Home Gaya hidup Bisa Memperkuat Imun, 6 Manfaat Mandi Air Es untuk Kesehatan yang Jarang...

Bisa Memperkuat Imun, 6 Manfaat Mandi Air Es untuk Kesehatan yang Jarang Orang Tahu

Facebook
Twitter

TELENEWS.ID – Mandi air es mungkin jadi hal yang kurang lumrah dilakukan oleh kebanyakan orang Indonesia. Padahal mandi air es memiliki banyak sekali manfaat kesehatan yang mungkin tidak diketahui banyak orang selama ini.

Beda dengan mandi air hangat yang mungkin biasa dilakukan oleh orang-orang di Indonesia, mandi air es bukanlah sesuatu yang lazim dan biasa dilakukan. Meskipun Indonesia adalah negara tropis yang panas, namun mandi air es bukanlah sesuatu yang biasa dilakukan. Bahkan banyak yang beranggapan bawah mandi air es bisa bikin sakit dan demam.

Padahal menurut Elizabeth Gardner, MD, dokter olahraga Yale Medicine dan Asisten Profesor Bedah Ortopedi di Yale School of Medicine; mandi air es memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan sering dilakukan oleh para atlet profesional.

“Mencelupkan satu anggota tubuh, atau seluruh tubuh ke dalam bak berisi air dingin atau air es selama 10-15 menit, menjadi ritual yang semakin populer bagi para atlet maupun penggemar olahraga ekstrim,” begitu kata Dr. Gardner.

Dr. Gardner juga menjelaskan bahwa suhu air yang disarankan untuk mandi es sebenarnya adalah 10-15 derajat Celsius. Suhu ini masih cukup dingin untuk mendinginkan tubuh, tetapi tidak secara harfiah sampai pada titik beku atau masih diatas 0 derajat Celsius.

Lalu apa saja sih manfaat mandi air es yang sekarang banyak dilakukan oleh para atlet profesional itu?

  1. Memperbaiki otot setelah berolahraga
    Inilah salah satu alasan mengapa para atlet memilih mandi air es setelah berolahraga. Saat terkena air dingin, pembuluh darah menyempit dan mengecil. Lalu ketika kamu keluar dari air, perubahan suhu menyebabkan pembuluh darah terbuka kembali dengan cepat, yang dapat membantu membuang produk sisa metabolisme otot.
  2. Mencegah nyeri otot
    Dr. Gardner juga menunjukkan bukti bahwa berendam dalam bak es setelah olahraga intens, dapat mengurangi timbulnya nyeri otot dibandingkan dengan istirahat biasa. “Kondisi ini diperkirakan terjadi karena berkurangnya peradangan setelah olahraga,” jelasnya.
  3. Membantu menyehatkan mental
    Tak hanya fisik, namun berendam dan mandi air es ternyata punya manfaat untuk meningkatkan kesehatan mental juga. Menurut Dr. Gardner, banyak orang yang awalnya tak suka berendam mandi air es karena sensasi yang ditimbulkan. Namun dengan lebih fokus dan relaks, maka mereka menciptakan toleransi pada rasa kurang nyaman yang ditimbulkan.“Ketahanan dan adaptasi ini memiliki aplikasi yang jelas di tempat lain seperti dalam olahraga dan kehidupan,” begitu kata Gardner.
  4. Meningkatkan kualitas tidur
    Dan Bowen, NPTI, pelatih pribadi NASM dan pemilik Philadelphia’s Hit Fitness, menjelaskan bahwa mandi es dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Air dingin dapat memiliki efek positif pada sistem saraf pusat, setelah kamu berendam selama 10 atau 15 menit di dalam air es.
  5. Membantu meningkatkan imun tubuh
    Ada beberapa bukti ilmiah bahwa mandi es berfungsi sebagai penambah kekebalan tubuh. Satu studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal PLoS One menemukan bahwa orang yang mandi air dingin, hampir 30 persen lebih kecil kemungkinannya untuk sakit.
  6. Menurunkan risiko cidera
    Bagi penggemar olahraga ekstrim atau kamu yang aktif secara fisik, mandi air es yang dingin punya manfaat untuk menurunkan risiko cidera yang mungkin kamu alami. Seperti yang ditunjukkan oleh Dr. Gardner, mandi es dapat membantu pemulihan dan mengurangi rasa sakit, yang merangsang tubuh agar sembuh lebih cepat. Bowen juga membenarkan teori ini dan menambahkan bahwa mandi air es akan membantu mengurangi risiko cidera juga.

Kalau kamu ingin mencoba manfaat mandi air es ini untuk kesehatan, Dr. Gardner menyarankan agar kamu melakukannya saat tubuhmu terasa pegal setelah berolahraga. Selain itu, sangat disarankan untuk tak berendam air es lebih dari 15 menit lamanya. (Yuyun Amalia)

Facebook
Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...