TELENEWS.ID – Kuliner Indonesia memang cukup populer di mata Dunia. Baru-baru ini Indonesia masuk dalam daftar 10 besar masakan terpopuler di Instagram.
Poling ini dihimpun oleh Chef’s Pencil, majalah kuliner yang didirikan oleh koki asal Belanda yang berbasis di Australia.
Seperti yang dilansir dari Chefspencil, selama februari 2021 tagar food (#food) sendiri menyumbang 430 juta kiriman Instagram. Ini belum termasuk #yummy, #foodies, dan #foodporn.
Berikut daftar 10 besar kuliner paling populer di Instagram besar sesuai jumlah tagarnya:
1 Jepang – 15.523.000
- Italia – 14.720.000
- India – 8.589.000
- Korea – 7.524.000
- Thailand – 7.324.000
- Mexico – 6.708.000
- China – 6.489.000
- Indonesia – 3.815.000
- Vietnam – 2.845.000
- Filipina – 1.661.000
Masakan Indonesia menduduki posisi ke-8 dalam daftar yang mereka himpun.
Total ada lebih dari 3,8 juta tagar terkait kuliner Indonesia di Instagram.
Sedangkan untuk posisi terpopuler nomor satu diduduki oleh Jepang yaitu lebih dari 15,5 juta dengan tagar #japanesefood.
Selisih satu juta, peringkat kedua diduduki oleh Italia dengan tagar #italianfood berjumlah 14,7 juta.
Untuk peringkat ketiga makanan terpopuler, diduduki oleh India dengan tagar #indiafood sebanyak 8,5 juta.
Makanan Jepang memang populer di mana-mana, namun agak mengejutkan karena berhasil mengalahkan China, Italia, India, dan Thailand.
Apalagi, mengingat pembuatan sushi di rumah tidak sepopuler pembuatan pasta atau kari.
Namun, menurut hasil analisa Chef’s Pencil, makanan terpopuler Jepang tak lepas dari visualnya yang menarik.
Hal ini sejalan dengan nilai-nilai dari Instagram sendiri yang menonjolkan keindahan visual.
Visual dalam makanan terpopuler sendiri sudah disadari masyarakat Jepang berabad-abad lalu, sejak belum ditemukannya Instagram.
“Di Jepang, mereka mengatakan seseorang itu makan dengan matanya terlebih dahulu. Itulah mengapa penyajian dan tampilan sama pentingnya dengan rasa makanan,” ucap Kaz Matsune, pendiri dari Breakthrough Sushi.
Daftar peringkat makanan paling populer di Instagram ini dianalisis Chef’s Pencil berdasarkan data Instagram pada Februari 2021 dengan peringkat didasarkan pada jumlah tagar. (Hifziyah).