Home Nasional Hukum Jubir KPK Sebut Penyidik Akan Dalami Dagang Perkara di MA

Jubir KPK Sebut Penyidik Akan Dalami Dagang Perkara di MA

Gedung Merah Putih KPK, Kuningan , Jaksel (ist)

TELENEWS.id, JAKARTA –Plt Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri menyampaikan bahwa KPK mengkonfimasi saksi advokat Toga Sihaloho perihal pengajua  gugatan sengketa antata PT Multicon Indrajaya Terminal (MIT) dengan PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN).
“Jadi penyidik mengkonfirmasi atas pengajuan gugatan sengketa antara PT MIT (perusahaan milik tersangka Hiendra Soennoto ) dengan KBN,” kata Ali Fikri dalam keterangannya rabu (8/7/2020).

Ali mengungkapkan, KPK memeriksa Toga sebagai saksi untuk tersangka  Nurhadi dalam penyidikam kasus suap dan gratifikasi terkait dengan perkara di Mahkamah Agung (MA).

“Terkaiit adanya dugaan pemberian uang suap dari tersangka HSO kepada tersangka Nurhadi guna mengurus sengketa tersebut,” ujarnya.

Tak hanya itu, selain Nurhadi, KPK juga telah menetapkan  Rezky Herbiyono swasta atau menantu Nurhadi dan Hiendra sebagai tersangka pada 16 Desember 2019.

Sementara itu, tiga tersangka tersebut sudah dimasukan status Daftar Pencarian Orang (DPO) sejak Februaro 2020. Kemudian untuk tersangka Nurhadi dan Rezky telah ditangkap tim KPK di Jakarta Selatan pada , Senin (1/6/2020), sedangkan tersangka Hiendra masih menjadi buronan.

Diketahui, Nurhadi dan Rezky ditetapkan sebagai tersangka penerima suap dan gratifikasi senilai Rp 46  miliar terkait pergurusan sejumlah perkara di MA sedangkan Hiendra ditetapkan  sebagai tersangka pemberi suap.

Penerimaan suapa tersebut terkait pengurusan perkara perdata PT MIT dan PT KBN (Persero) kurang lebih sebesar Rp 14  miliar, perkara perdata sengketa saham di PT MIT kurang lebih sebesar Rp 33 miliar dan gratifikasi terkait perkara di pengadilan kurang lebih Rp 12,9 miliar sehingga akumulasi yang diduga diterima kurang lebih Rp 46 miliar.

Bahkan, dalam penyidikan kasus tersebut, KPK telah menemukan bukti permulaan yang cukup untuk mengembangkan kasus Nurhadi tersebut ke arah dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). (Panjaitan).

Baca juga :  Wishnutama Kembali Dipercaya Menjadi Komisaris Tokopedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...

Pertamina Jadi Perusahaan RI Satu-satunya Masuk ke Fortune Global 500, yuk Simak Faktanya

TELENEWS.ID - Sejumlah prestasi dan kontribusi Pertamina untuk menyediakan energi bagi masyarakat Indonesia masih terus ditingkatkan. Bentuk prestasi Pertamina...

Mentan Sarankan Masyarakat Konsumsi Singkong untuk Gantikan Gandum yang Semakin Mahal

TELENEWS.ID - Kondisi harga gandum secara global mengalami perubahan dan meningkat lebih mahal karena kondisi perang Rusia-Ukraina. Alhasil dari...