Home Gaya hidup Kesehatan Yuk Praktekan, Ini 5 Gaya Hidup Sehat Yang Bisa Mencegah Penyakit Ginjal...

Yuk Praktekan, Ini 5 Gaya Hidup Sehat Yang Bisa Mencegah Penyakit Ginjal Kronis

TELENEWS.ID-Ginjal menjadi salah satu organ penting di tubuh manusia yang bila terganggu fungsinya sedikit saja, maka akan berakibat fatal pada kesehatan manusia itu sendiri. Namun seperti organ tubuh lain pada umumnya, ginjal juga rentan terkena berbagai masalah kesehatan apalagi jika dibarengi dengan gaya hidup tak sehat.

Bukan hal yang aneh jika gaya hidup manusia modern acapkali merugikan diri mereka sendiri. Kebiasaan begadang, bekerja tanpa kenal waktu, mengkonsumsi junk food dan fast food, mengkonsumsi alkohol dan stress; berperan penting atas peningkatan penyakit yang menyerang di usia muda.

Salah satunya penyakit yang menyerang ginjal. Sebuah artikel yang diterbitkan oleh Winchester Hospital menyebutkan selain faktor genetik, gaya hidup yang kurang sehat juga memberikan sumbangsih besar pada masalah ginjal manusia.

Pada umumnya mereka yang berusia relatif muda namun sudah mengeluhkan bahwa ginjal mereka bermasalah, menjalani gaya hidup yang kurang sehat. Karena itu selain pengobatan medis, Winchester Hospital juga menyarankan untuk merubah gaya hidup untuk menjaga agar ginjal tetap berfungsi dengan baik.

Gaya hidup sehat yang mereka sarankan untuk menjaga kesehatan ginjal itu meliputi:

  1. Menurunkan berat badan yang berlebihan
    Kelebihan berat badan menjadi salah satu penyumbang munculnya berbagai macam penyakit di tubuh kita. Selain jantung, ginjal juga bisa bermasalah jika kita mengalami berat badan yang berlebih.

Karena itulah kamu sebaiknya menjaga berat badang untuk tetap seimbang, sehingga fungsi ginjal juga terjaga dengan baik. Peneliti dari Universitas Oxford menyebutkan penumpukan lemak di perut tak hanya berbahaya bagi jantung tapi juga ginjal. Karena itulah mereka menyarankan agar kita menjalani diet sehat sehingga menjaga berat badang selalu seimbang.

  1. Menjaga tekanan darah
    Darah tinggi juga disebut-sebut sebagai salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya berbagai masalah ginjal. Ini karena darah tinggi yang tidak terkontrol bisa menyebabkan arteri sekirar ginjal menjadi menyempit, melemah dan akhirnya mengeras.
Baca juga :  Ternyata Ga Sulit, Begini Cara Mudah Mencegah Bopeng Bekas Jerawat

Rusaknya arteri sekitar ginjal akibat darah tinggi membuat penyaringan darah menjadi terganggu. Karena itulah sangat disarankan untuk menjaga tekanan darah selalu seimbang dengan cara mengkonsumsi makanan bergizi, olahraga rutin dan menjaga fikiran agar selalu relaks dan tidak setress.

  1. Berhenti merokok
    Ingin ginjal serta organ tubuh lain sehat? Maka inilah saatnya untuk menghentikan kebiasan merokok. Menurut Asosiasi Pasien Ginjal Amerika (AAKP), merokok menjadi penyebab penyakit ginjal karena memicu munculnya proteinuria atau kelebihan protein dalam air kencing.

Kelebihan protein ini membuat ginjal bekerja lebih berat dari biasanya. Karena itulah jika tak ingin membebani ginjal, maka mulai sekarang hentikanlah kebiasaan merokok itu.

  1. Stop mengkonsumsi alkohol
    Seperti rokok, deretan penyakit berbahaya dan mematikan akan mengintai mereka yang mengkonsumsi alkohol secara rutin. Alkohol akan membuat ginjal bekerja lebih berat, dan membuatnya kesulitan menyaring darah.
Baca juga :  Mengungkap Dr. Lois : Tidak Percaya Covid, Keanggotaan IDI Kadaluarsa dan Terancam Dijerat Pasal Berlapis

Mengkonsumsi alkohol juga menyebabkan terjadinya albuminuria atau penumpukan protein dalam urine. Selain itu, konsumsi alkohol juga akan membuat aliran darah ke ginjal menjadi terganggu.

  1. Olahraga secara rutin
    Gaya hidup sehar untuk menjaga fungsi ginjal adalah olahraga secara rutin. Dengan berolahraga, akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh termasuk mengatur tekanan darah dan daya tahan insulin sehingga ginjal bisa berfungsi dengan baik dan optimal.

Gaya hidup sehat tak hanya akan membantu mengurangi resiko terjadinya sakit ginjal, namun juga berbagai masalah kesehatan lainnya. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Entrasol Dukung Pencanangan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis

TELENEWS.ID - Memperingati Hari Osteoporosis Nasional (HON) yang jatuh pada 20 Oktober 2021, KALBE Nutritionals melalui Entrasol, nutrisi tinggi kalsium dengan ekstrak buah zaitun yang dapat membantu...

Ketahui Penyebab Sering Bermimpi Buruk dan Cara Efektif untuk Mengatasinya

Telenews.id- Mimpi buruk bisa dialami oleh siapa saja, dari berbagai usia. Ini adalah hal yang wajar, dan sejatinya tak perlu membuat seseorang...

Berapa Kali Baiknya Buang Air Besar dalam Sehari? Dokter Ini Punya Jawabannya Plus Tips agar Bisa BAB Rutin

Telenews.id- BAB atau buang air besar secara rutin dianggap sebagai tanda pencernaan dan perut yang sehat. Mereka yang buang air besar secara...

Inilah 5 Zodiak Paling Jujur dan Apa Adanya Menurut Astrologi, Coba Cek Kamukah Salah Satunya?

Telenews.id- Sikap jujur, blak-blakan dan apa adanya ternyata tak dimiliki oleh semua orang. Namun biasanya orang yang jujur cenderung punya sifat blak-blakan....