Home Teknologi Info Tech Inilah Manfaat Vakum dari Media Sosial

Inilah Manfaat Vakum dari Media Sosial

TELENEWS.ID – Seiring dengan perkembangan zaman, media sosial menjadi suatu aplikasi yang dimiliki semua pengguna smartphone dan bahkan membuat para penggunanya kecanduan.

Mungkin ada banyak pembahasan tentang dampak buruk dari penggunaan media sosial yang berlebihan, tapi ternyata vakum dari media sosial memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Apa sajakah itu ?

Privasi lebih terjaga

Melalui media sosial, penggunanya bisa tetap berhubungan dengan banyak orang dengan cara berbagi cerita dan foto. Namun tanpa sadar privasi pengguna juga berpotensi terganggu. Dengan berhenti bermain media sosial sementara waktu, tentu seorang pengguna bisa lebih menjaga privasi.

Tidak membandingkan diri dengan orang lain

Berdasarkan hasil penelitian para ilmuwan, banyak orang yang menggunakan media sosial yang akhirnya membandingkan diri sendiri dengan kehidupan orang lain yang mereka kenal. Dan itu berdampak serius pada diri sendiri.

Sebagai contoh adalah membandingkan pekerjaan orang lain dengan yang dimiliki diri sendiri, hingga kehidupan orang lain yang telah menikah atau memiliki bayi sedangkan si pengguna media sosial yang dimaksud dalam situasi sebaliknya.

Hal itu bisa menimbulkan depresi berat bagi sebagian orang sehingga berhenti sejenak dari media sosial akan mengubah siklus tidak sehat.

Tak lagi ambisius atau berpikiran terlalu kompetitif

Apakah ada yang sadar bahwa media sosial berpotensi menonjolkan sisi kompetitif. Hal itu muncul dari foto atau sesuatu yang pengguna unggah dan setiap komentar atau reaksi menjadi tolok ukur kepopuleran. Dengan begitu, pengguna mulai berpikir bagaimana caranya suatu unggahan bisa lebih bagus dan populer dibandingkan orang lain.

Sikap kompetitif semacam itu jelas tidak sehat dan bisa menyebabkan rasa cemas dan depresi. Jadi vakum dari media sosial bisa menyehatkan mental si pengguna.

Baca juga :  IBM Peringatkan Adanya Kelompok Spionase Sasar Distribusi Vaksin Covid-19

Meningkatkan mood

Kembali lagi berdasarkan hasil penelitian para ilmuwan, media sosial bisa membuat waktu seseorang banyak yang hilang di dunia maya sehingga menimbulkan depresi tingkat tinggi.

Menurut penelitian, jika seseorang pernah merasakan stress, rasa cemas atau depresi, maka itu adalah waktu yang tepat untuk vakum dari media sosial.

Mungkin seseorang pada awalnya merasa aneh, tapi lama-kelamaan suasana hati akan berubah menjadi lebih positif. (Dhe)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Menurut Penelitian, Pria dengan 7 Sifat Ini yang Bakal Jadi Pasangan Terbaik Untukmu

TELENEWS.ID - Bagi wanita memilih pasangan bukanlah hal yang main-main. Banyak hal yang harus mereka pertimbangkan sebelum memilih pasangan, baik untuk menjadi...

Membongkar 5 Mitos Seputar Operasi Caesar, Proses Melahirkan yang Dipilih Nagita Slavina

TELENEWS.ID - Pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina akhirnya menimang buah hati mereka yang kedua. Pada Jumat, 26 November 2021 kemarin, Gigi...

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...