Home Daerah Mahyeldi Ajak Warga Mampu di Sumbar Sekolahkan Anak ke Swasta

Mahyeldi Ajak Warga Mampu di Sumbar Sekolahkan Anak ke Swasta

TELENEWS.ID – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi mengajak warga daerahnya yang memiliki kemampuan finansial cukup baik untuk menyekolahkan anak-anaknya ke sekolah swasta yang memiliki kualitas pendidikan baik.

Hal itu dimaksudkan agar daya tampung sekolah negeri yang terbatas bisa diimbangi oleh jumlah siswa yang mendaftar. selain itu sekolah swasta yang berkelas juga punya banyak kelebihan dan keunggulan untuk memberikan pendidikan terbaik bagi siswa.

“Kalau ada orangtua yang punya uang banyak dan anaknya juga punya kompetensi silahkan masuk swasta yang berkelas dan memiliki standar yang tinggi. Di sekolah swasta tersebut, anak yang anak yang berpotensi akan bisa jadi lebih baik lagi. Sekolah negeri itu terbatas kemampuannya. Anggarannya sedikit, jadi biarlah yang mampu sekolah di swasta saja,” kata Mahyeldi.

Ditambahkannya, dari informasi yang ia dapat, di Sumbar terdapat 30 persen orangtua dengan kemampuan finansial cukup baik. Diharapkan yang 30 persen itu dapat memasukkan anak-anaknya ke sekolah swasta sehingga yang kurang mampu yang difasilitasi di sekolah negeri.

Dia pun menyebut bahwa sekolah swasta punya beberapa kelebihan yang tak didapat di sekolah negeri. Salah satu kelebihannya adalah bisa memungut dana berapapun kepada siswa dengan kesepakatan dengan orangtua untuk menunjang berbagai program atau fasilitas demi peningkatan prestasi siswa.

Di samping menggarap kalangan ekonomi mampu, dia juga berharap sekolah swasta menyiapkan prioritas atau kuota untuk siswa berprestasi dari kalangan kurang mampu.

Pendaftaran PPDB Online Sempat Alami Gangguan di Hari Pertama

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara Online untuk SMA/SMK dan SLB Negeri se-Sumbar yang mulai dibuka sejak Senin (21/6) lalu sempat mengalami gangguan jaringan, sehingga para pendaftar belum bisa masuk ke website PPDB. Namun pada seo harinya, kondisi mulai normal kembali.

Baca juga :  Sandiaga Uno Ingin Wisata Sumbar Segera Dilakukan Digitalisasi

Jumlah peserta yang mendaftar juga terpantau terus bertambah dan diharapkan hingga hari akhir 26 Juni mendatang, pendaftar bisa memenuhi kuota keseluruhan 89.281. 

Jika dibandingkan pada saat simulasi pertama maupun uji coba kedua, jumlah tersebut sudah lebih baik dari simulasi yang hanya mencapai 40 persen hingga hari akhir simulasi. 

Meski demikian, beberapa pelajar lulusan MTs atau SMP masih ada yang menemukan kendala saat mengikutinya. 

“Bagi siswa yang belum bisa mendaftar, diimbau agar tidak perlu cemas karena waktu masih panjang dan sistem dibuka selama 24 jam sampai tanggal 26 Juni,” kata Ketua PPDB Sumbar. (Taufik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

New York Rasa Lokal Ada di Broadway Alam Sutera

TELENEWS.ID- Bicara rencana liburan untuk akhir pekan, sepertinya seru untuk dibahas. Bukan tanpa sebab, saat ini pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) telah...

Berniat Menghibur, Tapi 5 Hal Ini Tak Boleh Dilakukan pada Wanita yang Suaminya Meninggal Dunia

TELENEWS.ID - Betapa hancur hati Nadzira Shafa istri dari almarhum Ameer Azzikra, adik selebgram Alvin Faiz yang tak lain juga putra kedua...

Permohonan Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu dengan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo

TELENEWS.ID - Saya, Prof. Otto Cornelis Kaligis, Warga Binaan Lapas kelas satu Sukamiskin Bandung, dalam kedudukan saya sebagai praktisi dan ahli hukum,...

Inikah 5 Alasan Nekat Pria Berselingkuh Meski Sudah Punya Pasangan Sempurna?

TELENEWS.ID - Beberapa waktu lalu jagat media sosial dikejutkan dengan kabar YouTuber dan influencer Nessie Judge yang mengakhiri hubungan dengan kekasihnya, Bram...