Home Gaya hidup Sederet Manfaat Mengonsumsi Teh Tawar Bagi Tubuh

Sederet Manfaat Mengonsumsi Teh Tawar Bagi Tubuh

TELENEWS.ID – Teh merupakan minuman populer yang nikmat dikonsumsi baik hangat maupun dingin. Namun, tak sedikit orang yang mengonsumsi teh dengan campuran gula agar memberi rasa manis pada teh tersebut yang memang rasa aslinya hambar dan sedikit pahit.

Mengonsumsi teh dengan gula memang tidak terlalu bermasalah jika dilakukan hanya sesekali. Namun, jika terlalu sering minum teh manis tidaklah baik, lantaran gula dapat memicu timbulnya berbagai masalah kesehatan, antara lain obesitas dan diabetes.

Terdapat banyak jenis teh yang dapat dikonsumsi, diantaranya teh hijau, tehi hitam, teh melati dan teh oolong yang semuanya memberikan banyak manfaat jika dikonsumsi tanpa menambahkan pemanis sedikitpun. Rutin mengkonsumsi teh tawar merupakan cara paling sehat untuk mendapatkan manfaat baik dari teh itu sendiri. 

Selain itu, aroma asli teh juga akan lebih harum tercium apabila dikonsumsi tanpa mencampurkan gula. Berikut sederet manfaat yang akan didapatkan bagi tubuh jika mengonsumsi teh tawar.

1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung 

Dilansir dari sebuah penelitian yang telah dipublikasikan di European Journal of Preventive Cardiology, mengonsumsi teh tawar sebanyak tiga kali atau lebih dalam satu minggu, bermanfaat meningkatkan kesehatan jantung. Orang yang mengonsumsi teh tersebut juga memiliki risiko 20 persen lebih rendah terkena penyakit jantung dan stroke, ketimbang orang yang tidak minum teh tawar. 

Dengan rutin minum teh tawar panas juga dapat memperbaiki fungsi pembuluh darah, serta mengontrol pembekuan darah dalam tubuh seseorang.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh 

Secangkir teh dikatakan mengandung kurang lebih 20 mg theanine yang menghasilkan asam amino, yang berfungsi untuk menciptakan sistem kekebalan pada tubuh. Hal ini juga berguna jika Anda tengah dalam kondisi flu atau pilek, badan akan terasa lebih bugar dan berkeringat setelah Anda meminum segelas teh hangat tanpa gula. 

Direkomendasikan untuk mencampurkan teh hijau dengan chamomile, karena perpaduan ini berfungsi menjadikan tubuh dan pikiran terasa lebih rileks, serta dapat memproduksi sel darah putih yang fungsinya untuk meningkatan sistem kekebalan tubuh. 

Baca juga :  Bikin Melongo, Paris Hilton Belikan Tas Mewah Untuk Anjingnya

3. Mengobati Masalah Perut dan Melancarkan Pencernaan 

Kelebihan lainnya dari teh tawar hangat yaitu dapat membantu menekan rasa mual atau ingin muntah akibat sakit perut yang tengah dialami.

Tak hanya itu, teh tawar hangat juga dapat membantu mengobati diare secara efektif. Adapun teh yang digunakan disarankan teh hitam dengan dipadukan bersama jahe dan disuguhkan dalam keadaan panas tanpa diberi gula ataupun pemanis lainnya.

4. Menurunkan Berat Badan

Bonus lainnya yang akan didapatkan jika sering mengonsumsi teh tawar hangat, yakni membantu menurunkan berat badan. teh tawar tanpa tambahan gula atau pemanis lainnya merupakan minuman yang tidak memiliki kalori, sehingga sangat baik bagi para pejuang diet. 

Adapun teh tawar yang paling direkomendasikan bagi pejuang diet adalah teh hijau. Jika Anda mengonsumsi teh ini secara rutin selama 12 minggu, maka berat badan akan turun sebanyak 1 hingga 2 kg. Namun perlu diingat, agar berat badan lebih cepat turun juga perlu diimbangi dengan olahraga secara rutin setiap harinya.

Baca juga :  Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

5. Mencegah Penyakit Alzheimer 

Penyakit Alzheimer merupakan penyakit neurodegeneratif yang paling umum pada manusia adalah penyebab utama demensia atau kepikunan. 

Berbagai penelitian juga mengungkapkan bahwa senyawa katekin dalam teh hijau memiliki berbagai efek perlindungan pada neuron dalam tabung reaksi dan model hewan. Manfaat teh hijau ini berpotensi menurunkan risiko Alzheimer dan Parkinson, yang tentunya rutin dikonsumsi tanpa gula atau pemanis apapun.

Itulah sederet manfaat baik bagi tubuh yang didapat dari mengonsumsi teh tawar hangat secara rutin yang perlu Anda ketahui. Mulai sekarang, kurangilah penambahan gula dalam menikmati secangkir teh hangat, jika tak ingin kehilangan segudang manfaatnya. (Hifziyah).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...

Manchester United Ditangan Ralf Rangnick, Apakah Mampu Bersaing?

TELENEWS.ID - Belakangan nama Ralf Rangnick mencuat di kancah dunia sepak bola untuk menjadi juru taktik klub Manchester United. Seperti diketahui bersama,...