapa antioksidan dapat bermanfaat untuk menghambat uban. Zat yang satu ini membantu tubuh memproduksi melanosit, yaitu sel yang membantu membuat melanin. Dua peran antioksidan lainnya adalah untuk meningkatkan kekebalan dan mengurangi stres. Perbanyak makanan antioksidan seperti beri, teh hijau, brokoli, minyak zaitun dan ikan untuk mencegah uban muncul dini di rambut.

Baca juga :  Berkebun di Rumah Vertikal dan Sick Building Syndrome

Konsumsi juga makanan sumber mineral tembaga tinggi
Tembaga bekerja dengan zat besi untuk membantu tubuh membentuk sel darah merah. Tembaga juga membantu menjaga pembuluh darah, saraf, sistem kekebalan tubuh, dan tulang tetap sehat. Zat ini juga membantu penyerapan zat besi. Jika banyak uban bermunculan, itu adalah tanda lain dari kekurangan tembaga. Kamu bisa mengkonsumsi hati ayam, kerang, jamur shiitake, kacang dan biji-bijian serta daun berdaun hijau untuk meningkatkan asupan tembaga guna mencegah rambut beruban. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...