Home Gaya hidup Penyebab Munculnya Jerawat di Punggung dan Cara Alami Mengatasinya

Penyebab Munculnya Jerawat di Punggung dan Cara Alami Mengatasinya

TELENEWS.ID – Jerawat menjadi masalah kulit yang rupanya tak hanya muncul di wajah saja. Namun masalah kulit ini ternyata juga bisa muncul di beberapa anggota tubuh yang lain, salah satunya adalah bagian punggung.

Memang betul jerawat di punggung tak terlihat seperti jerawat yang ada di wajah. Namun meski begitu, tetap saja ini adalah masalah kulit yang cukup mengganggu dan bagi sebagian orang terutama kaum Hawa, bisa mengganggu penampilan mereka.

Jerawat di punggung membuat penampilan mereka jadi tak maksimal, saat memakai bikini atau busana backless. Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan jerawat muncul di punggung itu sendiri?

Seperti halnya wajah, punggung juga memiliki banyak kelenjar sebaceous yang mengeluarkan sebum atau zat minyak yang jika tertutup kotoran, maka bisa memicu peradangan dan memicu jerawat di punggungmu.

“Jerawat punggung adalah hasil dari akumulasi sel kulit mati dan minyak [sebum] di dalam pori-pori di kulit, dikombinasikan dengan pertumbuhan berlebih dari bakteri kulit yang disebut sebagai Cutibacterium acnes. Kondisi ini yang memicu respons peradangan,” kata Kara Shah, MD , dokter kulit umum dan anak bersertifikat dengan Kenwood Dermatology di Cincinnati.

Masih menurut Dr. Shah lagi, kebiasaan berolahraga menjadi salah satu penyebab mengapa seseorang kemudian memiliki banyak jerawat di punggung. “Jerawat di punggung dan bahu umumnya terkait dengan aktivitas olahraga yang menyebabkan peningkatan keringat dan gesekan dari peralatan dan pakaian atletik,” lanjutnya. Folikel kulit yang tersumbat keringat dan kotoran inilah yang akhirnya rusak dan membentuk lesi jerawat di bagian punggung atau bahu.

Jerawat di bahu atau punggung juga dapat dipicu oleh perubahan hormonal. Itulah sebabnya mengapa remaja sering mengeluhkan adanya jerawat di punggung mereka. Bagi wanita dewasa, kamu mungkin akan mengalami jerawat di punggung saat menjelang menstruasi dan ketika sedang hamil. Selain beberapa hal diatas, kebiasaan sehari-hari seperti pilihan makanan dan pakaian mungkin yang tidak menyerap keringat dengan baik, juga berperan memicu munculnya jerawat di punggung.

Baca juga :  Ini Penjelasan Ilmiah dan Logis Tentang Dugaan Adanya Mikrocip Magnetis dalam Vaksin

Lalu bagaimana sih cara mengatasi jerawat di punggung yang mengganggu dan memalukan ini?

  1. Ganti spreimu
    Peralatan tidur seperti sprei ternyata juga bisa memicu munculnya jerawat di bagian punggung. Mengganti seprei sesering mungkin akan sangat bermanfaat, karena sel-sel kulit mati dan bakteri yang sudah menumpuk di atasnya sepanjang siang dan malam, bisa mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat.
  2. Kurangi gesekan pada punggung
    Apa pun yang menyebabkan peningkatan keringat dan gesekan di punggung, seperti ransel, perlengkapan olahraga, dan penyangga punggung; dapat menyebabkan jerawat punggung, yang sering disebut sebagai acne mechanicala. Sebaiknya pilihlah tas punggung yang ringan dan pas untuk meminimalkan gesekan dan iritasi.
  3. Segera ganti baju atau pakaian dalam saat kotor
    Kotoran, minyak dan keringat meningkatkan risiko jerawat di punggungmu. “Pakaian kotor dapat menampung keringat, minyak, dan kotoran, yang selanjutnya mengiritasi kulit dan berkontribusi pada perkembangan jerawat,” ujar Dr. Shah. Ia menyarankan untuk selalu mengenakan pakaian longgar saat berolahraga, dan mengganti pakaian yang berkeringat setelahnya.
  4. Mandi yang teratur
    Kalau kamu sering melakukan olahraga, berkeringat dan beraktivitas di luar ruangan; maka sangat disarankan untuk sering-sering mandi untuk mengurangi kemungkinan munculnya jerawat di bagian punggungmu. Kalau kamu tidak bisa langsung mandi, gunakan tisu pembersih bebas minyak untuk menghilangkan keringat sebanyak mungkin dari tubuh, lalu segera ganti pakaian kotormu.
  5. Makan makanan yang bergizi
    Baik jerawat yang ada di wajah dan punggung, bisa diminimalisir dengan mengkonsumsi makan-makanan yang sehat dan bergizi. Pola makan yang buruk dapat menyebabkan gula darah meningkat, memicu peradangan, dan pada gilirannya menimbulkan jerawat baik di punggung atau bagian tubuh lainnya.
Baca juga :  Ini Penjelasan Ilmiah dan Logis Tentang Dugaan Adanya Mikrocip Magnetis dalam Vaksin

Selain itu, jangan lupa untuk minum banyak air putih agar tetap terhidrasi, dan juga membantu menjaga kulit tetap sehat serta terhindar dari jerawat. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...