Home Gaya hidup Awas Jangan Salah Pilih, Ketahui 6 Jenis Serum Wajah yang Ada di...

Awas Jangan Salah Pilih, Ketahui 6 Jenis Serum Wajah yang Ada di Pasaran Ini!

TELENEWS.ID – Boleh dibilang serum wajah sekarang menjadi primadona skincare. Bagaimana tidak hampir setiap brand kosmetik baik yang lokal maupun luar negeri, menawarkan berbagai jenis serum yang bisa dibeli dengan mudah di pasaran.

Bagi kamu yang masih bingung, Serum wajah adalah produk perawatan kulit ringan yang mengandung konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi seperti Hyaluronic Acid, Glycolic Acid dan Vitamin C, dibandingkan dengan pelembab wajah pada umumnya.

“Serum adalah produk perawatan kulit yang dirancang untuk memberikan konsentrasi tinggi bahan aktif spesifik ke kulit. Ada banyak jenis serum di pasaran yang memiliki fungsi berbeda-beda, mulai dari hidrasi hingga mencerahkan kulit,” kata Dr. Joshua Zeichner, dokter kulit dan direktur penelitian kosmetik di departemen dermatologi Rumah Sakit Mount Sinai.

Paling sering serum berwarna bening, berbasis gel atau cair, dan cenderung kurang kental dibandingkan pelembab. Serum biasanya dipakai sebelum pelembab untuk membantu mengunci kelembapan.

“Seringkali, serum mampu menghidrasi lebih efektif daripada krim terberat sekalipun. Molekul-molekulnya benar-benar mampu menembus kulit dan menghidrasi pada tingkat terdalam, sedangkan krim yang lebih berat lebih banyak berada di lapisan atas” kata ahli kecantikan selebriti Karee Hays.

Saat ini ada begitu banyak serum wajah yang tersedia. Namun jika kamu belum pernah menggunakan serum wajah sebelumnya, memilih serum yang terbaik untuk jenis dan kondisi kulitmu bisa jadi hal yang membingungkan. Memilih serum yang tepat adalah salah satu cara terbaik untuk mendukung kesehatan kulit dan meningkatkan kecantikan alaminya.

Karena itulah, kamu harus tahu beberapa jenis serum wajah yang beredar di pasaran berikut ini sehingga bisa memilih yang terbaik untuk kulitmu sendiri.

  1. Anti aging serum
    Bagi kamu yang ingin tampil awet muda, anti aging serum adalah pilihan yang tepat. Serum anti-penuaan dapat membantu mencegah dan membalikkan tanda-tanda penuaan. Carilah serum dengan bahan-bahan yang terbukti mengurangi munculnya garis-garis halus, kerutan, dan perubahan warna seperti proteoglikan dan asam hialuronat.
  2. Antoxidant serum
    Serum antioksidan adalah serum yang membantu melindungi kulit dari radikal bebas yang terpapar setiap hari. Serum ini juga membantu mencegah garis-garis halus dan tanda-tanda penuaan lainnya, serta dapat menyembuhkan dan memperbaiki kulit.
  3. Hydrating serum
    Hydrating serum meningkatkan hidrasi kulit, mencegahnya mengering dan meningkatkan retensi kelembapannya. Banyak serum mengandung bahan pengisi lipid, yang sangat menyehatkan kulit seperti Hyaluronic acid, peptides dan Luminescine. Menggunakannya sebelum kamu memakai pelembab SPF, adalah kombinasi hidrasi kulit terbaik untuk wajah.
  4. Skin brightening serum
    Skin brightening serum adalah serum pencerah kulit, yang diformulasikan untuk meningkatkan warna kulit dan ‘mencerahkan’. Serum ini dikemas dengan bahan aktif seperti Vitamin C, arbutin/alpha arbutin, asam hialuronat, asam laktat, dan asam glikolat yang disebut-sebut dapat mencerahkan kulit dan membersihkannya dari noda, bintik matahari, dan perubahan warna lainnya.
  5. Acne fighting serum
    Serum penangkal jerawat mengencangkan kulit, membuka sumbatan dan mengecilkan pori-pori, menyerap minyak berlebih, dan meminimalkan kemerahan atau iritasi. Serum ini juga dapat membantu memudarkan bekas jerawat, sambil dengan lembut menghilangkan penumpukan sel kulit mati. Orang yang baru mengenal produk ini dapat mencoba mencari serum yang mengandung retinol, niacinamide, vitamin C, asam salisilat, dan benzoil peroksida.
  6. Exfoliating Serum
    Pengelupasan atau eksfoliasi adalah proses menghilangkan sel-sel mati dari permukaan kulit. Pengelupasan membantu mengecilkan pori-pori, membuat kulit cerah dan bersih, dan memungkinkan skincare lainnya bekerja lebih efektif. Exfoliating serum adalah chemical exfoliator yang menggunakan bahan-bahan seperti Glycolic, Citric, Mandelic, Malic dan Lactic yang kesemuanya adalah Alpha Hydroxy Acids (AHAs) dan Salicylic Acid atau BHA (Beta Hydroxy Acid). (Yuyun Amalia)
Baca juga :  Cocok Dipakai Saat Harga Minyak Goreng Mahal, 3 Manfaat Memakai Air Fryer untuk Kesehatan
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...

Pertamina Jadi Perusahaan RI Satu-satunya Masuk ke Fortune Global 500, yuk Simak Faktanya

TELENEWS.ID - Sejumlah prestasi dan kontribusi Pertamina untuk menyediakan energi bagi masyarakat Indonesia masih terus ditingkatkan. Bentuk prestasi Pertamina...

Mentan Sarankan Masyarakat Konsumsi Singkong untuk Gantikan Gandum yang Semakin Mahal

TELENEWS.ID - Kondisi harga gandum secara global mengalami perubahan dan meningkat lebih mahal karena kondisi perang Rusia-Ukraina. Alhasil dari...