Home Nasional Gus Menteri Pastikan 4,99 Juta Warga Telah Terima BLT Dana Desa

Gus Menteri Pastikan 4,99 Juta Warga Telah Terima BLT Dana Desa

TELENEWS. id, JAKARTA – Sebanyak 4,99 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari
47.030 desa telah menerima penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa. Adapun anggaran BLT yang telah tersalurkan sebesar Rp2,99 Triliun.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar pada konferensi pers secara daring di Jakarta, Rabu (27/5).

“Meskipun lebaran, penyaluran BLT Dana Desa tetap jalan terus. Setelah dilakukan Musdesus (Musyawarah Desa Khusus), tidak memakan waktu yang lama untuk menyalurkannya,” ujarnya.

Gus Menteri, sapaannya, mengatakan, jumlah penyaluran BLT Dana Desa akan terus bertambah, mengingat masih terdapat desa yang belum melakukan penyaluran.

Keterlambatan penyaluran tersebut, lanjutnya, disebabkan beberapa faktor, misalnya, terdapat satu daerah yang semua kepala desanya baru mengalami pergantian.

“Setiap hari (penyaluran BLT Dana Desa) pasti bertambah. Utamanya yang non tunai, hari ini insyaallah sudah cair karen bank sudah aktif kembali,” ujarnya.

Gus Menteri mengatakan, beredarnya wacana pengurangan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) tidak mempengarungi keberlangsungan program BLT Dana Desa.

Menurutnya, KPM tetap akan menerima BLT Dana Desa selama tiga bulan yakni Bulan April, Mei, dan Juni.

“Tentu ini akan tetap jalan. Toh kalau aktifitas ekonomi cepat berjalan ya ini bagian dari relaksasi,” ujarnya.

Di samping itu, Gus Menteri mengakui, fokusnya desa-desa dalam memaksimalkan BLT Dana Desa menyebabkan program Padat Karya Tunai Des (PKTD) mengalami stagnan.

Menurutnya, PKTD akan diprioritaskan untuk mengatasi ekonomi desa pasca pandemi covid 19.

“PKTD terus kita pantau juga. Data per 26 Mei 2020, dana desa yang dialokasikan untuk PKTD sudah mencapai Rp978,338 Miliar, dengan bwsaran upah Rp256,387 Miliar, dan menyerap tenaga kerja sebanyak 281.304 jiwa,” ungkapnya.

Baca juga :  Kasus Djoko Tjandra,Kapolri Copot 2 Jenderal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...