Home Gaya hidup Kalimat Gaslighting yang Tidak Disadari Sering Terucap

Kalimat Gaslighting yang Tidak Disadari Sering Terucap

TELENEWS.ID – Gaslighting adalah sebuah kekerasan mental yang sifatnya memanipulasi dan berbohong kepada seseorang secara psikologi sehingga orang itu menerima kenyataan dari orang lain dan mempertanyakan kewarasannya.

Biasanya seseorang yang terdampak gaslighting akan merasa tidak percaya diri, cemas dan bingung. Namun kalimat atau perilaku gaslighting seringkali tidak disadari terjadi. Meskipun perkataannya terdengar cukup halus namun sebenarnya kalimat gaslighting sangat intimidatif dan manipulatif. Berikut beberapa contoh kalimat gaslighting yang sering terucap tanpa disadari.

“Anda Mengalami Gangguan Mental dan Membutuhkan Bantuan”

Secara tidak langsung, orang yang sering mengucapkan kalimat gaslighting sama halnya seperti seorang dokter yang sedang berkomunikasi dengan pasiennya. Mereka akan selalu melontarkan sejumlah pertanyaan yang membuat diri anda seolah sedang dalam gangguan kejiwaan. Pada dasarnya, permasalahan terletak pada diri anda sendiri, bukan sebuah manipulasi yang diciptakan. Jadi, kapanpun anda membutuhkan bantuan, mereka tidak akan sepenuhnya bertanggung jawab dan perilaku serta cara berpikirnya akan berubah.

“Anda Harus Melakukannya”

Salah satu kalimat gaslighting tersebut ternyata bisa mengubah emosi anda seketika. Kalimat tersebut biasanya digunakan oleh orang yang sering melakukan gaslight saat anda ingin melakukan sesuatu yang menurut orang tersebut tidak pantas. Permasalahan akan muncul pada diri anda. Sebenarnya, anda hanya bersikap yang tidak sesuai dengan apa yang orang tersebut inginkan. Orang tersebut hanya ingin menguasai pikiran anda.

“Anda Tidak Percaya Diri”

Salah satu kalimat gaslighting ini adalah cara orang merasuki pikiran anda akan rasa tidak percaya diri oleh apa yang menjadi kelebihan dan sifat anda. Orang tersebut mampu membuat sekitarnya menguasai pikiran anda. Orang seperti ini juga sering mengucapkan kalimat tersebut agar terhindar dari kecurigaan untuk hanya sekedar mendapatkan pujian dan perhatian dari sekitarnya.

Baca juga :  Cinta Buta dan Jebakan Toxic Relationship

“Anda Terlalu Sensitif”

Orang yang sering mengucapkan kalimat gaslighting yang satu ini adalah tipe orang yang tidak memperdulikan emosi anda. Para ahli menuturkan bahwa jika anda terlalu sensitif terhadap suatu hal maka itu adalah cara orang tersebut untuk meyakinkan anda bahwa anda tidak sedang berada dalam sebuah pukulan emosional.

“Cuma Bercanda”

Orang yang hobi gaslighting biasanya gemar melontarkan ucapan atau komentar yang pedas sebagai candaan. Orang tersebut akan terus memanggil, meremehkan dan mengejek anda dengan sebutan yang tidak pantas tanpa meminta maaf. (Neidi)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...