Home Travel Kuliner 5 Kuliner Khas Martapura Ogan Komering Ulu Timur, Dijamin Bikin Ketagihan

5 Kuliner Khas Martapura Ogan Komering Ulu Timur, Dijamin Bikin Ketagihan

TELENEWS.ID – Berbicara soal kuliner khas di daerah Martapura Ogan Komering Ulu Timur pastinya memberi deretan cita rasa lebih unik.

Masih belum banyak netizen mengetahui seperti apa selera masakan yang kerap disajikan masyarakat di salah satu Kabupaten Provinsi Sumatera Selatan tersebut.

Martapura menjadi Ibu Kota Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur atau sering disebut OKU Timur. Dari sinilah ada beberapa deretan makanan khas dengan sajian rasa menarik sekaligus pengolahan dari bahan yang tidak biasa.

Bagi pecinta kuliner tidak ada salahnya mencicipi berbagai hidangan terbaik yang dapat ditemukan di Martapura, Ogan Komering Ulu Timur seperti berikut ini :

1. Pepes Tempoyak
Sudah banyak pecinta kuliner mencari tahu seputar deretan makanan khas yang bisa disantap ketika mengunjungi Martapura.

Pepes Tempoyak menjadi satu makanan khas di daerah Baturaja dan menggunakan bahan dasar ikan patin.

Nutrisi dari ikan patin dipercaya bisa memberi manfaat bagi kesehatan, sehingga pengolahan menjadi masalah Pepes Tempoyak adalah keputusan tepat.

2. Perkedel Bayam
Bisa dikatakan dari menu perkedel bayam kukus ini menjadi satu kuliner khas di Kota Baturaja. Perkedel Ayam dikenal sebagai hidangan berbahan dasar kentang yang dipadukan bersama daun bayam.

Pengolahan dari Perkedel Bayam ini tidak sulit, sehingga wajar bila masyarakat di Baturaja kerap membuat menu makanan satu ini sebagai hidangan utama keluarga.

3. Keripik Pisang Ogan Komering
Masih terdapat menu makanan khas dari Martapura yakni Keripik Pisang Ogan Komering. Menu makanan satu ini memang dikenal lebih renyah hingga terbilang menarik karena rasanya.

Cemilan khas dari Martapura ini sudah populer dan menjadi buah tangan bagi wisatawan. Tidak heran bila keripik pisang dari Martapura ini kerap memberi poin menarik sebagai satu menu cemilan khas yang murah serta memiliki cita rasa terbaik.

Baca juga :  5 Deretan Makanan Khas di Tarutung, Tapanuli Utara

4. Pindang Kuwol
Banyak makanan khas di Martapura memberi cita rasa menarik salah satunya Pindang Kuwol. Dari menu masakan ini terbilang rumit untuk diolah.

Namun, dari jumlah peminat makanan satu ini terbilang tinggi karena rasanya yang menarik dengan cara makan berbeda dari menu lainnya.

Kuwol ataupun bisa dikatakan keong khusus menjadi satu bahan utama makanan Pindang Kuwol. Kemudian dari cara menyantapnya cukup menyedot daging di dalam kuwol tersebut.

Beberapa bumbu dan rempah digunakan sebagai bahan utama memasang Pindang Kuwol, sehingga tidak heran bila makanan satu dianggap populer di Martapura.

5. Sambal Jok Jok
Menariknya dari sambal jok jok ini menjadi satu resep warisan nenek moyang di daerah Komering. Sampai sekarang Sambal Jok Jok ini juga mampu memberi selera tersendiri dalam menu sambal.

Baca juga :  Deretan Menu Makanan Indonesia Berbahan Daging Kelelawar, Nomor 3 Dibuat Rendang

Beberapa menu pendamping dari Sambal Jok Jok diantaranya ikan pindang, hingga ikan panggang ditambah rebusan sayuran.

Beberapa bahan pembuat Sambal Jok Jok juga mudah ditemukan diantaranya terasi, tomat, dan beberapa tambahan lainnya.

Cita rasa kuliner khas dari Martapura saat ini mampu memberi poin penting dalam menjangkau semua kebutuhan pecinta kuliner. Maka dari itu sejak awal terlihat seperti apa poin penting dalam menjangkau semua hidangan terbaik yang pastinya menggugah selera Anda. (Stefanus Bernadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...

Pertamina Jadi Perusahaan RI Satu-satunya Masuk ke Fortune Global 500, yuk Simak Faktanya

TELENEWS.ID - Sejumlah prestasi dan kontribusi Pertamina untuk menyediakan energi bagi masyarakat Indonesia masih terus ditingkatkan. Bentuk prestasi Pertamina...

Mentan Sarankan Masyarakat Konsumsi Singkong untuk Gantikan Gandum yang Semakin Mahal

TELENEWS.ID - Kondisi harga gandum secara global mengalami perubahan dan meningkat lebih mahal karena kondisi perang Rusia-Ukraina. Alhasil dari...