Home Otomotif Agar V-Belt Motor Skutik Tak Cepat Rusak, Lakukan Trik Sederhana Berikut Ini

Agar V-Belt Motor Skutik Tak Cepat Rusak, Lakukan Trik Sederhana Berikut Ini

Facebook
Twitter

TELENEWS.ID – Komponen pada sepeda motor matic ataupun skutik berupa V-belt telah menjadi komponen vital.

Kinerja sampai kualitas dari V-belt menjadi jaminan dari sistem penggerak motor benar-benar berjalan sempurna.

Dari urusan perawatan sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya saja diperlukan pengecekan secara berkala di bengkel.

Komponen V-belt tersebut masih diperhitungkan sebagai media transfer tenaga dari mesin ke roda belakang.

Meskipun memakai komponen karet cukup kuat, ternyata ada potensi terjadinya putus saat dibawa berkendara.

Seiring pemakaian kondisi dari V-belt akan mengalami penurunan kualitas. Jika semakin lama penggunaan dan tidak pernah dibersihkan ataupun mendapat perawatan maka resikonya bisa menyebabkan kerusakan.

Kami telah merangkum beberapa informasi mengenai cara merawat bagian V-belt sepeda motor matic secara tepat dan bisa dilakukan kapan saja.

Berikut ada beberapa langkah untuk merawat V-belt sepeda motor matic yang sudah kami rangkum dari banyak sumber pada 26 Juli 2022.

1. Melakukan Pengecekan Rutin
Dari penggunaan V-belt ini bisa sampai 24.000 km. Hanya saja diperlukan pengecekan dari kondisi V-belt pada 8.000 km.

Pencegahan dan upaya dari perawatan harus dilakukan secara berkala sehingga dari sisi gaya berkendara juga bisa memberi pengaruh kinerja V-belt.

Kondisi dari ruang CVT yang kotor juga bisa memperpendek usia V-belt, sehingga harus diperlukan perawatan di bengkel.

2. Perhitungkan Dari Tambahan Aksesoris Balap
Seringkali aksesoris balap dipakai untuk bisa memberi tampilan menarik pada sepeda motor skutik. Hanya saja jika kualitas aksesoris balap tersebut tidak memiliki standar terbaik cenderung memberi risiko kerusakan part lainnya.

Dari aspek kenyamanan dan keamanan saat berkendara sebisa mungkin berhati-hati terhadap pemilihan aksesoris untuk sepeda motor.

3. Gunakan Sepeda Motor Skutik Secara Normal
Pada kondisi sepeda motor skutik sedang idle sebaiknya pengendara tidak memainkan tuas gas.

Sepeda motor dengan transmisi matic sebisa mungkin jangan dikondisikan dengan memainkan tugas gas, karena V-belt akan mengencang serta menggerakkan roda belakang.

Adanya sistem Idling Stop System atau ISS menjadi satu poin penting untuk memberi kenyamanan dan keamanan serta ramah lingkungan hingga memperpanjang usia v-belt motor matic Anda.

Perawatan dari bagian V-belt sepeda motor matic memang perlu dilakukan secara konsisten. Dari sinilah banyak hal baru dan penting bisa dijadikan sebuah konsep dalam merawat komponen vital motor agar tidak memberi biaya perawatan berlebih. (Stefanus Bernadi)

Facebook
Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...