Home Teknologi Figur 4 Alasan Orang Muda Seperti Rizky Nazar Menggunakan Ganja

4 Alasan Orang Muda Seperti Rizky Nazar Menggunakan Ganja

Facebook
Twitter

TELENEWS.ID – Berita tertangkapnya aktor Rizky Nazar karena mengkonsumsi ganja mengejutkan banyak orang. Pasalnya pemain film “I Love You From 38.000 Feet” selama ini dikenal sebagai sosok dengan image yang bagus.

Polisi menyebut kekasih Syifa Hadju ini ditangkap saat sedang menggunakan ganja. “Yang bersangkutan saat ditangkap sedang menggunakan ganja, barang bukti ganja 1 gram,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Endra Zulpan. Polisi masih menyelidiki, darimana Rizky Nazar mendapatkan pasokan ganja yang digunakan olehnya.

“Dari mana yang bersangkutan mendapatkannya, karena masih diburu Polres Jaksel,” kata Zulpan. Tertangkapnya Rizky Nazar ini menambah panjang deretan aktor muda yang menggunakan ganja, setelah sebelumnya aktor Jeff Smith dan Bobby Joseph yang diciduk polisi karena kasus yang sama.

Hal ini tentu membuat banyak orang bertanya-tanya, mengapa orang muda seperti Rizky Nazar memilih menggunakan ganja? Menurut Survei Nasional Penggunaan dan Kesehatan Narkoba, 20% orang dewasa muda antara usia 18 dan 25 menggunakan ganja pada tahun 2016. Jumlah ini diperkirakan bertambah setiap tahunnya.

Penggunaan ganja berada pada titik tertinggi dalam sejarah di kalangan remaja dan dewasa muda. Menurut sejumlah penelitian, pada bulan-bulan awal pandemi; orang usia muda atau kuliah mengkonsumsi lebih banyak ganja daripada alkohol.

Survei yang dilakukan oleh Institut Nasional Penyalahgunaan Narkoba (NIDA), telah memantau penggunaan narkoba di kalangan mahasiswa dan orang dewasa sejak tahun 1975. “Belakangan ini kita dapat melihat banyak anak muda hanya menggunakan ganja sendiri. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan ganja diantara anak muda, mengacu pada pola konsumsi obat secara sosial (bersama teman mereka) tetapi juga soliter (sendirian),” kata Direktur NIDA Nora Volkow, MD.

Banyak orang menggunakan ganja untuk efek psikoaktif atau manfaat terapeutiknya, seperti menghilangkan stres atau rasa sakit. Tetapi para ahli medis prihatin dengan penelitian terbaru yang mengaitkan ganja dengan berbagai risiko kesehatan, bagi mereka yang menggunakannya.

Lalu kenapa banyak anak muda yang sekarang ini menggunakan ganja?

  1. Penasaran. Banyak orang muda yang mengakui mereka menggunakan ganja hanya karena merasa penasaran bagaimana rasanya. Rasa penasaran memang umum dialami remaja dan orang muda, sehingga tak jarang hal ini membuat mereka tergoda untuk menggoda hal-hal yang kurang baik.
  2. Melepaskan ketegangan dan kondisi mental lainnya. Lemahnya pemahaman mengenai kondisi mental, tekanan pekerjaan atau tugas kuliah dan belajar, tekanan dari lingkungan dan keluarga; terkadang membuat anak muda merasa tak punya tempat untuk mencurahkan isi hati mereka. Sebagai akibatnya mereka mencari pelarian untuk melupakan hal-hal buruk yang ada dalam hidup mereka.
  3. Tekanan dari teman sebaya. Tekanan teman sebaya adalah alasan yang jelas bahwa orang dewasa muda mulai menggunakan ganja. Lingkungan pekerjaan atau pendidikan yang baru dengan teman-teman yang baru, terkadang membuat mereka salah bergaul sehingga bertemu dengan teman sebayanya yang menggunakan ganja dan mengajak mereka untuk melakukan hal serupa.
  4. Mendapatkan info yang salah mengenai ganja. Sejumlah orang muda menggunakan ganja, karena mendapatkan informasi yang salah mengenai narkotika jenis ini. Mereka merasa ganja tak berbahaya karena bermanfaat juga untuk pengobatan.

Namun, ada efek kesehatan psikologis dan fisik dari penggunaan ganja. Penggunaan ganja dalam jangka pendek dapat menyebabkan masalah ingatan dan pikiran, kehilangan koordinasi, kecemasan, dan masalah kesehatan lainnya.

Itulah beberapa alasan mengapa orang muda dan remaja menggunakan ganja seperti yang dilakukan oleh aktor Rizky Nazar. (Yuyun Amalia)

Facebook
Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...