Home Olah Raga Mengenal Piala Trofeo Cup Indonesia yang Sampai Mendatangkan Ronaldinho

Mengenal Piala Trofeo Cup Indonesia yang Sampai Mendatangkan Ronaldinho

TELENEWS.ID – Indonesia kembali menjadi perbincangan media internasional terutama untuk sepak bola. Salah satu club sepak bola Indonesia, Rans Nusantara mendatangkan legenda sepak bola timnas Brazil, Ronaldinho menjadi salah satu pemain utamanya. Ronaldinho pun langsung menjadi pemain starter dalam laga menghadapi club asal Kediri, Jawa Timur, Persik.

Ronaldinho diketahui bermain untuk Rans Nusantara FC untuk memperebutkan piala Trofeo Cup Indonesia. Pertandingan yang dilaksanakan di stadion Kanjuruhan, Malang pada Minggu (26/06/2022) lalu, dimenangkan oleh Persik Kediri yang berhasil membawa pulang Piala Trofeo. Namun dibalik entertaining yang disuguhkan di pertandingan tersebut dengan mendatangkan Ronaldinho, banyak yang belum mengetahui apa itu piala Trofeo yang digelar.

Trofeo jika ditelisik lebih dalam, merupakan sebuah kata yang diambil dari bahasa Italia yang berarti piala. Trofeo ini merupakan sebuah turnamen mini yang cukup populer di Eropa dan diikuti oleh beberapa club papan atas dari liga-liga elit Eropa. Pada tahun 2001 lalu ada 3 klub dari liga utama Italia yang mengikuti pertandingan memperebutkan piala trofeo ini, yaitu Juventus, AC Milan, dan Inter Milan. Sedangkan piala trofeo di Indonesia tahun ini direbutkan oleh 3 club yaitu Persik Kediri, Rans Nusantara FC, dan Arema Malang. Piala Trofeo ini sebenarnya secara hukum sepak bola tidak diakui oleh Federasi sepak bola dunia (FIFA) dan IFAB karena tidak memenuhi standar pertandingan sepak bola.

Salah satu poin utama mengapa Trofeo ini tidak masuk standar sepak bola FIFA adalah karena pertandingan dilakukan dengan sistem waktu round robin, yaitu 1×45 menit dan 1×30 menit. Trofeo ini juga diikuti hanya 3 tim dalam pertandingan tidak seperti turnamen sepak bola lain yang diikuti oleh banyak club. Sistem penentu pemenang dilakukan dengan akumulasi perolehan poin. Tim yang menang saat bertanding akan memperoleh tiga poin jika bermain dalam 45 menit, sedangkan jika pertandingan berakhir tanpa gol, akan langsung dilakukan adu pinalti. Tim yang menang dalam proses adu pinalti akan mendapat 2 poin, sedangkan tim yang kalah tidak akan mendapatkan poin.

Baca juga :  Solo Jadi Tuan Rumah Pesta Turnamen Olahraga Atlet Disable ASEAN 2022

Piala Trofeo ini selalu diadakan oleh tim raksasa Liga Seri A Italia. Pada tahun 2012, perebutan piala ini diikuti oleh tim yang sama dengan piala trofeo yang diadakan pada tahun 2011. Sedangkan pada tahun 2013 dan 2015, posisi Juventus digantikan oleh club Sassuolo. Sedangkan pada tahun 2016, piala trofeo diikuti oleh club asal spanyol, Celta Vigo dan menjadi piala terakhir yang diadakan hingga saat ini.

Baca juga :  Solo Jadi Tuan Rumah Pesta Turnamen Olahraga Atlet Disable ASEAN 2022

Trend mini turnamen yang populer di Eropa ini akhirnya dibawa ke Indonesia sebagai suatu turnamen hiburan namun serius untuk mengasah kemampuan bermain sebuah club. Turnamen ini akan mempertemukan semua club yang terlibat untuk masing-masing bermain dua kali untuk memperebutkan poin tertinggi. (Angela Limawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...

Pertamina Jadi Perusahaan RI Satu-satunya Masuk ke Fortune Global 500, yuk Simak Faktanya

TELENEWS.ID - Sejumlah prestasi dan kontribusi Pertamina untuk menyediakan energi bagi masyarakat Indonesia masih terus ditingkatkan. Bentuk prestasi Pertamina...

Mentan Sarankan Masyarakat Konsumsi Singkong untuk Gantikan Gandum yang Semakin Mahal

TELENEWS.ID - Kondisi harga gandum secara global mengalami perubahan dan meningkat lebih mahal karena kondisi perang Rusia-Ukraina. Alhasil dari...