Home Gaya hidup Sebaiknya tak Lagi Kamu Konsumsi di Tahun Ini, 5 Makanan yang Dianggap...

Sebaiknya tak Lagi Kamu Konsumsi di Tahun Ini, 5 Makanan yang Dianggap Sehat Namun Tanpa Nutrisi

TELENEWS.ID – “Tahun 2022 saat belajar untuk hidup sehat nih”, mungkin begitu yang ada di benak banyak pembaca Telenews saat ini. Memang di awal tahun seperti ini, kita masih bersemangat untuk melakukan segala sesuatunya termasuk diantaranya merubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Salah satu cara untuk menciptakan gaya hidup yang lebih sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi tinggi. Makanan kaya nutrisi menjadi hal yang wajib kalau kamu ingin menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Namun hati-hati lho guys karena tak semua makanan yang kamu anggap sehat itu punya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Menurut Aisling Piggott, ahli diet terdaftar dan juru bicara British Dietetic Association; “sehat” terkadang hanya sebuah label yang diberikan oleh brand untuk memasarkan produk mereka. Menurut Piggott lagi sebenarnya tak berguna untuk memberikan label sehat atau tidak pada suatu makanan tertentu.

“Saya ingin menyoroti bahwa tidak berpengaruh memberi label makanan sebagai sehat atau tidak,” kata Aisling Piggott. “Beberapa makanan dianggap lebih sehat, tapi belum tentu begitu,” tambahnya. Lalu makanan apa yang selama ini dianggap sehat namun ternyata tak bernutrisi yang sebaiknya tak lagi konsumsi di tahun ini?

  1. Keripik sayuran
    Belakangan ini banyak orang yang mengkonsumsi keripik sayuran sebagai alternatif camilan yang lebih sehat. Tapi sebenarnya kebanyakan keripik sayuran hanyalah keripik kentang dengan beberapa bubuk sayuran yang ditaburkan diatasnya, begitu menurut ahli gizi Rania Batayneh, M.P.H., penulis “The One One One Diet: The Simple 1:1:1 Formula for Fast and Sustained Weight Loss”. Perhatikan juga jumlah kalori, lemak, natrium, dan karbohidrat. Banyak keripik sayuran sama menggemukkan seperti keripik kentang yang sebaiknya kamu hindari.
  2. Jus dan smoothies kemasan
    Bagi kamu yang sibuk, jus atau smoothies kemasan mungkin terdengar praktis dan membantu untuk mewujudkan gaya hidup sehat di tahun ini. Namun tahukah kamu bahwa jus dan smoothies buatan kebanyakan diberi tambahan pemanis yang justru meningkatkan kalori di dalamnya? Selain itu proses juicing yang terlalu lama membuat banyak nutrisi dalam buah da sayuran yang digunakan menjadi rusak. Karena itu pastikan jus atau smoothies yang kamu konsumsi tidak diberi pemanis tambahan atau lebih baik mengkonsumsi buah dan sayuran segar saja.
  3. Protein bar
    Ini adalah salah satu camilan yang katanya cocok untuk diet dan menurunkan berat badan. Konon kamu akan merasa kenyang degan hanya menyantap satu saja protein bar karena tingginya protein di dalamnya. Namun Rania Batayneh memberikan peringatan untuk kamu yang biasa mengkonsumsi protein bar ini. “Banyak protein bar yang mengandung gula sebanyak permen, tetapi dengan beberapa gram protein tambahan di dalamnya. Akibatnya, kamu sebenarnya hanya mengkonsumsi sedikit protein dengan dengan gula, lemak trans, dan zat kurang sehat lainnya” ujar Rania.
  4. Yogurt manis
    Sudah banyak ahli dan penelitian yang membuktikan bahwa yogurt merupakan makanan sehat dengan kandungan probiotik tinggi yang baik untuk kesehatan pencernaan. Namun semua itu hanya akan kamu dapatkan dari plain yogurt atau yogurt tawar saja. Yogurt beku atau dengan tambahan perasa biasanya tinggi kandungan gula da pewarna makanan di dalamnya.
  5. Vitamin water
    Air putih dengan vitamin atau yang trend dengan sebutan vitamin water digandrungi oleh milenial karena dianggap memberikan vitamin yang dibutuhkan tubuh, sekaligus membuat kita terus terhidrasi. Namun hati-hati banyak vitamin water yang memberikan tambahan pemanis dan pewarna dalam produk mereka. Kalau kamu ingin menikmati air putih dengan rasa mirip vitamin water, coba minum air putih biasa dengan perasan sedikit air jeruk lemon yang pastinya lebih sehat dan tanpa pewarna serta pemanis tambahan di dalamnya.
Baca juga :  Seperti Sule, Ternyata Ini Alasan Pria Selingkuh Saat Istri Mereka Sedang Hamil
Baca juga :  Apa Itu Xenophobia?

Itulah 5 makanan dan minuman yang selama ini dianggap sehat, namun tak memiliki nutrisi di dalamnya yang sebaiknya tak lagi kamu konsumsi di tahun 2022 ini guys! (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...

Pertamina Jadi Perusahaan RI Satu-satunya Masuk ke Fortune Global 500, yuk Simak Faktanya

TELENEWS.ID - Sejumlah prestasi dan kontribusi Pertamina untuk menyediakan energi bagi masyarakat Indonesia masih terus ditingkatkan. Bentuk prestasi Pertamina...

Mentan Sarankan Masyarakat Konsumsi Singkong untuk Gantikan Gandum yang Semakin Mahal

TELENEWS.ID - Kondisi harga gandum secara global mengalami perubahan dan meningkat lebih mahal karena kondisi perang Rusia-Ukraina. Alhasil dari...