Home Nasional Jokowi Intruksikan Kalkulasikan Cermat, Pembangunan Ruas Jalan Trans- Sumatera

Jokowi Intruksikan Kalkulasikan Cermat, Pembangunan Ruas Jalan Trans- Sumatera

Ruas tol Trans Sumatera (Kemenpupr)

TELENEWS.id, JAKARTA – Presiden Joko Widodo instruksikan, kepada instansi terkait melakukan kalkulasikan secara cermat terhadap pembangunan proyek strategis nasional ruas jalan Trans Sumatera sepanjang 2.765 kilometer.

“Saya minta ini betul-betul dikalkulasi kelayakan finansialnya,” ujar Presiden Joko Widodo melalui siaran video virtual pada Selasa (7/7/2020) dikutip infopublik.

Saat ini pemerintah telah melakukan serangkaian perhitungan terkait dengan kebutuhan investasi yang harus disediakan yakni mencapai Rp476 triliun. Dan masih ada kebutuhan tambahan pendanaan yang mencapai Rp386 triliun untuk menyelesaikan keseluruhan infrastruktur tambahan sampai 2024.

Banyaknya kebutuhan, kata dia, harus ada terobosan anggaran yang harus dilakukan oleh pemerintah. “Saya minta ada terobosan sumber-sumber pembiayaan alternatif untuk mengurangi beban ekuitas dari PMN dan juga tidak tergantung pada APBN,” imbuhnya.

Infrastruktur di atas, akan mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat di Pulau Sumatera. Sehingga, terjadi pemerataan ekonomi pada berbagai wilayah di Sumatera, tidak hanya terfokus Pulau Jawa.

Potensi perekonomian yang bisa ditumbuhkan bisa sangat signifikan yakni mencapai dua hingga tiga kali dari Produk Domestik Bruto (PDB) di wilayah Sumatera. “Bisa meningkatkan fungsi multiplier effect dua sampai tiga kali lipat terhadap PDB,” tuturnya (infopublik)

Baca juga :  KemenPUPR Targekan Pembangunan Jalan Akses ke Pelabuhan Patimban Selesai Oktober 2020
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

New York Rasa Lokal Ada di Broadway Alam Sutera

TELENEWS.ID- Bicara rencana liburan untuk akhir pekan, sepertinya seru untuk dibahas. Bukan tanpa sebab, saat ini pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) telah...

Berniat Menghibur, Tapi 5 Hal Ini Tak Boleh Dilakukan pada Wanita yang Suaminya Meninggal Dunia

TELENEWS.ID - Betapa hancur hati Nadzira Shafa istri dari almarhum Ameer Azzikra, adik selebgram Alvin Faiz yang tak lain juga putra kedua...

Permohonan Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu dengan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo

TELENEWS.ID - Saya, Prof. Otto Cornelis Kaligis, Warga Binaan Lapas kelas satu Sukamiskin Bandung, dalam kedudukan saya sebagai praktisi dan ahli hukum,...

Inikah 5 Alasan Nekat Pria Berselingkuh Meski Sudah Punya Pasangan Sempurna?

TELENEWS.ID - Beberapa waktu lalu jagat media sosial dikejutkan dengan kabar YouTuber dan influencer Nessie Judge yang mengakhiri hubungan dengan kekasihnya, Bram...